10+ Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Terupdate


Dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita akan mempelajari aneka jenis teks. Salah satunya adalah teks deskripsi. Penjelasan dari pengertian teks deskripsi sendiri telah kita bahas secara terpisah dalam artikel sebelumnya. Jadi, untuk artikel ini kita akan membahas secara khusus mengenai contoh teks deskripsi.

Teks deskripsi ini umumnya dibuat untuk mengetahui berbagai informasi secara lebih terperinci tentang suatu objek. Objek yang dapat dideskripsikan bisa berupa banyak hal seperti barang, tempat, peristiwa dan juga aneka hal lain. Melalui teks deskripsi, kita akan memperoleh gambaran secara lebih jelas mengenai objek yang dideskripsikan.

Agar lebih jelas, mari kita langsung melihat pada beberapa contoh teks deskripsi terkait beberapa tema dan objek tertentu.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

contoh teks deskripsi tentang rumah

Rumah Andi

Sahabatku bernama Andi. Ia tinggal di kampung sebelah dekat dengan kampungku. Meski tidak tinggal satu kampung, tapi aku sering bermain ke rumah Anda. Rumah Andi sangat nyaman dan luas. Halaman rumah Andi juga sangat luas, yakni sekitar 700 meter. Ada lapangan basket mini di halaman depan rumah Anda.

Selain itu, ada juga taman -taman mini di sana. Ada kursi taman dan gasebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Ada juga beberapa patung kecil, seperti patung kuda, rusa, harimau dan singa. Suasana rumah Anda juga sangat nyaman. Sebab, ada banyak pepohonan rindang di sana. Apalagi, ada aneka tanaman bunga yang membuat rumah Andi tampak cantik.

Kami terkadang juga main di dalam rumah dan di teras rumah Andi. Teras rumahnya sangat bersih dan rapi. Barang -barang ditata berjejer dan tampak terawat. Ornamen kayu yang menghiasi rumah Andi juga tampak menarik.

***

contoh teks deskripsi singkat tentang lemari

Lemari Belajar

Aku memiliki sebuah lemari belajar baru. Lemari belajar ini baru saja dibelikan oleh Ayah sebagai kado ulang tahunku. Lemari belajarku memiliki warna hijau muda. Ada juga garis-garis berwarna kuning yang menghiasi lemari belajarku. Di bagian depan, ada gambar hewan -hewan yang lucu. Aku memang senang dengan aneka hewan.

Lemariku memiliki satu pintu besar di bagian Kanan. Lalu di samping kiri, ada meja yang bisa ditarik dan dilipat dengan mudah. Di bagian bawah meja, ada rak lagi yang bisa diisi dengan buku -buku. Di bagian atas meja juga terdapat lubang -lubang kecil yang bisa digunakan sebagai tempat alat tulis.

Lemari belajar baruku memang sangat cantik. Apalagi, ada bonus dua buah kursi. Kursi ini juga memiliki tema yang sama dengan lemari belajar. Kursinya berbentuk bulat dengan warna hijau dan ornamen warna kuning. Ada juga gambar hewan -hewan di bagian bawahnya.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

contoh teks deskripsi tentang sekolahku

Sekolahku

Aku adalah siswa di SMP Negeri 111 Madiun. Sekolahku merupakan sekolah unggulan di Madiun dan memiliki gedung sekolah yang nyaman. Gedung sekolahku berdiri di atas tanah seluas 5000 meter persegi. Bangunan sekolah memiliki luas 2000 meter persegi dan sisa tanahnya merupakan lapangan dengan banyak fungsi.

Ada lapangan untuk upacara, ada lapangan untuk olahraga sepakbola, lapangan basket, dan voli. Bagian lain digunakan sebagai taman. Ada banyak taman di sekolahku. Taman -taman ini ditanami dengan aneka macam tanaman bunga dan pepohonan rindang. Di sekitarnya, dipasang kursi -kursi taman yang bisa digunakan untuk bersantai.

Kami belajar dengan nyaman di dalam ruang kelas yang berpendingin udara. Masing -masing kelas juga dilengkapi dengan satu kamar mandi dan wastafel. Ada juga layar LCD untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk mendukung pembelajaran, juga terdapat 12 ruang laboratorium. Laboratorium itu terdiri dari ruang laboratorium untuk biologi, fisika, kimia, matematika, mulitmedia, dan bahasa.

Sekolahku juga memiliki aula yang sangat luas. Ada juga gelanggang olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara. Di dalam gelanggang olahraga terdapat kolam renang dengan luas 10 x 15 meter. Yang paling menarik menurutku adalah bioskop mini yang dapat menampung 100 orang.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

contoh teks deskripsi tentang pantai

Pantai Ngobaran

Kemarin, Aku pergi berlibur ke Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran terletak di daerah Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Pantai ini adalah pantai yang sangat cantik. Pantai Ngobaran memang tidak begitu luas. Tapi, pantai ini memiliki suasana yang sangat khas.

Pantai Ngobaran memiliki bibir pantai yang pendek. Untuk mencapai ke bibir pantai Ngobaran, kita perlu menuruni bebatuan yang tidak terlalu tinggi. Biasanya, orang -orang lebih senang bersantai di bagian atas di wilayah pantai itu.

Bagian atas pantai itulah yang tampak khas dan cantik. Sebab, ada bangunan seperti pura yang cantik. Di pura itu, terdapat patung -patung dari batu berwarna hitam. Selain pura, di sana juga terdapat mushola. Mushola atau masjid itu memiliki ukuran yang kecil. Uniknya, mushola itu lantainya berupa tanah pasir pantai.

Pantai Ngobaran memang sangat khas dan cantik. Hawa di sana sangat sejuk. Selain itu, lingkungannya juga masih sangat bersih. Bagian air pantainya juga terlihat bersih dan bening. Banyak orang yang senang berfoto di sana.

***

Pohon Mangga yang Rindang

Di depan rumah Kakek terdapat sebuah pohon mangga yang rindang. Pohon itu kira-kira tingginya sepuluh meter. Ya! Untuk ukuran pohon mangga rumahan, pohon itu tergolong sangat tinggi. Selain tinggi, pohon mangga itu juga lebat. Dedaunannya sangat banyak menghiasi ranting sehingga terlihat rindang. Jika diukur, kira-kira dedaunan pohon itu bisa menutup area diameter dua puluh meter.

Pohon yang rindang itu memiliki batang yang juga besar. Batangnya berukuran diameter hampir satu setengah meter. Jadi, pohon itu terlihat sangat kekar dan kuat. Akar-akar pohon menyembul di sela-sela tanah di sekitar pepohonan itu. Untung area sekitaran pohon masih berupa tanah dan tidak dibeton. Jadi, tidak ada beton yang rusak. Jarak pohon dari rumah juga cukup jauh, sekitar

Kita bisa duduk-duduk dan bersandar di area sekitar batang pohon dan di akar-akar pohon itu. Ketika siang hari, udara di sekitar pohon itu sangat sejuk. Pepohonan yang rindang memberikan oksigen yang banyak sehingga terasa menyegarkan. Yang lebih menarik, pohon mangga yang rindang itu rajin berbuah. Setiap kali musim mangga, pohon mangga itu bisa menghasilkan buah mangga hingga seratusan kilogram.

***

Indonesia Negara Kepulauan

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Kita bisa menemukan lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki wilayah laut yang luas. Indonesia memiliki luas wilayah 5.455.675 km2. Dari luas wilayah itu, 3.544.744 km2 adalah wilayah lautan. Dalam artian, 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan, sementara 1/3 sisanya adalah wilayah daratan. Jadi, wilayah daratan tersebar luas dengan dikelilingi lautan.

Di antara belasan ribu pulau yang ada di Indonesia, lima di antaranya termasuk pulau besar. Pulau besar itu adalah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Irian. Pulau-pulau besar ini memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak.

Indonesia berbatasan secara langsung dengan tiga negara, yakni Papua New Guinea (berbatasan dengan Provinsi Papua), Timor Leste (berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur), dan Malaysia (berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat dan Timur). Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan Samudera Hindia dan juga Samudera Pasifik.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

contoh teks deskripsi tentang kucing

Bobo Si Kucing Belang

Aku memiliki satu ekor kucing yang bernama Bobo. Bobo adalah kucing jantan yang sangat lucu. Ia memiliki bulu yang panjang berwarna belang. Bulu Bobo ada tiga warna, yakni putih, hitam, dan jingga. Biasanya, kucing tiga warna ini disebut kucing telon. Kabarnya, kucing jantan telon sangat langka.

Aku sangat senang memiliki Bobo. Ia adalah kucing yang lincah. Ia memiliki ekor yang sangat panjang. Ia seringkali memainkan ekornya sendiri. Ekor Bobo tampak sangat cantik dengan bulunya yang panjang. Apalagi, bulu Bobo selalu tampak bersih.

***

Harimau Sumatera

Harimau Sumatera atau yang memiliki nama ilmiah Panthera tigris sumatrae adalah salah satu satwa endemik Indonesia yang menarik. Harimau ini memiliki penampakan yang khas dan berbeda dari jenis harimau lain pada umumnya. Harimau Sumatera memiliki motif belang yang berwarna oranye dan hitam.

Pola hitamnya memiliki ukuran lebar dan jaraknya cukup rapat, kadang sampai dempet. Bisa dibilang, belang Harimau Sumatra tampak lebih tipis daripada subspesies harimau lainnya. Motif belang ini adalah salah satu kekuatan Harimau jenis ini untuk berkamuflase.

Selain itu, motif belangnya ini juga yang berperan sebagai pembeda setiap individu harimau dengan individu lain. Motif ini menyerupai fungsi pola sidik jari manusia yang khas satu sama lain. Di antara semua sub spesies harimau, Harimau Sumatera memiliki warna yang paling gelap. Sub spesies ini juga memiliki lebih banyak janggut dan surai dibanding sub spesies harimau lainnya.

Selain itu, ukuran tubuhnya juga paling kecil. Untuk Harimau Sumatra jantan, panjang rata-rata tubuhnya hanya 92 inci dari kepala ke kaki atau sekitar 250 cm, dengan berat sekitar 300 pound atau sekitar 140 kg. Jantan dewasa bisa juga mencapai tinggi 60 cm. Sementara Harimau Sumatera betina rata-rata panjangnya 78 inci atau sekitar 198 cm dengan berat 200 pound atau sekitar 91 kg.

Bagian jari-jari Harimau Sumatera juga unik karena terdapat selaput. Selaput di antara jari-jari Harimau Sumatera ini menjadikannya perenang yang handal. Ia mampu berenang dengan cepat sehingga mampu berburu mangsa di air. Ia berbeda dengan kucing peliharaan pada umumnya yang tidak menyukai air.

Contoh Teks Deskripsi tentang Teknologi

Tablet Baru yang Canggih

Kakakku berhasil lulus SMA dengan nilai yang sangat memuaskan. Ia mendapatkan peringkat pertama di sekolahnya. Sebagai hadiah, ayah membelikan Kakak sebuah tablet. Tablet milik Kakak memiliki tampilan yang sangat keren. Warnanya biru dan berkilau. Kilauan body tablet itu karena bahannya yang terbuat dari kaca. Bahkan, kita bisa bercermin dengan menggunakan body belakang tablet itu.

Tak cuma memiliki tampilan yang menarik, tablet baru itu sangat canggih. Tablet kakak memiliki dimensi layar yang luas. Jadi, kita bisa menjelajah dengan nyaman dengan tablet itu. Sudah ada sensor sidik jari, pemindai wajah dan juga pemindai suara. Jadi, sangat mudah untuk mengakses tablet itu. Meski mudah diakses, tapi tablet itu juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Jika tidak sesuai pola aksesnya, tablet tidak akan terbuka.

Tablet itu juga sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni. Ada enam kamera yang terpasang di tablet itu. Tiga di bagian depan dan tiga lagi di bagian belakang. Masing-masing kamera disisipi dengan blitz untuk mendukung pengambilan gambar saat terang. Bahkan, sudah ada sensor yang bisa membuat kamera menangkap gambar ketika kondisi sama sekali tanpa cahaya. Ada juga fungsi zoom yang bisa membuat kamera mengambil gambar hingga 100 kali perbesaran.

Tablet baru milik Kakak adalah tablet keluaran terbaru. Jadi, teknologi yang dibawanya memang sangat canggih. Selain memiliki teknologi yang canggih, tablet itu juga bisa dibilang tahan banting. Tablet itu diklaim tahan air dan tidak akan rusak ketika dipanaskan dan juga dibenturkan. Sangat canggih, bukan?

***

Leptop Berwarna Emas

Mata pelajaran hari ini sangat menyenangkan. Pak Guru menerangkan tentang kemajuan teknologi masa kini. Beliau mencontohkan dengan hadirnya sebuah leptop yang canggih. Menurut beliau, leptop adalah teknologi dengan sejuta manfaat. Tak lupa, Pak Guru membawa sebuah leptop sebagai contoh hasil teknologi baru itu. Leptop Pak Guru terlihat sangat menawan. Leptop itu memiliki warna emas yang berkilau. Menurutku, leptop itu terlihat sangat elegan.

Leptop itu sepertinya juga sangat canggih. Sebab, Pak Guru bisa membolak-balikkan layar leptop itu ke depan dan ke belakang. Jadi, layar leptop itu bisa dilipat hingga hampir 360 derajat. Bahkan, Pak Guru juga bisa melepas layar leptop itu dan memisahkannya dari keyboard leptop. Meski tidak tertancap di keyboard leptop, layar leptop itu tetap bisa berfungsi dengan baik.

Leptop Pak Guru sangat tipis. Kira-kira cuma setebal pensil. Lebarnya 10 inchi. Sangat praktis untuk dibawa-bawa. Aku sempat memegang leptop itu dan terasa sangat ringan. Kira-kira tidak sampai 1 kg. Meskipun ringan dan tipis, tapi kinerja leptop itu sangat hebat. Kita bisa menyimpan banyak sekali data dan bisa membuat pekerjaan grafis dengan mudah. Itulah kehebatan teknologi masa kini.

***

Demikian kumpulan contoh teks deskripsi. Simak juga materi serta contoh teks bahasa dikumpulan materi bahasa Indonesia. Jangan lupa tulis komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat. 🙂


6 Replies to “10+ Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Terupdate”

  1. Yehezkiel Gusto berkata:

    Makasih bang pr bahasa indonesia ku jadi selesai deh 😀

  2. Rahayu berkata:

    Wahh makasih ya PR bahasa indo ku jad selesai

  3. iip berkata:

    Ass admin yg baik,kalo boleh nanya apa defenisi dekripsi yg menjadi bagian teks lain,,contoh judulnya sekalian..trim ya min.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *