Aneka Contoh Surat Pengunduran Diri

Dewasa ini, mendapatkan pekerjaan sering jadi tantangan tersendiri. Banyak orang yang mengeluhkan sulitnya mencari kerja lantaran lapangan kerja yang sempit atau karena banyaknya para pencari kerja yang menjadi pesaing.

Meski demikian, tak jarang pula orang yang sudah bekerja merasa tidak betah dengan apa yang sudah dijalaninya. Akhirnya, mereka pun memilih mengundurkan diri karena berbagai alasan.

Alasan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaan bisa disebabkan berbagai hal. Misalnya saja karena suasana kerja yang yang tidak nyaman, gaji yang tidak sesuai harapan, karir yang sulit berkembang, alasan kesehatan, atau bisa juga karena sudah mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat lain yang dirasa lebih baik.

Dengan berbagai alasan ini, maka bisa saja seseorang memilih berhenti bekerja. Ketika hendak berhenti bekerja, maka seorang pegawai atau karyawan perlu mengajukan surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri merupakan bentuk surat pribadi resmi yang ditujukan kepada perusahaan atau atasan tempat bekerja. Di dalam surat pengunduran diri, dapat disertakan alasan kenapa seseorang memilih untuk mengundurkan diri.

Berikut ini, terdapat beberapa contoh surat pengunduran diri, yang disertai dengan berbagai alasan umum yang mungkin dialami.

Contoh Surat pengunduran diri karena sakit atau gangguan kesehatan

contoh surat pengunduran diri

Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan Umum

contoh surat resign

Materi lain:

  1. Contoh Berita Acara Pemeriksaan dalam Peraturan Disiplin PNS
  2. Aneka Contoh Surat Ucapan Selamat dalam Surat Bisnis
  3. Aneka Contoh Surat Pernyataan dan Cara Menulisnya