10 Contoh Kata Pengantar Makalah Lengkap

Sebagai seorang pelajar, baik mahasiswa maupun siswa, maka kita akan sering menemui dan mendapatkan tugas –tugas. Salah satu tugas yang sering didapat adalah membuat makalah. Makalah terdiri dari beberapa struktur yang secara umum memiliki standar baku.

Salah satu hal yang biasanya ada dalam makalah adalah bagian kata pengantar makalah. Kata pengantar juga sering muncul dalam berbagai karya tulis ilmiah selain makalah, seperti jurnal, tesis, skripsi, proposal dan lainnya. Nah, dalam artikel kali ini, yang akan kita bahas lebih lanjut adalah tentang contoh kata pengantar makalah.

Sebelumnya, tahukah Anda, apa kata pengantar makalah itu? Kata pengantar dalam makalah berisi paragraf-paragraf penjelasan yang bertujuan untuk mengantarkan para pembaca agar dapat menangkap gambaran umum dari isi dari karya tulis / makalah secara keseluruhan.

Cara membuat kata pengantar makalah cukup mudah. Yang terpenting, dalam kata pengantar tersebut terdapat uraian judul, latar belakang pemilihan judul, dan pentingnya judul itu dibahas. Gambaran umum mengenai isi makalah, seperti metode, lokasi penelitian dan fokus penelitian juga perlu untuk disajikan, jika dalam makalah tersebut termuat informasinya.

Agar lebih paham, mari kita langsung melihat beberapa contoh kata pengantar makalah berikut ini.

Contoh kata pengantar makalah 1

Puji syukur penulis haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas anugerah dan petunjuk-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Strategi Ekspor Produk Tekstil Indonesia ke Pasar Asia”. Studi ini merupakan ranah kajian Ilmu Ekonomi Internasional.

Penulis memiliki ketertarikan terhadap strategi ekspor produk tekstil Indonesia, khususnya untuk ekspansi di pasar Asia. Produk tekstil Indonesia telah dikenal kualitasnya. Nilai ekspor produk tekstil pun terus mengalami peningkatan. Hal ini juga terjadi pada ekspor ke negara –negara di Asia. Penulis merasa penting untuk mengetahui serta memetakan strategi ekspor produk tekstil yang dilakukan oleh Indonesia, khususnya untuk ekspansi di pasar Asia. Dengan mengetahui strategi ini, maka Indonesia bisa terus mendorong ekspor produk tekstil ini dan mengetahui apa kekuatan yang dimiliki, sekaligus kelemahannya.

Dengan makalah ini, penulis berharap dapat menambah wawasan dari para pembaca mengenai strategi ekspor yang dilakukan Indonesia. Penulis juga ingin agar tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pelaku ekspor produk tekstil dan berbagai pihak lain terkait yang bisa memanfaatkannya. Jika terdapat saran dan kritik mengenai apa yang dibahas dalam makalah ini, penulis terbuka untuk menerimanya.

Contoh Kata Pengantar Makalah 2

Penulis sangat bersyukur karena makalah ini dapat terselesaikan dengan lancar dan berbagai kendala yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik. Makalah dengan tema ‘Pendidikan Karakter era Modern’ ini diharapkan bisa memberikan wawasan dan informasi yang berguna bagi penulis juga bagi para pembaca.

Dalam berbagai era di kehidupan, era terdahulu, kini hingga masa depan sekalipun, pendidikan adalah hal yang penting. Pentingnya pendidikan ini sejatinya tidak hanya terkait pada pendidikan formal saja, melainkan juga dalam pendidikan karakter. Terlebih, di era modern seperti sekarang ini, banyak yang beranggapan bahwa pendidikan karakter telah banyak berubah dan justru mengalami degradasi.

Dalam makalah ini, diuraikan mengenai bagaimana pendidikan karakter di era modern ini. Semoga dengan uraian dan gambaran mengenai pendidikan karakter era modern sekarang ini, maka pembaca bisa mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai tema terkait. Penulis terbuka bila para pembaca ada yang memiliki saran atau masukan terhadap makalah yang ditulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah 3

Makalah ini mengangkat tema tentang ‘faktor penyebab penyimpangan sosial di masyarakat’. Penulis mengangkat tema ini karena maraknya berbagai aktivitas masyarakat yang merupakan perwujudan dari penyimpangan sosial. Padahal, penyimpangan sosial adalah hal yang negatif.

Penulis bersyukur karena telah berhasil menyelesaikan makalah terkait penyimpangan sosial ini. Tujuan dari penulisan makalah ini secara umum adalah mengetahui apa saja faktor penyebab penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, kita bisa melakukan antisipasi terhadap kemunculan penyimpangan sosial, serta bagaimana untuk menghadapinya.

Semoga dengan makalah tentang penyimpangan sosial ini, dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat. Jika terdapat kekurangan atau ketidaktepatan dalam makalah ini, maka penulis memohon maaf dan koreksinya.

Contoh Kata Pengantar Makalah 4

Puja dan puji syukur kami panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan bimbingan-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Makalah ini merupakan tugas mata pelajaran sejarah, sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir kenaikan kelas.

Dalam makalah ini, kami berusaha menguraikan tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang dipelopori oleh pembentukan organisasi Budi Utomo sebagai organisasi nasional pertama di Indonesia. Dari perjalanan perjuangan kemerdekaan inilah, kami ingin menyampaikan dengan runtut dan jelas tentang bagaimana Indonesia berjuang merebut kemerdekaannya dari Belanda.

Semoga melalui penjelasan dalam makalah ini, para pembaca dapat bertambah wawasannya. Kami juga berharap agar tulisan ini mampu menguraikan peristiwa sejarah tersebut dengan tepat dan jelas. Jika ada kesalahan dan kekurangan, kami siap untuk menerima masukan dari para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah 5

Rasa syukur yang mendalam saya haturkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Atas tuntutan-Nya, saya bisa mendapat kemudahan untuk menyelesaikan karya tulis ini. Saya merasa senang dan bangga karena pada akhirnya, saya dapat menyajikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Selama ini, masyarakat banyak yang tidak memahami tentang prinsip umum psikologi kepribadian. Masyarakat awam berpikir bahwa psikologi kepribadian hanya perlu dipahami oleh para psikolog dan psikiater. Padahal, masyarakat awam pun juga dapat mempelajari psikologi kepribadian. Hal ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan sekaligus memudahkan seseorang membina hubungan baik dengan orang lain. Pada akhirnya, akan tercipta hubungan harmonis di dalam kehidupan sosial.

Untuk itulah, saya berharap agar makalah ini mampu menyajikan informasi yang jelas bagi para pembaca tentang psikologi kepribadian. Uraian yang diusahakan seringan mungkin ini, semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang membaca. Tak lupa, mohon maaf bila ada kekurangan dalam makalah ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah 6

Tiada kata yang lebih dalam dari Syukur, yang bisa kami ucapkan atas selesainya makalah ini. Sebab, makalah ini diharapkan mampu menjadi tempat penyalur informasi yang bermanfaat bagi para pembaca secara umum. Kami menyajikan makalah dengan tema “Menjadi Pribadi Unggul” ini dengan tujuan untuk memberikan edukasi positif bagi siapa pun agar dapat memiliki kepribadian yang unggul.

Kami berusaha untuk merangkumkan berbagai wawasan tentang materi kepribadian di dalam makalah ini. Kami juga berusaha untuk menambahkan aneka tips praktis sehingga makalah ini dapat memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca. Para pembaca diharap mampu memahami setiap konten yang tersaji dalam makalah ini dengan baik.

Tak lupa, kami menyampaikan terima kasih pada para pembaca atas kesediaannya membaca makalah ini. Kami juga berterima kasih jika ada yang berkenan menyampaikan saran maupun kritik terhadap konten makalah ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah 7

Penulis menghaturkan syukur yang mendalam bagi Tuhan Semesta Alam. Atas bimbingan Tuhan, makalah ini dapat terselesaikan tanpa kendala apa pun yang berarti. Kami pun dapat menguraikan setiap perumusan masalah yang tersaji dalam makalah ini dengan lancar.

Makalah ini berusaha untuk menjawab permasalahan sosial yang berlangsung dalam masyarakat, seperti yang terurai dalam latar belakang masalah. Permasalahan sosial yang menyangkut kesejahteraan dan kesenjangan sosial memang merupakan masalah pelik dalam fenomena sosial. Untuk itu, penulis berusaha untuk menjawab tantangan tersebut dengan menyajikan gagasan kami sebagai langkah alternatif mengatasi masalah tersebut.

Kami berharap, makalah ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh pihak yang berkepentingan. Tak lupa, penulis menyampaikan terima kasih pada pembimbing kami, sekaligus menghaturkan maaf jika dalam makalah ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Semoga tidak mengurangi esensi dan niatan penulis untuk berbagi.

Contoh Kata Pengantar Makalah 8

Rasa syukur yang mendalam penulis haturkan ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Besar. Atas bimbingan-Nya, akhirnya penulis bisa mendapat kemudahan serta kelancaran dalam mengerjakan makalah ini hingga selesai. Penulis telah berusaha untuk bisa menghadirkan ulasan terbaik dalam makalah ini, sehingga hasilnya dapat sesuai harapan.

Di dalam makalah ini, penulis berusaha untuk bisa menguraikan tentang gagasan kreatif penulis, mengenai bagaimana idealnya mengelola lingkungan hidup. Lingkungan hidup yang ada di sekitar kita adalah harta yang sangat berharga untuk diwariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Karenanya, sudah selayaknya kita menjaga dan merawatnya dengan cara-cara terbaik sehingga kita bisa tetap menikmati manfaatnya, dan tetap membuatnya lestari.

Jika dalam makalah ini terdapat kekurangan dan kesalahan, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Penulis terbuka atas segala kritik dan saran yang disampaikan demi perbaikan makalah ini. Jika ada kebaikan dan kelebihannya, itu datangnya dari Allah semata. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat dan semoga makalah ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah 9

Bangga rasanya karena penulis bisa menyelesaikan tugas makalah ini. Meski pun berat dan penuh dengan kerja keras, tapi akhirnya dapat terselesaikan juga. Karenanya, tak lupa penulis panjatkan rasa syukur yang setinggi-tingginya kepada Tuhan Semesta Alam. Tanpa izin-Nya, tentu penulis tidak bisa menyelesaikan makalah ini.

Tak lupa, penulis juga menyampaikan rasa terima kasih setulus-tulusnya bagi para pihak yang mendukung terselesainya makalah ini. Bagi Bapak/ Ibu dosen pembimbing serta para narasumber yang bersedia meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Semoga, dukungan yang telah diberikan dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi banyak orang.

Penulis menyadari bahwa makalah ini mungkin masih jauh dari kata sempurna. Keluputan dan kekurangan di sana-sini barangkali masih ada. Maka, mohon maklumi dan maafkanlah kelemahan tersebut. Jika berkenan, penulis akan dengan senang hati menerima masukan bermanfaat dari para pembaca sehingga penulis bisa menghasilkan makalah yang lebih baik lagi di kemudian hari. Terima kasih.

Contoh Kata Pengantar Makalah 10

Setelah bergelut dengan perjuangan yang panjang, makalah ini akhirnya dapat rampung juga. Tentu saja, kami sebagai tim penyusun makalah ini sangat bersyukur atas rampungnya makalah ini. Kami menghaturkan syukur yang paling dalam bagi Allah Yang Maha Pembimbing. Kami pun juga ingin menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat untuk memberi dukungan bagi kamid alam penyelesaian makalah ini.

Makalah ini disusun guna memberikan gambaran umum mengenai kegiatan mitigasi bencana alam. Setiap orang, tentu tidak mengharapkan adanya bencana. Tapi, mengetahui langkah tepat untuk menghadapi bencana alam adalah hal penting. Sebab, kita tidak akan tahu apa yang mungkin menimpa kita di masa depan. Setidaknya, dengan memahami gambaran umum mitigasi bencana ini, para pembaca bisa melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terburuk yang bisa menimpa, sembari berharap agar tetap bisa mendapatkan jalan terbaik dalam kehidupan.

Harapan kami, makalah ini bisa memberikan manfaat sebesar mungkin bagi siapa pun yang membacanya. Semoga para pembaca juga berkenan memaafkan jika dalam makalah ini terdapat kekurangan dan kesalahan. Kami pun akan merasa lebih senang jika ada pembaca yang berkenan memberikan saran dan kririk membangun bagi kami. Jadi, di penyusunan makalah berikutnya, kami bisa menyajikan sesuatu yang lebih baik. Terima kasih.

Demikian beberapa contoh kata pengantar makalah yang dapat diuraikan dalam artikel kali ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik. Selamat belajar.

Bacaan lain: