Cara Menggunakan Sub Material pada 3DS Max

1. Buka aplikasi 3Ds Max, disini saya menggunakan 3Ds Max 7

2. Siapkan sebuah objek.

3. Kemudian berikan modifier edit poly.

4. Kemudian buka editor materialnya, bisa menekan tombol M pada keyboard atau dengan seperti dibawah ini

5. Setelah muncul editor material, kemudian klik tombol Standard kemudian pilih Multi/SubObject

6. Kemudian akan muncul pemberitahuan, klik OK saja.

7. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini

8. Berikan nama pada kolom name kemudian klik default (standard), maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

9. Kemudian klik tombol standard dan pilih Mtl Library untuk mengambil material yang sudah disediakan 3Ds max

10. Kemudian pilih salah satu material sesuai keinginan kamu.

11. Maka secara otomatis akan kembali ke menu sebelumnya.

12. Kemudian klik tanda panah ke atas, agar kembali ke menu awal.

13. Maka tampilannya akan seperti ini

14. Oke, setelah selesai melakukan tahap ini, sembunyikan dulu editor materialnya dengan menekan tombol M pada keyboard. Kita akan kembali ke lembar kerja awal.

15. Pada editor edit poly (lihat kanan bawah) pada pilihan selection pilihlah polygon, agar kita dapat menyeleksi satu sisi saja pada objek yang telah kita buat.

16. Kemudian pilih sisi pada objek kamu yang ingin kamu berikan material yang telah kita buat sebelumnya.

17. Kemudian seting set ID dan Select ID nya, ganti dengan angka 1, karena material yang kita buat sebelumnya diletakkan di nomor 1.

18. Kemudian kembali lagi ke editor material, tekan tombol M pada keyboard.

19. Kemudian pilih pilihan Assign Material To Selection

20. Maka hasilnya adalah hanya sisi yang kita seleksi saja yang akan mendapatkan material.

21. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang lainnya, dengan cara mengulangi langkah langkah yang telah saya berikan.

22. Dan seperti ini hasilnya.

Demikian tutorial kali ini. Selamat mencoba.

*Penulis: Langgeng