Belajar Membaca Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid (Serta Menghafalkannya)

Abdul Wahid

  • 8
    Shares

Sebagai seorang muslim tentu, kita diajari oleh orangtua dan guru-guru kita untuk mengawali segala sesuatu dengan doa dan mengakhirinya dengan doa pula. Termasuk pula dalam hal ini ketika kita akan menginjakkan kaki kita, baik ketika akan masuk atau keluar dari tempat ibadah umat Islam yaitu masjid.

Selain dikenal sebagai Rumah Allah, masjid juga kita kenal sebagai tempat ibadah untuk melaksanakan ibadah shalat berjamaah, mengaji atau pun ibadah keagamaan lainnya. Sebagai tempat yang mulia, tentu ketika akan masuk atau pun keluar dari tempat tersebut, kita dianjurkan untuk membaca doa.

Jangan lupa LIKE FP kami

Dengan membaca dan mengamalkan doa tersebut, pasti akan ada nilai lebih terhadap ibadah yang kita lakukan ketika berada dalam masjid tersebut. Lalu, bagaimana bunyi doa dari doa masuk masjid dan keluar masjid tersebut, dan bagaimana pula dengan artinya.

Berikut ini adalah lafadz doa ketika hendak masuk masjid dan ketika akan keluar meninggalkan masjid beserta latin dan artinya:

Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allaahummaf tahlii abwaaba rahmatik(a)

Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah aku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa masuk di atas dibaca pada saat kita akan memasuki masjid dengan mendahulukan kaki kanan kita terlebih dahulu. Sedangkan ketika kita akan pergi meninggalkan atau keluar dari masjid, hendaknya kita membaca doa berikut ini:

DOA KELUAR MASJID

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِك

Allaahumma innii as-aluka min fadhlik(a)

Artinya:
“Yaa Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”

Demikian bacaan ketika kita hendak akan masuk ke masjid atau pun ketika kita akan keluar dari masjid. Semoga kita semua bisa menghapalkan doa tersebut dan mengamalkannya dalam keseharian kita masing-masing, sehingga bisa bermanfaat bagi kita semuanya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Sumber:

  • Subdit Publikasi Dakwah dan HBI, Kumpulan Doa Sehari-Hari, (Kementerian Agama Republik Indonesia: Direktorat Penerangan Agama Islam), 2013
  • www.doaharianislami.com

Materi Lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close