Cara Cek Plagiarisme: Daftar Aplikasi Cek Plagiat yang Bisa Anda Coba!

Hasna Wijayati

  • 30
    Shares

Kasus plagiasi dalam dunia literasi adalah hal yang gawat. Apalagi, bila plagiasi tersebut dilakukan oleh kalangan akademisi. Kaum -kaum intelektual yang seharusnya mampu menghasilkan karya positif yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa, justru menghancurkan perjuangan itu sendiri.

Tak heran, kasus plagiasi yang ketahuan semakin marak ini, membuat kaum intelektual “jujur” merasa geregetan. Plagiat harus dihentikan. Pertanyaannya, bagaimana cara cek plagiarisme yang bisa kita lakukan?

Jawabannya sangat sederhana. Di era modern seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mendeteksi plagiat. Yakni, dengan memanfaatkan aplikasi cek plagiat yang banyak tersedia di dunia maya. Tentunya, aplikasi cek plagiat seperti ini amat penting diketahui oleh para penggiat intelektual.

Bagi para pengajar seperti guru, dosen, para peneliti, juga termasuk bagi mahasiswa dan siswa, tentunya Anda harus tahu apa saja web cek plagiat yang bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, anda bisa mengecek plagiarisme dengan lebih mudah, yakni secara online.

Dengan catatan, tulisan yang diplagiasi juga harus tersedia di dunia maya ya. Tapi jangan khawatir, sekarang, banyak karya tulis (baca lebih lanjut cara membuat makalah) yang sudah ditempatkan dalam dunia maya. Jadi, aplikasi cek plagiat ini tentunya bisa sangat bermanfaat.

Langsung saja, kita simak apa saja daftar aplikasi cek plagiat online yang bisa Anda manfaatkan berikut ini ya.

1) Plagiarism Checker dari SmallSEOtools

Aplikasi ini sebetulnya lebih sering digunakan oleh para blogger untuk mengecek kualitas artikel yang mereka hasilkan untuk website. Para blogger biasanya juga terikat oleh keharusan menyediakan konten yang berkualitas, yang bebas dari plagiasi. Itu sebabnya, mereka membutuhkan tools atau alat atau aplikasi yang bisa mendeteksi plagiat.

Anda pun bisa memanfaatkan plagiarism checker dari smallseotools.com untuk mendeteksi karya tulis Anda, atau anak didik Anda, apakah sudah bebas dari plagiat atau belum. Dalam satu waktu pendeteksian, Anda bisa meletakkan hingga 5000 karakter sekaligus.

Cara menggunakannya sangat mudah, dan yang lebih penting, aplikasi pendeteksi plagiat ini gratis. Cukup kunjungi situsnya, pilih bagian plagiarismchecker, copy dan paste-kan bagian tulisan, lalu dapatkan hasilnya. Akan terdapat persentase kemiripan tulisan dengan berbagai tulisan yang telah tersedia di dunia maya.

Silahkan buka link smallseotools.com

2) Unicheck

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pendidik, peneliti, peserta didik, penulis, juga editor. Bisa dibilang, web pendeteksi plagiat ini cukup populer. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda bisa langsung mengunjungi website unicheck, lalu letakkan tulisanmu pada kotak yang tersedia.

Hebatnya, aplikasi dari unicheck ini mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan, dan hanya dengan waktu 4 detik per teks-pemindaian, tanpa harus disertai penurunan kecepatan. Menarik bukan?

Menariknya lagi, unicheck mampu mengecek bagian terkecil dari hasil tiruan yang Anda berikan. Setidaknya, unicheck mampu memindai hingga 16 miliar halaman dan dokumen di Google dan Bing. Laporan plagiat berupa persentase dan hyperlink menuju sumber aslinya akan diberikan kepada Anda setiap kali selesai memindai.

Sayangnya, untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus berlangganan dengan cara membayar ya. Jika memang Anda sering memanfaatkan fasilitas situs ini, biayanya bisa dibilang murah, yakni sekitar us$ 5 saja. Tapi, sebelum memutuskan untuk membayar biaya langganan, Anda bisa melakukan percobaab gratis hingg 275 kata.

Silahkan kunjungi link unicheck.com

3) DupliChecker

Duplichecker adalah aplikasi yang menyediakan layanan untuk mendeteksi plagiat yang bisa dimanfaatkan dengan cara mudah. Anda bisa copy paste tulisan dalam kotak yang disediakan, atau bisa juga dengan meletakkan URL nya. Dalam sekejab, akan ada hasil berupa link menuju kontan yang diplagiasi jika memang terdeteksi plagiat.

Namun, Anda membayar jika ingin memanfaatkan aplikasi ini sepenuhnya. Jika tidak ingin membayar, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis, yang hanya bisa digunakan secara terbatas. Layanan gratis tanpa registrasi ini bisa digunakan hanya satu kali saja dalam satu hari, dan terbatas 1500 kata.

Silahkan kunjungi link www.duplichecker.com

4) Writecheck

Aplikasi writehack adalah aplikasi menarik yang akan mendeteksi plagiarism dalam tulisan. Tak hanya itu, hal menarik dari aplikasi writeheck adalah kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan.

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Anda bisa upload dokumen yang akan dipindai dalam format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. Lalu, Anda bisa mendapatkan hasil berupa laporan plagiarisme yang disertai link langsung menuju sumber plagiasi.

Meski dinilai sebagai situs bermanfaat dan menarik, tapi sayangnya Anda tidak bisa mencoba aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Anda harus melakukan registrasi dan berlangganan untuk bisa menikmati manfaatnya.

Silahkan buka link en.writecheck.com

5) Copyscape

Bagi yang ingin aplikasi plagiarism checker gratis, situs ini mungkin bisa jadi pilihan tepat bagi Anda. Anda bisa mengunjungi copyscape dan menjajal bagaimana situs ini bisa mengetes seberapa jauh tulisan Anda terdeteksi plagiat.

Selain akun gratis yang bisa dimanfaatkan, Anda juga boleh juga memilih akun berbayar. Tentunya, akun berbayar menawarkan fasilitas yang lebih kompleks. Bagi para blogger, Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi berupa perlindungan situs agar situs Anda bisa dipantau dari tindak plagiasi. Ketika ada situs yang memiliki konten mirip dengan tulisan di situs Anda, maka Anda pun akan mendapat email peringatan. Tertarik?

Silahkan kunjungi link www.copyscape.com

6) PlagScan

Dengan plagscan, Anda bisa langsung melakukan deteksi plagiat dengan cara copy paste tulisan di kolong yang sudah disediakan. Bisa juga Anda upload file yang akan dipindai dalam format ms word dan pdf. Hasil teks yang dipindai adalah berupa persentase kemiripan tulisan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya. Ada fasilitas percobaan gratis untuk menjajal situs ini.

Silahkan buka link www.plagscan.com

7) Viper anti-plagiarism scanner

Cara cek plagiarisme kali ini tidak dilakukan dengan cara langsung mengunjungi situs. Untuk memanfaatkan website pendeteksi plagiat berupa viper anti-plagiarism scanner, Anda bisa mengunduh aplikasinya, lalu diinstal di perangkat komputer. Lalu, lakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah install dan registrasi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriksa seberapa dalam plagiasi yang ditemukan pada tulisan Anda. Ada sekitar 10 milliar sumber yang tersedia untuk diperbandingkan dengan tulisan Anda.

Silahkan buka link www.scanmyessay.com

8) PlagTracker

PlagTracker berbentuk aplikasi yang bisa dimanfaatkan secara online. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memindai seberapa jauh plagiasi yang terdeteksi pada tulisan Anda. Anda bisa mendapatkan laporan hasil plagiasi disertai dengan sumber dari tulisan yang dianggap mirip dengan tulisan Anda.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi plagiarisme ini secara gratis, namun hanya hingga 5.000 kata saja. Jika ingin mendapatkan fasilitas lebih, Anda bisa menjadi anggota premium. Sebagai anggota premium, Anda bisa menikmati laporan otomatis terhadap penggunaan tata bahasa dalam jumlah yang tidak terbatas untuk teks yang Anda upload.

Silahkan kunjungi link www.plagtracker.com

9) PlagiarismChecker.com

Pada situs ini, Anda bisa mendapatkan fasilitas pendeteksi plagiat dari tulisan -tulisan Anda secara gratis dan mudah. Situs ini akan mencari berbagai tulisan yang dideteksi oleh search engine Google dan Yahoo.

Silahkan buka link www.plagiarismchecker.com

10) Dustball

Dengan menggunakan situs dustball, Anda bisa menikmati layanan untuk mendeteksi apakah tulisan Anda memiliki kemiripan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya atau tidak. Menariknya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis.

Silahkan kunjungi link www.dustball.com

Nah, itulah rangkuman dari situs situs atau aplikasi cek plagiat yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda kaum intelektual, atau para penggiat dunia literasi, tentunya situs situs ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Bagi para dosen, para guru, dan juga para pelajar, Anda bisa mempelajari cara cek plagiat ini dengan baik, lalu memanfaatkannya demi mendorong kemajuan dunia literasi dan pendidikan. Selamat mencoba ya.

23 Replies to “Cara Cek Plagiarisme: Daftar Aplikasi Cek Plagiat yang Bisa Anda Coba!”

  1. Afrizal berkata:

    Mohon maaf bu
    Apakah saya bisa memplagiasikan karya tulis saya kepada ibu?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Hallo Kak Afrizal.
      Maaf, maksudnya bagaimana ya? Apakah saya yang mengecekkan plagiasinya?
      Kakak bisa langsung cek sendiri lewat aplikasi yang dicontohkan kog. Kalau yang biasa kami pakai adalah aplikasi pada nomor pertama atau smallseotools. Aplikasi tersebut mudah digunakan dan gratis untuk berkali -kali penggunaan.
      Semoga bermanfaat

  2. Sandy berkata:

    selamat siang Ibu. apakah smallseotools dapat dipakai berulang kali dalam waktu yang lama, tidak bebiaya.? Makasi

  3. Dedy lesmana berkata:

    Bagaimana cara untuk mengetahui persentase hasil karya ilmiah kita apa plagiat atau tidak ?. D smalsetools

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Tinggal copy paste tulisan karya ilmiah tersebut ke smallseotools (maksimal hanya 1000 kata). Kemudian klik check plagiarism. Nanti akan muncul hasilnya.

  4. indra berkata:

    terimakasih gan

  5. lenny berkata:

    mohon maaf bertanya, saya sudah copy paste trus saya check plagiarism tapi kok tidak bis itu kenapa ya?

  6. Yoyo berkata:

    Kalau semisal saya punya file yang total katanya ada 5000, lalu saya ingin check via smallseotools, otomatis harus bagian per bagian (1000 kata). untuk mengetahui hasil akhir uji plagiat dari file yang saya punya, cara menghitungnya bagaimana ya?
    mohon pencerahannya.

  7. bulbulan berkata:

    kalau semisal saya ingin mengecek sutu file dalam format pdf atau dalam bentuk url aplikasi manakah yg lebih baik saya gunakan. mohon bantuannya. terimakasih

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Hallo Kak,

      Untuk yang free dan cukup mudah digunakan, kita biasa pakai plagiarism checker dari small seo tools (no 1). Tapi jika ingin yang lebih proesional bisa coba DupliChecker untuk artikel dengan URL atau Writecheck untuk lampiran file. Namun, ada keterbatasan penggunaan untuk member tak berbayar ya. Yang lebih banyak digunakan lagi dan diakui akademisi Indonesia, ada Turnitin. Ini berbayar, tapi maaf, applikasi cek plagiat Turnitin belum disebutkan di artikel ini.

      Semoga bermanfaat.

  8. aprill berkata:

    apa maksud dari uniqe tersebut ???? bagaimana cara kita mengetahui bahwa plagiat dan hasil yang kita tulis ? terima kasih

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Hallo Kak,
      Unik dalam cek plagiat ini berarti tulisan kita memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya tidak terdeteksi mirip dengan konten lain, sehingga berdasarkan sistem yang digunakan, tulisan tersebut bisa dibilang tidak plagiat. Untuk mengetahuinya, bisa digunakan tools/ aplikasi yang ada Kak. Nanti setelah kita cek tulisan kita, akan muncul presentase terkait tingkat kemiripan tulisan kita dengan berbagai tulisan lain yang tersebar di dunia maya. Jika banyak kemiripan, presentase unik akan semakin kecil. Tapi jika miripnya sedikit atau bahkan original tanpa mirip tulisan lain, nilai presentase akan semakin tinggi.

      Semoga membantu.

  9. ujaey bob berkata:

    yang paling bener2 akurat pakai apa ya cek plagiat

  10. dohan devandra berkata:

    mbak saya punya tugas dengan 4500 kata yang bagus untuk mengecheck dimana ya ?

  11. ade silvia berkata:

    Assalamualaikum ..selamat siang kk
    mau tanya seputar plagiat yang smallseotools , apakah bisa di download aplikasinya
    terima kasih

  12. Aisah berkata:

    Utk cek plagiarisme yg bisa selalu dipakai dan free yg mana ya? Terbatas kata tidak apa2 yg penting selalu bisa digunakan. Jadi bukan sekedar trial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *