Contoh Surat Pengantar Proposal

Ketika hendak mengadakan suatu acara atau kegiatan tertentu, ada kalanya kita memerlukan proposal. Proposal kegiatan ini berisi gambaran yang terperinci mengenai suatu acara yang ingin dilakukan.

Proposal kegiatan yang dibuat ini kemudian digunakan untuk mendapatkan persetujuan atau dukungan dari pihak -pihak tertentu yang hendak terlibat dan berkepentingan terhadap kegiatan tersebut, seperti pihak atasan penyelenggara, atau pun pihak sponsor.

Dalam menyampaikan proposal ini, maka diperlukan sebuah surat yang menyertai proposal tersebut. Surat seperti inilah yang disebut surat pengantar proposal.

Surat pengantar proposal ini dibuat untuk menerangkan gambaran umum yang jelas namun singkat mengenai isi proposal kegiatan dan maksud atau tujuan penyampaian proposal tersebut.

Surat pengantar proposal ini harus ditulis dengan jelas. Maksud dari tujuan penyampaian proposal juga harus ditegaskan, apakah untuk peminjaman tempat, permohonan dukungan dana, permintaan persetujuan atau tujuan lain.

Selain itu, di dalam proposal tersebut, nama kegiatan, tema, waktu, lokasi dan pihak penyelenggara kegiatan juga harus disampaikan dengan jelas. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada contoh proposal kegiatan yang ada. Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan yang bisa dijadikan referensi.

PANITIA LOMBA BULAN BAHASA

FAKULTAS BAHASA UNIVERSITAS PORTAL MERDEKA

Jl. Wara Wiri No. 234, Komplek Permai, Jakarta Pusat, 23456

Telp. (021) 432432/ Fax. (021) 666666, Email: [email protected]


No : 123/LBB-XX/IX/16
Lampiran : 1 bendel proposal
Hal : Permohonan Sponsorship
Kepada : Pimpinan Cabang PT Portal Ilmu

 

 

Jalan Merpati, No 111, Jakarta Utara

 

Dengan hormat,

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa, yang jatuh pada bulan Oktober 2016, Mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Portal Merdeka bermaksud untuk mengadakan Lomba Bulan Bahasa (LBB) se-Jawa dengan Tema “Semangat Bahasa”. Acara LBB “Semangat Bahasa” ini akan dilaksanakan pada:

hari, tanggal : Senin – Minggu, 10 – 16 Oktober 2016
tempat : Universitas Portal Merdeka

 Untuk itu, kami selaku panitia LBB “Semangat Bahasa” 2016 dari UPM, mengajukan permohonan kerjasama sponsorship untuk mendukung kelancaran acara tersebut.​​

Perlu diketahui bahwa acara tersebut akan mengundang banyak delegasi pelajar dari seluruh Indonesia, jurnalis, serta peserta umum, dengan rangkaian kegiatan yang menarik. Kami yakin konsep acara kami sejalan dengan visi misi dari PT. Portal Ilmu untuk mendukung perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan di Indonesia. Bersama dengan ini, kami juga melampirkan proposal yang menerangkan kegiatan dan bentuk kerjasama bagi pihak sponsor sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas kerjasama dan dukungan yang diberikan dalam kegiatan LBB “Semangat Bahasa” 2016 ini, kami mengucapkan terima kasih.

 

Surakarta, 5 September 2016

Universitas Portal Merdeka

Wakil Dekan Fakultas Bahasa,

 

Dra. Lina Liniati M. S

NIP. 1991919191919

Universitas Portal Merdeka

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan,

 

Gibran Gibraltas, P.Hd.

NIP. 123123123123

Badan Eksekutif Mahasiswa

Universitas Portal Merdeka

Ketua,

 

Ridwan Ardiawan

NIM. 20120102102

Panitia Lomba Bulan Bahasa

“Semangat Bahasa” 2016

Ketua,

 

Debra Lia Rianda

NIM. 090090908

Materi lain:

  1. Contoh Surat Peringatan Tidak Masuk Kerja
  2. Contoh Surat Penunjukan
  3. Contoh Surat Panggilan untuk Dugaan Pelanggaran Disiplin PNS
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *