10+ Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Terupdate


Materi teks bahasa dalam pelajaran bahasa Indonesia amat banyak jenisnya, salah satunya adalah teks eksplanasi. Untuk kali ini, kita akan membahas mengenai teks eksplanasi tersebut. Adapun penjelasan terkait pengertian teks eksplanasi telah dibahas secara terpisah dalam artikel lain. Jadi, artikel ini hanya akan mengulas secara khusus terkait contoh teks eksplanasi.

Contoh – contoh teks eksplanasi yang disajikan dalam artikel ini dibuat dalam aneka tema agar lebih mudah dipahami dan lebih jelas.

Sebagai pengantar singkat, perlu diketahui bahwa teks eksplanasi berisi mengenai penjelasan atau penjabaran dari suatu hal. Berikut adalah contoh teks eksplanasi dalam berbagai tema.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Contoh Teks Eksplanasi tentang petir

Petir

Pernyataan Umum:

Petir adalah suatu fenomena alam yang terjadi karena adanya perbedaan potensial atau muatan yang ada pada awan dan bumi atau dengan awan yang lainnya, sehingga di langit tampak kilatan cahaya yang terang menyilaukan.

Gejala alam ini biasanya terjadi ketika musim hujan pada langit dan terkadang terlihat menembus hingga sampai ke bumi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat:

Petir terjadi akibat adanya perbedaan muatan yang ada di awan. Muatan di awan ini bergerak secara terus menerus dan teratur, sehingga selama proses bergerak ini, muatan berinteraksi satu sama lain dengan muatan pada awan lain.

Interaksi ini menjadikan muatan negatif berkumpul di satu sisi saja, semisal di bagian atas atau di bagian bawah. Adapun muatan positif juga berkumpul di satu sisi, tepatnya di sisi sebaliknya dari muatan negatif.

Hal ini berarti terjadi perbedaan potensial yang ada pada awan dan bumi. Jika perbedaan muatan potensial cukup besar, pembuangan muatan negatif (elektron) pun akan berlangsung dari awan ke bumi atau sebaliknya agar tercapai kesetimbangan. Ketika proses pembuangan muatan inilah, terjadi ledakan suara yang diiringi dengan nampaknya kilatan cahaya amat terang .

Petir lebih sering muncul ketika musim hujan karena aliran udara yang lebih besar akibat ada kadar air yang terdapat di dalam udara relatif lebih tinggi.

Interpretasi:

Petir umumnya di musim hujan ketika terjadapa aliran udara lebih tinggi. Aliran udara yang tinggi membuat perbedaan potensial atau muatan lebih besar sehingga lebih mudah memunculkan petir.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Budaya

Contoh Teks Eksplanasi tentang batik

Seni Batik Tulis Solo

Pernyataan Umum / Pembuka:

Batik adalah salah satu hasil karya seni budaya tradisional khas yang berasal dari Indonesia. Ada banyak daerah di Indonesia yang mampu menghasilkan karya batik. Salah satu yang paling populer adalah batik tulis dari Solo dengan motifnya yang khas berwarna soga.

Deretan Penjelasan / Isi:

Batik bisa diidentikkan dengan suatu motif tersendiri. Tapi para budayawan banyak yang menyebut bahwa batik adalah karya seni berupa kain bermotif khas, yang dibuat dengan cara menchanting menggunakan malam pada kain, lalu diolah dengan proses tertentu sehingga menghasilkan suatu corak yang khas.

Saat ini, batik ada banyak macamnya. Tapi batik yang dianggap memiliki seni budaya dan masih tradisional adalah batik tulis. Batik tulis khas Solo memiliki kekhasan tersendiri yang berbeda dari batik tulis daerah lain.

Seni batik tulis khas Solo dapat dilihat dari warna dan coraknya. Warna batik khas Solo didominasi warna gelap atau warna soga dengan pola motif yang biasanya mengambil dari alam, seperti tumbuh -tumbuhan dan hewan.

Pembuatan batik tulis diawali dengan cara menggambar pola pada kain mori putih. Lalu, kain mori ditutupi malam yang dipanaskan sesuai pola yang sudah digambar. Proses peletakkan malam dilakukan dengan menggunakan chanting. Selanjutnya, malam dicelup dengan pewarna khas dan dilorot. Jika ingin diberikan warna lain, kain mori tadi bisa diberi malam lagi dan dilorot lagi sampai didapatkan warna dan pola yang sesuai.

Interpretasi / Penutup:

Batik tulis khas Solo dibuat dengan teknik khusus. Pola -pola yang dibuat juga khas. Pola khas Solo yang berwarna soga ini memiliki kesan yang anggun. Karena proses pembuatannya yang panjang dan polanya yang cantik, batik tulis Solo banyak disukai meskipun harganya mahal.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi tentang banjir

Becana Alam Banjir Bandang

Pernyataan umum (Pembuka):

Banjir bandang adalah salah satu bentuk bencana alam mengerikan yang ditandai dengan adanya gelombang air yang deras, dengan volume yang banyak dan memiliki intensitas tinggi. Banjir bandang mampu menenggelamkan banyak hal di daratan dan mengakibatkan korban jiwa dengan jumlah besar.

Deretan penjelasan (Isi):

Banjir bandang umumnya terjadi akibat hujan deras yang berlangsung terus menerus dan disertai arus yang tinggi, sehingga membuat daerah -daerah yang tinggi, dan tempat lain yang mampu menampung air tidak lagi mampu menampung air hujan tersebut. Air hujan dalam jumlah besar yang tidak dapat tertampung kemudian menerjang daerah -daerah di sekitarnya dalam volume yang besar dan tekanan yang tinggi.

Tekanan air dari banjir bandang yang sangat tinggi membuat bangunan -bangunan, pepohonan dan apa saja yang dilewatinya menjadi hancur. Tekanan tinggi ini juga mengakibatkan terbentuknya gelombang air yang tinggi. Semakin tinggi gelombang dan tekanan air, semakin para pula kerusakan yang bisa diakibatkan.

Interpretasi (Penutup):

Bencana alam seperti banjir bandang dapat mengakibatkan hal yang sangat buruk bagi kehidupan manusia. Dampak buruk dari terjadinya banjir bandang adalah rusak dan hancurnya fasilitas umum, bangunan, juga mematikan aneka makhluk hidup yang dilewatinya. Untuk itu, kita harus senantiasa berusaha mengantisipasi kehadiran banjir bandang dan menjaga agar alam sekitar tetap bersih dan membangun sanitasi yang baik.

***

Mengenal Tsunami

Akhir tahun 2018, Indonesia mendapat kabar duka yang mendalam. Setidaknya 168 orang meninggal dunia karena Tsunami yang terjadi di wilayah Selat Sunda (22/12/2018). Hal ini seolah mengulang duka mendalam Indonesia ketika Aceh juga diserang Tsunami di akhir tahun 2004 yang lalu. Bahkan, korban tsunami 2004 itu menelan hingga ratusan ribu orang.

Apa itu Tsunami

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan tsunami? Bencana ini begitu besar dan mampu merenggut nyawa begitu banyak orang? Tsunami adalah suatu fenomena alam berupa gelombang raksasa yang disebabkan oleh bencana alam lain yang terjadi sebelumnya, seperti gempa bumi, letusan gunung api bawah laut, longsoran bawah laut atau bisa juga berupa tumbukan benda besar dengan permukaan air laut.

Karena adanya pergerakan yang masif di wilayah laut inilah, maka air laut terdorong untuk bergerak. Gerakan dari gelombang tsunami ini sebetulnya berjalan pelan atau tidak naik dengan drastis. Hanya saja, ketika melewati perairan dangkal, ketinggian gelombang baru tampak signifikan dan semakin tinggi.

Namun, kecepatan gelombang tsunami memang tidak bisa diprediksi secara pasti. Kecepatan ini banyak dipengaruhi oleh kedalaman laut dan bukan dari jarak pemicu gelombang dengan sumber gelombang tsunami.

Pada intinya, gelombang tsunami ini adalah fenomena alam yang cukup mengkhawatirkan. Sebab, kekuatannya yang besar berpotensi merusak berbagai infrastruktur di daratan, termasuk menghilangkan nyawa manusia. Jadi, sudah sepatutnya manusia waspada akan kedatangannya.

***

Contoh Teks Eksplanasi tentang Sosial

Contoh Teks Eksplanasi tentang kesenjangan sosial

Kesenjangan Sosial

Pernyataan umum:

Kesenjangan sosial adalah bentuk fenomena sosial yang berlangsung di masyarakat dan ditandai dengan adanya perbedaan yang sangat mencolok dari kelompok -kelompok masyarakat. Kesenjangan sosial banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, bahkan juga di banyak negara di dunia.

Deretan Penjelasan (isi):

Kesenjangan sosial disebabkan adanya perbedaan yang sangat tinggi dalam berbagai faktor dari kelompok -kelompok masyarakat. Faktor – faktor yang berbeda ini dapat dalam berbagai hal, namun yang paling utama adalah pada faktor materi. Umumnya kesenjangan sosial terjadi karena faktor penghasilan dari golongan masyarakat yang sangat berbeda satu sama lain.

Ada kelompok masyarakat yang memiliki penghasilan dalam jumlah tinggi, atau bahkan sangat tinggi, sementara kelompok masyarakat lain memiliki penghasilan yang minim, atau bahkan tidak memiliki penghasilan. Adanya perbedaan materi turut mempengaruhi gaya hidup dari kelompok -kelompok sosial tersebut.

Ada yang hidup dengan gaya hidup mewah, boros, dan suka berfoya -foya karena memiliki penghasilan yang besar. Ada juga yang hidup dengan gaya hidup yang pas -pasan atau bahkan sangat memprihatikankan karena berbagai kebutuhan pokok tidak bisa dipenuhi dengan penghasilannya yang sangat kecil.

Kesenjangan sosial ini banyak menimbulkan beragam persoalan sosial dalam masyarakat. Orang -orang dengan penghasilan rendah, atau bahkan tidak memiliki penghasilan ada yang berpikir pendek dengan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara melakukan kejahatan seperti merampok atau mencuri.

Interpretasi (Penutup):

Uraian di atas menunjukkan secara jelas bahwa kesenjangan sosial memunculkan kelas -kelas sosial dalam masyarakat. Dua kelompok masyarakat secara umum, yakni kelompok masyarakat kelas atas dan kelompok masyarakat kelas bawah. Masyarakat kelas atas hidup dengan bergelimang harta dan tidak pusing soal kebutuhan materi. Sedangkan masyarakat kelas bawah yang kebingungan mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup berpotensi melakukan kejahatan kriminal.

Sekalipun demikian, tidak menutup kemungkinan masyarakat kelas atas melakukan kejahatan kriminal untuk menjaga eksistensi mereka dalam kelas sosial atas. Misalnya dengan cara melakukan korupsi. Kesenjangan sosial masyarakat yang tinggi seharusnya tidak menimbulkan kriminal. Masyarakat kelas atas bisa melakukan sedekah dan berbagi kepada masyarakat kelas bawah, begitu pula masyarakat kelas bawah harus bekerja lebih giat agar bisa memperoleh penghasilan yang cukup.

***

Contoh Teks Eksplanasi tentang Pendidikan

Wajib Belajar Dua Belas Tahun

Pendidikan adalah faktor penting bagi masa depan suatu bangsa. Oleh karena itu, Indonesia pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk meningkatkan kemajuan pendidikan Indonesia. Berbagai infrastruktur dan dukungan kebijakan penunjang pun disiapkan. Salah satu upaya pemerintah adalah dengan mendorong berlakunya program wajib belajar.

Pengertian Program Wajib Belajar

Sayangnya, program wajib belajar di Indonesia secara nasional masih berupa wajib belajar sembilan tahun. Program wajib belajar sembilan tahun sendiri berarti tiap-tiap anak di Indonesia diwajibkan untuk bisa setidaknya menempuh pendidikan selama sembilan tahun, yang terdiri dari enam tahun masa pendidikan sekolah dasar dan tiga tahun masa pendidikan sekolah menengah pertama.

Setelah program wajib belajar sembilan tahun dianggap cukup mampu diterapkan di mayoritas daerah di Indonesia, pemerintah pun lanjut ingin meningkatkan kebijakan program belajar ini. Maka, dicanangkanlah program wajib belajar 12 tahun. Arti dari wajib belajar 12 tahun sendiri adalah enam tahun sekolah dasar, tiga tahun sekolah menengah pertama dan tiga tahun sekolah menengah atas.

Dengan program wajib belajar 12 tahun, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih termotivasi untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi. Kualitas Sumber Daya Manusia pun juga bisa turut meningkat. Hal ini akan meningkatkan daya kreativitas dan daya saing masyarakat Indonesia.

Meski demikian, pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun ini masih belum berlaku di Indonesia. Hal ini mengingat kemampuan daerah-daerah yang dianggap belum siap untuk menerapkan program ini. Apalagi, penyediaan fasilitas sekolah dan infrastrukturnya juga masih belum merata.

***

Sistem Zonasi di Indonesia

Pemerintah Indonesia berusaha mengeluarkan terobosan dalam rangka meningkatka kualitas pendidikan di Indonesia. Terobosan itu adalah kebijakan sistem zonasi. Adapun pelaksanaan jalur zonasi ini dilakukan berdasarkan Permendikbud No.51/2018 mengenai penerimaan peserta didik baru mulai tahun ajaran 2019/2020.

Proses Penerimaan Sistem Zonasi

Pelaksanaan sistem zonasi di Indonesia pada intinya adalah jalur penerimaan peserta didik yang didasarkan pada jarak tempuh siswa ke sekolah. Jadi, masing-masing siswa diharap dapat bersekolah yang lokasinya ada di radius terdekat dari domisili masing-masing. Kebijakan ini diharapkan mampu mengurangi ketimpangan antara sekolah favorit dan sekolah non favorit. Selain itu, para siswa bisa dengan mudah mengakses sekolahnya.

Pada proses penerimaan sistem zonasi, para siswa tidak hanya diberikan satu pilihan sekolah terdekat saja. Masih ada tiga sekolah yang bisa dipilih. Sekolah yang dipilih harus memiliki slot siswa sesuai dengan wilayah zonasi domisili siswa. Jarak zonasi ini dihitung dari jarak tempuh kantor desa atau kelurahan tempat siswa tinggal terhadap sekolah.

Meski sudah menerapkan sistem zonasi, tapi tiap-tiap sekolah masih memiliki jalur penerimaan siswa lainnya. Ada juga jalur prestasi yang tetap bisa memuat para siswa yang berasal dari luar zona wilayah, tetapi memiliki prestasi baik. Ini untuk menyesuaikan perubahan sistem zonasi yang masih baru ini.

***

Demikian kumpulan contoh teks eksplanasi, yang dapat disajikan oleh portal-ilmu.com. Contoh contoh ini akan terus ditambah agar dapat menambah pula khazanah keilmuan dan kebermanfaatannya. Jangan lewatkan materi lain dikumpulan materi bahasa Indonesia. Kalian pun dapat me-request contoh teks eksplanasi dalam tema tertentu, silahkan tinggalkan pesan dikotak komentar. 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *