Cara Membuat Kata Pengantar dalam Berbagai Karya Tulis dan Contohnya

Setiap pelajar tentunya akan sering bergelut dengan berbagai karya tulis. Entah itu, karya tulis berupa laporan penelitian, esai, makalah, skripsi, tesis atau mungkin buku. Satu hal yang tak boleh terlewat dalam karya tulis tersebut adalah keberadaan kata pengantar. Jadi, memahami bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar tentu adalah hal mutlak.

Meski tampaknya sepele, tapi membuat kata pengantar sering membingungkan. Terutama, bagi yang masih tidak terbiasa untuk menuliskan kata pengantar di karya tulisnya. Untuk itu, ada baiknya Kamu mulai belajar memahami, bagaimana cara membuat kata pengantar dalam berbagai karya tulis dengan baik dan benar. Supaya lebih paham, perhatikan juga berbagai contoh kata pengantar yang juga akan disajikan nanti.

Apa itu Kata Pengantar?

Sebelumnya, Kamu perlu paham dulu, apa itu kata pengantar? Seperti namanya, kata pengantar adalah bagian halaman dari karya tulis yang isinya berupa ucapan-ucapan penulis untuk mengantarkan pembaca memasuki dan memahami isi dari karya tulis yang telah dibuatnya.

Biasanya, dalam kata pengantar ini pula, si penulis karya tulis menyampaikan rasa syukurnya atas terselesaikannya karya tulisnya tersebut. Jika ada pihak yang terlibat dalam penyusunan dan mendukung penyelesaian karya tulis itu, penulis juga akan menyampaikan rasa terima kasihnya dalam kata pengantar ini.

Selain itu, kata pengantar juga perlu dilengkapi dengan gambaran paling awal tentang tema apa yang akan disajikan dalam karya tulis, disertai tujuan serta manfaat penulisannya. Sebagai penutup di kata pengantar, si penulis bisa menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dalam karya tulisnya serta meminta kritik dan saran demi membangun tulisannya tersebut agar bisa lebih baik.

Kenapa Menulis Kata Pengantar itu Penting?

Pertanyaan menggelitik tentang kata pengantar adalah, kenapa harus menulis kata pengantar? Apa pentingnya? Walau seolah adalah bagian yang sepele, tapi kata pengantar ini juga merupakan bagian penting dari sebuah karya tulis. Jadi, Kamu tidak boleh melewatkannya begitu saja.

Kata pengantar menduduki posisi yang sama pentingnya dengan daftar isi, daftar tabel, daftar pustaka, juga biografi si penulis dalam sebuah buku. Walau cuma satu bagian singkat, tapi jika tidak ada bagian-bagian tersebut, si pembaca tentu akan bingung ketika hendak berselancar dalam buku tersebut, bukan?

Begitu pula kata pengantar, bagian ini akan menunjukkan sisi profesionalitas dari si penulis. Selain itu, kata pengantar menunjukkan bahwa si penulis menyampaikan rasa hormatnya kepada para pembaca.

Struktur Kata Pengantar

Ketika menulis kata pengantar, kita perlu memperhatikan gaya bahasa yang digunakan. Untuk kata pengantar pada karya tulis secara umum, kita tidak boleh menggunakan gaya bahasa yang santai apalagi alay. Gaya bahasa yang digunakan harus gaya bahasa formal dan dengan kalimat efektif.

Gaya bahasa formal yang ditulis dengan kalimat efektif akan membantu para pembaca dari semua kalangan untuk memahami maksud dari tulisan Kamu. Intinya, tulisan Kamu bisa lebih mudah dipahami. Jika sudah terbiasa menulis kata pengantar, tentu Kamu tidak akan kesulitan lagi dalam membuatnya.

Tapi, bagi yang belum tahu, mungkin kamu butuh informasi dulu tentang struktur kata pengantar. Dengan mengetahui struktur kata pengantar, Kamu akan lebih mudah dalam membuat kata pengantar dalam berbagai bentuk karya tulis.

Struktur umum kata pengantar ada tiga, yakni : (1) pembukaan, (2) isi, (3) penutup.

(1) Pembukaan

Paragraf pertama kata pengantar merupakan bagian pembukaan. Pembukaan ini juga bisa dibuat dalam dua paragraf. Isinya berupa ucapan syukur penulis atau tim penyusun karya tulis karena proses penggarapan makalah sudah berhasil diselesaikan, entah dengan mudah atau dengan kesulitan tertentu.

Intinya, syukur ini ditujukan atas terselesainya karya tulis tersebut kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sekaligus sebagai ucapan terima kasih kepada para pihak yang terlibat dan telah membantu penyusunan karya tulis tersebut. Ucapan syukur dan terima kasih ini bisa disesuaikan dengan jenis karya tulis dan juga apakah ada pihak lain yang mendukung proses pembuatan karya tulis tersebut.

Peletakan ucapan terima kasih sendiri biasanya setelah ucapan syukur. Pihak yang perlu diberi ucapan terima kasih hanya pihak yang terlibat dan berkontribusi terhadap penyusunan karya tulis. Jadi, jika tidak ada dukungan langsung, seperti misalnya terima kasih kepada pacar tersayang yang telah membuatkan kopi ketika menulis, itu tidak perlu ya. Apalagi, kepada kucing yang telah menghibur di kala penat menggarap karya tulis.

Pilah dan pilih pihak mana saja yang memang ada kaitannya dengan penyusunan karya tulis, karena sifatnya yang formal. Semisal, kepada Bapak Ibu Guru kelas atau guru pembimbing. Bisa juga bagi dosen pembimbing atau dosen mata kuliah tertentu, juga bagi Dekan atau Rektor universitas, juga pada narasumber jika memang ada.

(2) Isi

Isi kata pengantar idealnya berupa gambaran umum tentang karya tulis yang dibuat. Bagian isi ini biasanya memuat tema yang diusung dari karya tulis, juga bisa dengan menunjukkan judul karya tulis. Kemudian, disertai sedikit penjelasan tentang apa saja yang akan dibahas dan bagaimana karya tulis itu dibuat.

Bagian isi kata pengantar juga bisa memuat tujuan dan harapan penulis terhadap karya tulisnya. Akan tetapi, sebaiknya kata pengantar tidak menyajikan terlalu detail tentang isi buku. Cukup jelaskan gambaran umum secara singkat dan padat untuk mengantarkan pembaca memahami apa yang akan diperoleh dalam buku tersebut.

(3) Penutup

Bagian penutup karya tulis biasanya berisi ucapan permohonan maaf dari penulis, jikalau dalam karya tulis tersebut masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Penulis juga bisa menyampaikan keinginannya jika ia berkenan mendapatkan kritik dan saran dari para pembaca.

Tentunya, dengan cara ini pembaca akan lebih memaklumi jika ada ketidaksempurnaan dalam karya tulis tersebut. Selain itu, pembaca yang berkenan memberi kritik saran membangun juga tidak ragu menyampaikannya karena si penulis telah mempersilahkan.

Nah, sudah jelas ya, bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar dalam berbagai bentuk karya tulis. Tapi, Kamu tidak boleh hanya bergantung pada contoh kata pengantar yang sudah ada ketika menuliskan kata pengantar. Jika kamu memahami, Kamu bisa berkreasi sendiri untuk membuat kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini akan disajikan contoh kata pengantar dalam berbagai bentuk karya tulis. Contoh – contoh kata pengantar ini bisa Kamu jadikan referensi ketika hendak membuat kata pengantar. Tapi, berikutnya Kamu harus membuat kata pengantarmu sendiri dengan menyesuaikan isi karya tulismu ya.

1# Contoh Kata Pengantar Makalah

Penulis menghaturkan rasa syukur mendalam kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, atas tuntunan-Nya makalah ini akhirnya bisa terselesaikan. Tak lupa, penulis juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung terselesainya penulisan makalah ini. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk menguraikan gambaran permasalahan sosial yang dianggap penting dalam masyarakat.

Tema makalah yang diangkat dalam makalah ini adalah tentang “upaya mengatasi penyimpangan sosial remaja di media sosial”. Penulis mengangkat tema ini karena permasalahan tersebut dianggap sebagai permasalahan pokok dalam masyarakat belakangan ini. Maraknya media sosial membuat para remaja kecanduan menjadi pengguna sosial media. Namun, permasalahan lain muncul karena adanya penyimpangan sosial yang bisa disebabkan oleh perilaku candu terhadap media sosial ini. Karenanya, makalah ini diharapkan mampu menjadi wadah penyampaian gagasan untuk upaya mengatasi permasalahan tersebut.

Penulis sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna. Karenanya, dengan senang hati penulis menyampaikan rasa keterbukaannya untuk menerima segala kritik dan saran yang sifatnya membangun. Penulis juga mohon maaf atas ketidaksempurnaan tersebut. Semoga dalam ketidaksempurnaan makalah ini, tetap ada manfaat yang sebesar-besarnya yang bisa disampaikan bagi para pembaca secara khusus dan masyarakat secara umum.

Simak contoh lain di 10 Contoh Kata Pengantar Makalah.

2# Contoh Kata Pengantar Skripsi

Rasa syukur yang sangat mendalam penulis haturkan kepada Tuhan, Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa. Atas berkat rahmat dan tuntunan-Nyalah, penulis akhirnya bisa menyelesaikan skripsi ini. Dengan penuh kerja keras dan ketelitian, penulis berusaha untuk bisa menyelesaikan skripsi ini dengan sebaik-baiknya. Akhirnya, skripsi ini dapat menjadi jalan kelulusan bagi penulis untuk mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Politik.

Penulis juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas dukungan setiap pihak, terutama pada :

1) Prof. Dr. Budi Utomo selaku Rektor Universitas Portal Indonesia yang bertanggung jawab atas perijinan dan kelancaran kegiatan penelitian skripsi.

2) Drs. Darma Raharjo, M.A, yang telah memberi persetujuan dan perijinan penelitian sehingga penelitian skripsi dan pengumpulan data bisa berjalan lancar.

3) Dra. Marganingsih, selaku Kaprodi Ilmu Politik sekaligus Pembimbing I yang senantiasa dengan sabar memberikan arahan, bimbingan serta motivasi untuk membimbing penulis melakukan penelitian yang sesuai dengan kaidah keilmuan.

4) Ibu Linda Raidanawan, M.Si selaku pembimbing II yang telah berkenan meluangkan waktu dan pikirannya sehingga penulis dapat termotivasi dan terarah dalam menyelesaikan skripsi.

5) Bapak Yogi Didianto, S, Sos,. M.A. Ph.D, selaku kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta yang bersedia memberikan izin penelitian dan pengumpulan di wilayah kerjanya, serta sekaligus menjadi narasumber utama, sehingga penulis bisa mendapatkan data valid untuk landasan analisis dalam skripsi.

Serta pihak-pihak lain yang berkontribusi terhadap penyusunan skripsi ini, tetapi tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu. Semoga Tuhan memberikan balasan kebaikan yang berlimpah atas dukungan kepada penulis.

Penyusunan skripsi ini berusaha untuk memetakan tentang bagaimana peran pemerintah dalam memberdayakan UMKM di Kota Surakarta secara maksimal. Dengan demikian, diharapkan gambaran tersebut bisa memberi manfaat sebesar-besarnya agar tentang upaya terbaik dalam usaha pemberdayaan masyarakat dalam hal ekonomi.

Penulis menyadari bahwa penulisan skrispi ini masih terdapat ketidaksempurnaan. Untuk itu, penulis mohon maaf atas kekurangan dan ketidaksempurnaan tersebut. Jika para pembaca berkenan, penulis akan dengan senang hati menerima segala masukan dan saran. Tak lupa, penulis berharap masyarakat secara luas dapat memperoleh manfaat dari tulisan skripsi ini.

3# Contoh Kata Pengantar Tesis

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Alhamdulillahhirabbilalamin. Syukur atas segala berkah dan nikmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada penulis sehingga penulis akhirnya dapat menyelesaikan tesis ini yang berjudul “PENGELOLAAN KEMANDIRIAN SISWA SMK NEGERI 99 MADIUN (Studi Kasus Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran)”. Tesis ini secara bertujuan untuk dapat mengamati dan memahami mengenai kemandirian siswa.

Bagi penulis, tema ini sangat menarik karena dapat memberikan inspirasi tentang pentingnya kemandirian bagi para siswa sebagai generasi bangsa. Apalagi, kemandirian adalah tonggak bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkarakter. Untuk menumbuhkan karakter yang kuat tersebut, dibutuhkan kerjasama dari setiap elemen masyarakat dan kepemerintahan. Hal ini akan memungkinkan terbangunnya suatu masyarakat yang mandiri dan berkarakter seperti tujuan pendidikan nasional, yang juga diadopsi sebagai visi SMK Negeri 99 Madiun.

Penulis berharap agar penelitian tesis ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan para pembaca, sekaligus dapat menjadi motivasi bagi setiap pihak yang berkepentingan. Tak lupa, penulis juga menyampaikan rasa terima kasih mendalam atas segala dukungan yang diberikan semua pihak, yang karena mereka, studi S2 dan penelitian tesis ini bisa selesai dengan baik dan lancar.

Wassalamualaikum, Wr.Wb

4# Contoh Kata Pengantar Buku Referensi

Rasa syukur kami haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Besar, karena telah membimbing tim penulis untuk merampungkan penyusunan buku referensi ini. Buku ini ditulis untuk memberikan gambaran detail mengenai aspek perpajakan yang berlaku di Indonesia, terutama tentang Pajak Penghasilan.

Sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya jika kita taat pajak. Salah satu jenis pajak yang melekat bagi tiap-tiap individu atau wajib pajak adalah Pajak Penghasilan atau yang dikenal sebagai PPh. Pajak merupakan salah satu sumber penghasilan negara yang kemudian akan dimanfaatkan untuk pembangunan nasional. Artinya, dengan taat membayar pajak, kita telah berperan aktif membantu pembangunan nasional. Pada akhirnya, muara dari pembangunan nasional ini akan dinikmati sebagai kesejahteraan masyarakat.

Berbagai informasi mengenai perpajakan memang penting untuk kita pahami sebagai seorang wajib pajak. Langkah kita dalam membayar pajak juga harus didasari undang-undang atau peraturan yang berlaku. Buku kumpulan Undang Undang Pajak Penghasilan ini disajikan untuk membantu Anda memahami berbagai peraturan perundangan-undangan terkait pajak penghasilan. Berbagai peraturan terkait PPh, lengkap disajikan dalam buku ini dengan susunan yang sistematis.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi para pembaca. Tak lupa, jika ada kekurangan dalam penyusunan buku ini, penulis menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Tak lupa, penulis memohon kritik dan saran dari para pembaca demi perbaikan buku ini selanjutnya. Terima kasih.

Bacaan lain: