Daftar Tarian Adat (Daerah) di Indonesia Lengkap dari 34 Provinsi

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara yang kaya akan beragam adat budaya. Termasuk di antaranya adalah tari – tarian daerah. Hampir di setiap daerah di Indonesia, terdapat tari – tarian daerah yang khas.

Nah, bagi yang belum tahu apa saja tarian daerah atau tarian adat di Indonesia, berikut ini tersedia daftarnya. Simak daftar tarian adat di Indonesia lengkap dari 34 provinsi ini ya.

1# Tari – tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati

adalah tarian yang berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Tarian yang sangat populer di Aceh ini menggambarkan nuansa dinamis yang penuh dengan keseimbangan dan suasana keagamaan.

Tari Saman Meuseukat

juga merupakan tarian yang mengandung ajaran agama Islam. Dalam tarian yang diiringi syair ajaran kebajikan ini, tarian dilakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam.

Tari Pukat

Seperti namanya, tari pukat menggambarkan kehidupan yang dilalui para nelayan, mulai membuat pukat sampai mencari ikan.

2# Tari – tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas

Adalah tarian Melayu yang ditarikan dengan iringan irama joged musik disertai pukulan gendang bernuansa Amerika Latin. Tarian serampang dua belas ini adalah tari pergaulan.

Tari Tor Tor

Tarian daerah Batak ini ditarikan dengan latar belakang falsafah peradatan dalam suasana yang khusuk.

Tari Mandula

Merupakan tarian rakyat Simalungun yang menggambarkan suasana bersuka ria pada masa panen padi.

Tari Baluse

Adalah tarian yang biasa digunakan sebagai rangkaian ritual adat suku Mentawai. Biasanya, tarian ini diakhiri dengan tradisi loncat batu dengan tinggi 4 meter.

3# Tari – tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring

Adalah tari tradisional yang melambangkan suasana gotong -royong dari rakyat ketika bekerja menunaikan tugasnya, yakni di siang hari mengerjakan sawah ladang dan pada malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari Payung

Adalah tarian yang dilakukan sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. Sang pria dalam tarian itu melindungi kepala sang wanita. Tari payung juga menjadi perlambang dari perlindungan lelaki terhadap wanita.

Tari Tabuik

Adalah tarian upacara adat rakyat Sumatera Barat.

4# Tari – tarian Daerah Riau

Tari Tandak

Adalah tari pergaulan yang banyak digemari oleh masyarakat daerah Riau.

Tari Joged Lambak

Adalah tari pergaulan muda-mudi yang terbilang populer dan banyak disukai masyarakat.

Tari Makan Sirih

Adalah tari pertunjukan yang dipentaskan ketika acara menyambut tamu terhormat atau tamu besar, seperti tamu dari pejabat negara contohnya presiden.

5# Tari – tarian Daerah Jambi

Tari Sekapur Sirih

Adalah tari persembahan adat Jambi yang juga berfungsi sebagai tari pertunjukan. Tari sekapur sirih disuguhkan masyarakat Jambi ketika menyambut tamu kebesaran, misalnya kepala daerah atau kepala Negara.

Tari Selampir Delapan

Adalah tari pergaulan muda-mudi daerah Jambi yang cukup populer.

6# Tari – tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Tanggal

Adalah tarian pertunjukan yang dilakukan untuk menyambut tamu dan biasanya disuguhkan dengan disertai upacara kebesaran adat.

Tari Putri Bekhusek

Adalah tarian yang artinya sang putri yang sedang bermain. Tari Putri Bekhusek yang sangat populer di Kabupaten Ogan Komering ini merupakan lambang kemakmuran daerah Sumatra Selatan.

7# Tari – tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun dari Bengkulu Selatan

adalah sebuah tarian yang dilakukan untuk menyambut tamu yang dihormati sekaligus sarana penghibur masyarakat. Tarian ini juga menjadi rangkaian prosesi tanam padi dan sebagai hiburan masyarakat Bengkulu. Sebab, setelah menanam padi masyarakat Bengkulu akan berdoa agar hasil panen melimpah.

Tari Bidadari Teminang Anak

Tarian khas dari Rejang Lebong ini juga berarti bidadari yang meminang anak.

8# Tari – tarian Daerah Lampung

Tari Jangget

Adalah tarian yang melambangkan keluhuran budi dan susila dari masyarakat Lampung. Biasanya, tarian ini dilakukan saat upacara-upacara peradatan.

Tari Malinting

Adalah tarian dengan latar belakang cerita rakyat Lampung, yang berkisah tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung. Tari Melinting juga berguna sebagai sarana hiburan karena tari Melinting ini awalnya diciptakan oleh Ratu Melinting.

Pada awalnya, tarian hanya dipentaskan oleh anggota kerajaan seperti putri dan putra ratu Melinting. Namun seiring perkembangannya, tari Melinting sudah banyak digunakan sebagai tarian perlombaan.

9# Tari – tarian Daerah Bangka Belitung

Tari Campak

Adalah tarian hiburan sekaligus untuk rangkaian upacara adat. Tari Campak ditarikan untuk menghibur masyarakat terutama orang yang belum bertemu dengan jodohnya. Selain itu, tari campak juga biasa dipentaskan ketika pulang atau hendak memanen padi.

10# Tari – tarian Daerah Kepualauan Riau

Tari Zapin

adalah tarian hiburan yang ditujukan untuk menghibur masyarakat di Kepulauan Riau. Selain itu, tari Zapin juga menjadi tarian yang biasa dipentaskan ketika menyebarkan dakwah islam sebagai sarana edukatif. Sebab, tarian ini juga memberikan pelajaran mengenai bagaimana menjadi orang yang mampu bermasyarakat dengan baik.

11# Tari – tarian Daerah DKI Jakarta

Tari Topeng

Adalah tarian tradisional khas dari Betawi yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu agung. Topeng Betawi juga biasa dilakukan ketika upacara adat masyarakat Betawi yang bertujuan sebagai tarian untuk menolak bala. Di masa kini, tari Topeng juga sering digunakan untuk sarana menghibur masyarakat atau pun dalam rangka memeriahkan acara pernikahan.

Tari Yopong

Adalah tarian persembahan yang biasa ditarikan untuk menghormati tamu negara yang datang berkunjung ke daerah.

12# Tari – tarian Daerah Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran

Adalah tarian yang berkisah tentang dendam kesumat seorang raja karena ditolak cintanya.

Tari Merak

Adalah sebuah tari yang berisi kisah tentang kehidupan burung merak yang serba indah dan begitu memukau.

Tari Jaipong

Adalah tarian yang berguna sebagai hiburan rakyat. Selain itu, tari Jaipong juga biasa ditarikan sebagai tarian penyambut tamu. Pemerintah Jawa Barat sering menggunakan tari Jaipong untuk menyambut tamu kebesaran yang datang dari dalam dan luar negeri.

13# Tari – tarian Daerah Jawa Tengah

Tari Serimpi

Adalah tarian keraton yang berkembang pada masa silam. Tarian ini ditarikan dalam suasana yang begitu lembut, agung dan menawan.

Tari Blambangan Cakil

Adalah tarian yang berkisah tentang perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil atau raksasa. Tarian ini melambangkan penumpasan angkara murka.

Tari Bedhaya

adalah tarian yang dilakukan sebagai sarana hiburan, terutama biasa untuk menghibur raja Keraton Surakarta pada masa lalu. Sekarang, tari bedhaya dapat dinikmati masyarakat luas sebagai hiburan dan biasanya juga dipentaskan ketika merayakan hari kelahiran putra pejabat daerah.

14# Tari – tarian Daerah Istimewa Yogyakarta

Tari Serimpi Sangupati

Adalah tarian keraton dari masa lalu yang ditarikan dengan iringan suara gamelan dan dilakukan dengan gerak tari yang lembut. Tari Serimpi Yogyakarta biasa digunakan sebagai sarana untuk menghibur raja di kesultanan keraton Yogyakarta masa dahulu. Untuk sekarang, tari serimpi sangu pati sudah bisa dinikmati para wisatawan yang berkunjung ke keraton. Tarian ini juga biasa dipentaskan ketika upacara adat di keraton.

Tari Bedaya

Adalah tarian keraton yang biasa ditarikan oleh 9 orang penari putri dengan irama lemah gemulai.

Tari Merak

Adalah tarian yang berkisah mengenai keindahan dan kebebasan dari alam bebas yang dialami oleh burung merak.

Tari Beksan Lawung Ageng

Adalah tarian yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwuno I, sebagai sarana untuk menjaga diri serta memupuk semangat dan jiwa prajuritnya.

15# Tari – tarian Daerah Banten

Tari Rampak Bedug

Adalah tarian hiburan yang dibuat untuk menghibur masyarakat Banten sekaligus untuk menyampaikan pesan agar kita dapat melaksanakan ibadah tepat pada waktunya.

16# Tari – tarian Daerah Jawa Timur

Tari Remong

Adalah tarian khas dari Surabaya yang melambangkan jiwa kepahlawanan. Tarian ini biasa disajikan untuk menyambut para tamu Negara serta dapat juga dipentaskan di berbagai festival kesenian daerah.

Reog Ponorogo

Adalah tari daerah khas dari Jawa Timur yang menjadi perlambang dari keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

17# Tari – tarian Daerah Bali

Tari Legong

Adalah tarian dengan latar belakang kisah cinta Raja dari Lasem yang ditarikan dengan nuansa yang dinamis serta memikat hati.

Tari Kecak

Adalah tarian yang dilakukan dengan latar cerita dari Kitab Ramayana. Tarian ini mengisahken tentang bala tentara monyet Hanuman dari Sugriwa.

Tari Pendet

Adalah tarian yang dulunya berupa tari pemujaan dan banyak diperagakan di pura, atau tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tari Pendet menjadi lambang untuk penyambutan atas turunnya Dewata ke alam dunia.

Namun, kini tari pendet sudah mulai dikembangkan oleh para seniman Bali menjadi tarian sebagai “ucapan selamat datang”, meskipun tetap mengandung nuansa sakral-religius. Pencipta atau koreografer modern dari tari Pendet ini adalah I Wayan Rindi.

18# Tari – tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo

Adalah tarian yang dilakukan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Tari ini sering pula dipentaskan pada saat upacara -upacara perkawinan atau upacara khitanan dari keluarga raja.

Tari Batunganga

Adalah tarian dengan latar belakang cerita rakyat yang mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri rajanya yang masuk ke dalam batu. Rakyat ini memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu tersebut.

Tari Sere

Adalah tarian adat yang biasa digunakan pada saat upacara adat di daerah Sumbawa. Selain sebagai tarian adat, tari Sere juga biasa ditampilkan sebagai tari pertunjukan yang dipentaskan dalam rangka menyambut tamu.

19# Tari – tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang

Adalah tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan serta kepandaian dalam mempermainkan senjata, yang khususnya berupa senjata cambuk dan perisai.

Tari Gareng Lameng

Adalah tarian yang biasa dipentaskan pada saat upacara khitanan. Tari Gareng Lameng ditarikan sebagai ucapan selamat serta memohon berkat dari Tuhan agar yang dikhitan dapat sehat lahir batin dan mendapat kesuksesan dalam hidupnya.

Tari Meminang

Adalah tarian khas dari Pulau Rote, yang mengisahkan seorang pria yang meminang seorang gadis.

20# Tari – tarian Daerah kalimantan Barat

Tari Monong

Adalah tarian penolak penyakit yang dilakukan sebagai persembahan agar si penderita dapat sembuh kembali. Jadi, penari tari monong ini berlaku seperti dukun dengan jampi – jampi.

Tari Zapin Tembung

Tari ini adalah semacam tari pergaulan yang berkembang dalam masyarakat Kalimantan Barat.

21# Tari – tarian Daerah Kalimantan tengah

Tari Tambun dan bungai

Adalah tarian yang mengisahkan tentang kepahlawanan Tambun dan Bungai di dalam mengusir para musuh yang bertujuan buruk untuk merampas panen rakyat.

Tari Balean Dadas

Adalah tarian adat yang dilakukan guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sedang sakit.

22# Tari – tarian Daerah Katimantan Selatan

Tari Baksa Kembang

Adalah bentuk tarian selamat datang untuk menyambut para tamu agung dan dilakukan dengan menyampaikan untaian bunga. Tari pertunjukan  ini sering dipentaskan ketika menyambut tamu-tamu kehormatan atau kerabat-kerabat dari kerajaan.

Tari Radab rahayu

Adalah tarian yang dipentaskan ketika upacara tepung tawar, yakni sebelum pengantin pria dan wanita disandingkan pada rangkaian upaca pernikahan.

23# Tari – tarian Daerah Kalimantan Timur

Tari Gong

Adalah tarian yang dipentaskan dalam upacara penyambutan terhadap tamu agung. Tari gong juga dapat dipentaskan sewaktu menyambut kelahiran seorang bayi kepala suku.

Tari Perang

Adalah tarian yang menampilkan dua orang pemuda yang menari dengan makna memperebutkan seorang gadis.

24# Tari – tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket

Adalah tarian pergaulan yang dilakukan dengan saling berpasang-pasangan. Tari Maengket menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan. Tari yang juga berfungsi sebagai tari upacara keagamaan ini biasa dipentaskan untuk berdoa kepada Tuhan atas hasil panen yang diberikan.

Tari Polopalo

Adalah tari pergaulan yang diperuntukkan bagi muda-mudi daerah Gorontalo.

Tari Cakalele

Tarian yang melambangkan keprajuritan serta kegagahan.

25# Tari – tarian Daerah Sulawesi Tengah

Tari Lumense

Adalah tarian khas dari daerah Poso yang biasa digunakan sebagai tarian selamat datang untuk menyambut tamu agung.

Tari Dero

Adalah tarian adat yang biasa dipentaskan  pada saat upacara adat di daerah Poso, yakni pada saat menjelang musim panen.

Tari Peule Cinde

Adalah tarian yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu agung. Puncak acara dari tari Peule Cinde ini adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.

Tari Pamonte

Adalah tarian rakyat daerah yang bermakna syukur karena panen yang bagus.

26# Tari – tarian Daerah Sulawesi Selatan

Tari Kipas

Adalah tari yang mempertunjukkan kemahiran dari para gadis dalam memainkan kipas sembari mengikuti alunan musik yang mengiringinya.

Tari Bosara

Adalah tarian yang biasa dipentaskan untuk menyambut tamu terhormat, dan ditarikan dengan rangkaian gerakan badan yang sangat luwes.

Tari Ganrambuloh

Adalah tarian tradisional khas dari rakyat Sulawesi Selatan.

27# Tari – tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa

Adalah tarian selamat datang yang dilakukan dalam rangka menyambut tamu agung. Tari rakyat Balumpa berasal dari daerah Buton.

Tari Dinggu

Adalah tarian yang melambangkan sifat kegotong -royongan dalam melakukan kerja bersama ketika menumbuk padi. Tarian ini dilakukan dengan iringan nada alu pada lesung yang khas dan menyentuh hati.

Tari Malulo

Tarian pergaulan para muda -mudi yang ditarikan dengan lincah dan riang.

28# Tari – tarian daerah Gorontalo

Tari Dana-Dana

adalah tari pertunjukan yang biasa digelar pada saat melangsungkan upacara pernikahan, hajatan, atau pun saat festival kesenian daerah. Tari Dana-dana pertama kali dipentaskan dalam rangka mengisi acara pernikahan Raja Sultan Amay dengan Putri Owotango.

29# Tari – tarian Daerah Sulawesi Barat

Tari Patuddu

Tari Patuddu adalah tarian yang biasa dipentaskan sebagai hiburan, terutama sebagai sarana untuk menghibur raja di lingkungan kerajaan dan dulunya digelar di lantai istana.

30# Tari – tarian Daerah Maluku

Tari Lenso

Adalah tarian pergaulan yang diperuntukan bagi seluruh lapisan masyarakat Maluku. Tari hiburan ini biasa dipentaskan pada saat ada acara – acara besar seperti ketika pesta pernikahan, pesta hasil panen yang melimpah, ataupun saat menyambut tamu sebagai bentuk hiburan bagi orang yang hadir dalam acara tersebut.

Tari Cakalele

Adalah tari Perang yang menjadi lambang tentang jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

31# Tari – Tarian Daerah Maluku Utara

Tari Perang

Adalah tarian rakyat yang biasa dilakukan untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan juang.

Tari Nahar Ilaa

Adalah tarian pengikat persahabatan yang dilakukan pada waktu ada acara “panas pela” atau kesepakatan di kampung untuk membangun.

32# Tari – tarian Daerah Papua

Tari Selamat Datang

Adalah tarian yang mementaskan tentang kegembiraan hati para penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Musyoh

Adalah tarian sakral yang dipentaskan dalam upaya mengusir arwah dari orang yang meninggal karena kecelakaan.

33# Tari – tarian Daerah Papua Barat dan Tengah

Tari Suanggi

Adalah tarian yang berkisah tentang seorang suami yang ditinggal mati istrinya karena menjadi korban angi-angi (jejadian).

Tari Perang

Adalah tari yang menjadi lambang kepahlawanan serta kegagahan dari rakyat Papua.

34# Tari – tarian daerah Kalimantan Utara

Tari Radab Rahayu

Adalah tarian yang dipentaskan sebagai bagian dari upacara adat. Tarian ini juga dapat menjadi perlambang dari penolak bala. Kadang, tari Radab Rahayu juga dipentaskan pada acara perkawinan dan kematian.

Demikian daftar tarian adat di Indonesia yang dapat disajikan. Jangan lupa simak juga artikel lain dari portal-ilmu.com. Terima kasih.

Referensi :

Adi, Setyo. 2009. Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (Indonesia – Dunia). Solo : Bringin 55.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *