Belajar dan Menghafal Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Tidur (Arab beserta Latinnya)

Dari Bangun Tidur Sampai Tidur Lagi

Sebagai anak Muslim tentu akan menjadi sudah hal yang wajar manakala ketika hendak mau tidur, anak tersebut diingatkan oleh orangtuanya, “Kalau tidur jangan lupa baca doa dulu yaa..”.

Mungkin pesan ini terlihat singkat dan sepele. Pastinya, orangtua tersebut wajib mengajarkan anaknya hal-hal yang baik dan berguna, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Salah satu diantaranya adalah mengajari anak tersebut membaca doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

Belajar dan menghafal doa sebelum dan sesudah bangun tidur ini, masuk kategori doa yang penting untuk kita pelajari dan hafalkan. Karena tidur kita bisa menjadi ibadah jika kita melakukannya sesuai dengan tuntunan yang diberikan oleh nabi Muhammad saw.

Doa Sebelum Tidur

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar dan menghafalkan doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Namanya belajar, bisa jadi gampang – gampang susah, atau malah sebaliknya, yang penting kita berusaha semaksimalnya, dan bisa mempraktekkan doa ini setiap hari ketika mau tidur dan bangun tidur.

Untuk yang pertama, kita akan mencoba belajar membaca dan menghafal doa sebelum tidur. Berikut doanya:

بِسْمِكَ اَللّٰهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allaahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya:

“Dengan menyebut asma-Mu Yaa Allah, aku hidup dan dengan menyebut asma-Mu Yaa Allah aku mati”

Bagi yang sudah bisa baca huruf hijaiyah, pasti sedikit demi sedikit bisa membaca satu kalimat doa di atas, dengan utuh. Buat yang belum, mungkin bisa membaca huruf latinnya terlebih dahulu.

Setelah perlahan-lahan dibaca, cobalah untuk diulangi beberapa kali sampai hafal. Semoga setiap hari , ketika hendak tidur bisa membacanya terus menerus, sampai bisa hafal dan mengamalkannya.

Artikel terkait: Doa Setelah Adzan dan Iqamah (Bahasa Arab disertai Tulisan Latin dan Artinya)

Doa Sesudah Bangun Tidur

Untuk berikutnya, kita akan belajar membaca dan menghafalkan doa sesudah bangun tidur. Berikut bacaan doanya:

اَلْحَمْدُ ؚللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillaahil ladzii ahyaanaa ba’da ma amaatana wa ilaihin nusyuur

Artinya:

“Segala puji hanya bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami (tidur) dan hanya kepada-Nya lah kami akan dibangkitkan”

Untuk doa yang ke dua ini, atau doa sesudah bangun tidur ini, kita bisa mempelajarinya dan menghafalnya seperti doa sebelum tidur di atas. Jangan lupa setelah menghafal doanya baca juga artinya agar kita semakin tahu, bahwa hanya Allah-lah yang berhak menghidupkan dan mematikan kita sebagai makhluk-Nya.

Semoga dengan membaca doa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur di atas, tidur kita menjadi lebih tenang, bermanfaat, dan juga terhitung sebagai ibadah.

Sumber:

  1. Tim Penyusun Kementrian Agama Republik Indonesia, Kumpulan Doa Sehari-Hari, (Jakarta: Subdit Publikasi Dakwah dan HBI) , 2013.
  2. Lidwa.com
  3. IbnuMuna.org