Contoh Surat Penunjukan

Ketika suatu instansi, organisasi atau pun lembaga melakukan suatu kegiatan, maka diperlukan seorang yang berwenang atau bertanggung jawab dalam mengurus kegiatan tersebut. Karenanya, perlu ditunjuk seseorang atau pihak yang berwenang tersebut secara resmi.

Dalam hal seperti inilah, diperlukan surat penunjukan. Surat penunjukan adalah jenis surat yang isinya memuat tentang penunjukan atau pemberian kekuasaan atau wewenang kepada seseorang atau pihak tertentu untuk menangani suatu pekerjaan tertentu.

Surat penunjukan ini bisa digunakan untuk menunjuk seseorang atau suatu pihak untuk mengerjakan suatu tugas tertentu disertai kewenangan dan tanggung jawabnya.

Di dalam surat penunjukan tersebut, harus memuat data yang lengkap dan jelas mengenai data diri / pihak yang ditunjuk, pihak yang menunjuk, tugas atau wewenang atau kekuasaan yang diberikan dan ketentuan lain yang diperlukan.

Agar lebih jelas, dapat dilihat dalam contoh surat penunjukan yang ada. Berikut ini adalah contoh surat penunjukan yang bisa dijadikan referensi. Contoh surat penunjukan ini memuat tugas dan hak atas pencetakan suatu buku.

Artikel terkait: Aneka Contoh Surat Permohonan

Contoh surat penunjukan

SURAT PENUNJUKAN

 

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Berdasarkan hasil evaluasi dari proposal yang Saudara kirimkan pada saya, maka melalui surat ini saya menyatakan persetujuan untuk MENUNJUK Saudara:

1. Nama : Lilia Adriana
  Jabatan : Direktur CV. Pustaka Buku
  Alamat : Jalan Gajah Mada No 11, Jogjakarta
2. Nama : Wibisono Handoko
  Jabatan : Kepala Marketing CV. Sebar Buku
  Alamat : Jalan Mataram Raya No. 99, Yogyakarta

UNTUK

Pengadaan, pencetakan, penerbitan dan pemasaran Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 2016 hasil pengkajian dari Tim Pusat Bahasa Institut Pintar Bahasa Jogja.

Setiap pencetakan ulang hanya bisa dilaksanakan dengan memberitahukan atau melaporkan terlebih dahulu kapasitas / jumlah eksemplar yang akan dicetak.​​

Ketentuan lain -lain yang berhubungan dengan hal -hal tersebut di atas akan diatur dalam kontak tersendiri dan yang menyangkut perubahan dari ketentuan telah diatur dalam perjanjian, hanya bisa dilaksanakan atas persetujuan pemegang lisensi.

Demikian Surat Penunjukan ini dibuat, harap digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian Saudara, disampaikan terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.​​

   

Jogjakarta, 15 September 2016

Yang menunjuk :

Pimpinan​​ Tim Pusat Bahasa

Institut Pintar Bahasa Jogja

 

TTD

Suwito Warjoyo

Sesuai dengan aslinya yang​​

diperlihatkan kepada saya,

Yogyakarta, 15 September 2016

 

TTD

Radi Maridi, S.H.

Notaris Yogyakarta

   

Materi lain:

  1. Contoh Surat Panggilan untuk Dugaan Pelanggaran Disiplin PNS
  2. Contoh Surat Peringatan Biasa untuk Kredit
  3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan