Biografi Adam Smith

Adam Smith merupakan tokoh yang mencetuskan lahirnya ekonomi kapitalis, yang sampai saat ini masih diterapkan di negara – negara Amerika dan Negara – Negara Eropa. Sistem ekonomi kapitalis merupakan suatu sistem ekonomi yang mengedepankan untuk memupuk modal secara besar – besaran. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18/ 19.

Adam Smith dijuluki sebagai bapak ekonomi kapitalis, karena beliau yang menggagas tentang lahirnya ekonomi kapitalis. Nama lengkap dari Adam Smith yaitu John Adam Smith. Adam Smith dilahirkan di Kirkcaldy, Skotlandia.

Adam Smith lahir pada tanggal 5 Juni 1723. Smith merupakan pelopor ekonomi kapitalis yang berhasil mengeluarkan karyanya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nation atau yang disingkat dengan The Wealth of Nations. Buku ini merupakan buku pertama yang menggambarkan tentang sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar – dasar dari perkembangan perdagangan bebas kapitalime.

Adam Smith merupakan tokoh pendiri dari konsep – konsep dan teori – teori ekonomi politik klasik. Bukan hanya Adam Smith saja yang terlibat dalam didirikannya ekonomi politik klasik, namun ada juga tokoh lain yang terlibat, yaitu David Ricardo, Thomas Malthus, dan J. S. Mill. Munculnya pemikiran ekonomi politik klasik, pada akhir abad ke – 18.

Adam Smith sebagai seorang pendiri ekonomi klasik, semula merupakan seorang filsuf. Smith berusaha keras untuk menjadi seorang yang moralis dan untuk mencapai itu, Smith menjadi seornag ekonom. Pada saat, Smith mempublikasikan tentang The Theory of Moral Sentiments, pada tahun 1759, kapitalisme modern baru saja dikenal.

Smith terkesima dengan pandangan kapitalisme, yang seolah memberikan kekuatan baru. Smith bukan hanya tertarik pada angka – angka, namun juga dampaknya pada kehidupan manusia. Artinya terdapat suatu fakta bahwa kekuatan ekonomi dengan cepat dapat mengubah cara orang bertindak dan berpikir dalam situasi tertentu yang dihadapi.

Topik yang hendak diungkapkan oleh Adam Smith yaitu friksi antara keinginan individu dan norma – norma yang hidup di dalam masyarakat. Adam Smith pada tahun 1776 mengeluarkan karya terbesarnya berupa buku yang membahas tentang dukungan terhadap sistem pasar bebas yang diyakini oleh Smith akan menghasilkan kebaikan bagi masyarakat luas. Untuk menggambarkan terjadinya suatu keuntungan atau kebaikan yang tidak terduga akibat upaya seseorang yang pada awalnya hanya bertujuan mencari keuntungan secara pribadi, dinamakan dengan tha invisible hand atau tangan yang tidak terlihat.

Konsep penting mengenai tangan yang tak terlihat yang disampaikan oleh Adam Smith, yaitu sebagai berikut.

  1. Adam Smith tidak mengklaim bahwa semua bisnis kepentingan pribadi memiliki keuntungan bagi masyarakat
  2. Adam Smith tidak mendorong kebijakan publik, antara lain peraturan yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi tertentu, tetapi Smith memilih agar masyarakat bekerja sesuai dengan sesuatu yang menurut mereka menguntungkan.

Adam Smith memperjuangkan tentang kebebasan dalam berusaha dan perdagangan bebas. Adam Smith dengan tajam memberikan analisa mengenai proses terbentuknya harga di pasar yang disebabkan interaksi antara penjual, berkaitan dengan penawaran dan biaya produksi, dan pembeli, berkaitan dengan permintaan.

Dalam buku ke V dari The Wealth of Nations, Smith memberikan komentar pada instruksi kualitas rendah dan aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan Skotlandia. The Wealth of Nations memberikan pengaruh yang besar karena membuat bidang ekonomi dan perkembangannya ke dalam disiplin yang sistematis dan berdiri sendiri. Smith dalam the Wealth of Nations mengklaim bahwa kepentingan diri sediri atau pribadi (dalam suatu pengaturan institusional yang berimbang) mampu menuju pada hasil yang dapat menguntungkan secara sosial.

Referensi:

  1. Gilarso, T. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.
  2. Siska, Y. 2015. Manusia dan Sejarah: Sebuah Tinjauan Kapitalis. Yogyakarta: Garudhawaca.
  3. Deliarnov. 2006. Ekonomi Politik. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
  4. Yuana, K.A. 2010. The Greatest Philosophers. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  5. Levitt, S.D dan Dubner, S.J. 2005. Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilustrasi:

ath79.xyz/wp-content/uploads/2016/04/AdamSmith.jpg

portal-ilmu.com

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *