Cara Menulis Salutation Surat (Salam Pembuka dalam Surat Bahasa Inggris)

Salam pembuka atau salutation adalah hal yang umum berada pada sebuah surat. Setiap surat, apa pun jenisnya selalu membutuhkan salam pembuka. Salam pembuka berperan sebagai pelengkap paling awal dari sebuah surat, baik itu surat pribadi, maupun surat niaga.

Lantas, apa itu salam pembuka? Atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai salutation? Salam pembuka atau salutation adalah salah yang ditujukan kepada pembaca surat, yang namanya tercantum pada alamat surat.

Salam pembuka ini berperan untuk menunjukkan hubungan antara penulis surat dengan pembaca surat. Hubungan tersebut, dapat berbentuk hubungan resmi maupun hubungan tidak resmi. Bentuk hubungan ini pun, bisa dilihat dari bagaimana salam pembuka surat disampaikan.

Standar cara penulisan salam pembuka dalam surat bahasa Inggris dan dalam surat pada bahasa Indonesia pada dasarnya sama saja. Hanya saja, memang dari segi bahasanya yang berbeda.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis salam pembuka dalam surat niaga bahasa Inggris. Ada beberapa bentuk salutation dalam surat niaga bahasa Inggris, baik yang bersifat resmi maupun yang tidak resmi.

Penggunaan salam pembuka ini pun juga harus disesuaikan dengan hubungan antara pengirim surat terhadap orang atau perusahaan yang dikirimi surat. Selain itu, ada juga dua style yang bisa diikuti, yakni British style atau American style.

Agar lebih jelas bagaimana penggunaan salam pembuka dalam bahasa Inggris, berikut ini ada beberapa ketentuan dan contoh yang bisa diperhatikan.

1# Surat yang ditujukan untuk seseorang tertentu dalam suatu perusahaan

Surat jenis ini misalnya bila ditujukan pada hanya : Kepala Personalia, atau Manajer Pemasaran, atau Kepala bagian Pengadaan Barang, dan lainnya, yang sifatnya individu mewakili perusahaan.

Penulisan salam pembuka yang digunakan :

Dalam British style :

  1. Dear Sir,
  2. Dear Madame

Dalam American style :

  1. Dear Sir,
  2. Gentlemen,

2# Jika surat ditujukan kepada perusahaan perseroan atau kepada lebih dari satu orang

Maka, berikut ini penulisannya, dalam British style :

  1. Dear Sirs,
  2. Dear Mesdames,

Dalam American style :

Gentlemen,

3# Jika surat ditujukan kepada seseorang yang telah dikenal namanya dalam suatu perusahaan

Penulisannya dalam British style :

  1. Dear Mr. George,
  2. Dear Mrs. Hudson,

Penulisan dalam American style :

  1. Dear Mr. George,
  2. Dear Mrs. Hudson,

Setelah menulis bagian salam pembuka surat, berikutnya langsung masuk Body of the letter atau isi surat. Dalam surat bahasa Inggris, isi surat dibagi dalam tiga bagian utama yakni :

  1. Opening paragraph
  2. Message of the letter
  3. Closing paragraph

Untuk penjelasan mengenai cara membuat isi surat dalam bahasa Inggris, mulai dari opening paragraph hingga closing paragraph dijelaskan dalam artikel terpisah.

Referensi:

Cyssco, Dhanny R. 2009. Practical Business Correspondence : Panduan Praktis Korespondensi Niaga Bahasa Inggris. Jakarta : Kesaint Blanc.

Materi lain: