Contoh Surat Panggilan untuk Dugaan Pelanggaran Disiplin PNS

Di dalam pasal 86 UU mengenai Aparatur Sipil Negara, disebutkan bahwa untuk menjamin terpeliharanya tata tertib serta kelancaran pelaksanaan tugas, maka para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan untuk mematuhi disiplin PNS.

Disiplin pegawai negeri sipil ini juga dirumuskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980, tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, yang kemudian peraturan ini diperbarui lagi melalui Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Menurut perundangan tersebut, peraturan disiplin diartikan sebagai suatu bentuk peraturan yang mengatur mengenai kewajiban, larangan dan sanksi, apabila kewajiban tidak ditaati atau larangan dilanggar oleh Pegawai Negeri Sipil.

Jadi, disiplin PNS dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kesanggupan pegawai negeri sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan berdasarkan peraturan perundang – undangan dan / atau peraturan kedinasan, yang apabila tidak ditaati atau dilanggar, maka PNS tersebut akan dijatuhi hukuman disiplin.

Dengan kata lain, ketika PNS tidak mentaati atau melanggar disiplin PNS, maka ia akan diganjar dengan sanksi atau hukuman disiplin. Namun, sesuai dasar hukum pada pasal 24 PP 53/ 2010, sebelum PNS dijatuhi hukuman disiplin, setiap atasan langsung wajib memeriksa PNS yang diduga melanggar disiplin.

Tujuan pemeriksaan yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui benar atau tidak PNS yang bersangkutan melanggar disiplin, faktor- faktor yang mendorong PNS tersebut melakukan pelanggaran disiplin, serta dampak atau akibat pelanggaran disiplin tersebut.

Untuk itu, PNS yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan atau saksi sesuai dengan pelanggaran disiplin yang dilakukan. Untuk memanggil PNS yang bersangkutan, akan diperlukan surat panggilan khusus.

Surat tersebut biasa disebut sebagai surat panggilan untuk dugaan pelanggaran disiplin PNS. Surat panggilan disiplin PNS ini memiliki format khusus. Agar lebih jelas, berikut ini terdapat contoh surat panggilan disiplin PNS yang bisa dijadikan referensi.

Simak juga: Contoh Surat Peringatan Biasa untuk Kredit

Contoh Surat Panggilan Disiplin PNS

surat panggilan untuk dugaan pelanggaran pns

Materi lain:

  1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
  2. Contoh Surat Pesanan
  3. Contoh Surat untuk orang tua
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *