Doa Kepada Kedua Orangtua (Arab beserta Latin dan Terjemahnya)

Setelah melakukan dzikir setelah shalat, tentu kita semua diajarkan oleh kedua orangtua kita dan guru-guru kita, agar jangan sampai lupa membaca doa yang satu ini lebih dahulu. Doa yang satu ini, diajarkan dengan cukup mudah dan mudah dihafal. Karena doa ini memang punya kaitan langsung dengan diri kita dan kedua orangtua kita.

Doa kepada kedua orangtua, itulah sebutannya jika dilihat dari artinya doa ini mengandung permohonan kita sebagai anak kepada Allah swt., agar supaya mengampuni segala kesalahan atau dosa yang telah kita lakukan (terutama pada kedua orangtua kita) ataupun yang telah kedua orangtua kita lakukan.

Bacaan Doa Kepada Kedua Orangtua

Berikut ini adalah bacaan doa kepada kedua orangtua, yang sangatlah mudah untuk dihafal:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَالِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Allaahummaghfir lii waali waalidayya war hamhumaa kamaa rabbayaanii saghiiraa

Artinya:

“Yaa Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan dosa kedua orangtuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku pada waktu aku kecil”

Artikel terkait: Bacaan Dzikir Sesudah Shalat (Arab beserta Latinnya)

Catatan Tambahan :

Tahukah kamu, sebagai seorang anak tentunya juga akan mengalami proses tumbuh-kembang, mulai dari seorang anak yang menjadi seorang remaja dan kemudian menjadi dewasa atau bahkan menjadi orangtua dari seorang anak.

Ibarat sebuah putaran roda, tentu membaca doa ini sangatlah penting. Karena atas izin Allah swt. -lah, kita terlahir di dunia ini. Serta atas kerja sama antara ibu dan bapak, anak bisa menjadi sosok yang menjadi impian orang banyak.

Berkat kedua orangtua kita pula, kita bisa menjadi sosok yang shalih atau shalihah, dan bisa berguna bagi orang banyak dan bisa menjunjung tinggi nusa dan bangsa Indonesia di bumi ini.

Sumber:

  1. Al-Maktabah al-Syamilah v.3.48
  2. Kementrian Agama Republik Indonesia, Kumpulan Doa Sehari-Hari, 2013