Belajar tentang Benua Australia

Hai, sobat portal-ilmu.com, apa kabar semuanya? Hari ini, akan dibagikan artikel menarik tentang benua lain, yang ada di daratan dunia ini. Namanya benua Australia. Belajar tentang benua Australia, tidak akan menarik rasanya tanpa mengenal tentang batas – batas wilayah benua Australia.

Selain itu, kenampakan alam yang ada di benua tersebut, keadaan penduduknya, bahkan sampai mempelajari tentang keadaan ekonominya. Semua hal – hal tentang benua Australia akan dikupas secara mendalam, dalam pembahasan ini. Selamat belajar.

Asal Mula Benua Australia

Salah satu benua yang ada dibelahan bumi ini yaitu benua Australia. Australia ini merupakan benua yang terakhir kali ditemukan di belahan bumi selatan dan merupakan benua yang terkecil.

Penemuan benua Australia di dasarkan pada pendapat  yang disampaikan oleh Ptolomeous yang telah menyebut adanya Terra Australis Incognita. Artinya adalah daratan selatan yang belum dikenal.

Kemudian, pendapat yang disampaikan oleh Ptolomeous ini direspon oleh seorang pelaut dari Eropa. Pelaut Eropa tersebut sedang berpetualang mencari daratan atau benua di benua selatan tersebut, dan sekaligus penemu benua Australia.

Benua ini ditemukan oleh James Cook. James Cook merupakan seorang laki – laki berkebangsaan Inggris, dan telah menemukan benua Australia pada tahun 1770. Kala itu, James Cook sedang singgah di benua Australia. James Cook yang semula tidak berminat pada benua ini, dia hanya menjadikan benua Australia sebagai tempat pengasingan narapidana dari Inggris.

Namun kondisi tersebut berubah. Ketika James Cook menemukan tambang emas pada tahun 1850. Banyak orang – orang Inggris yang mulai berdatangan ke Australia. Mereka bahkan melakukan tindakan kekerasan. Mereka merebut wilayah – wilayah milik penduduk pribumi dengan menggunakan kekerasan.

Kemudian, pada tahun 1844, Abel Tasman merupakan orang Belanda singgah di Pulau Tasmania. Pada saat itu kondisi Australia masih sangat primitif. Namun, memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Kekayaan alam yang luar biasa menjadikan Australia dan Tasmania dijadikan sebagai kerajaan Inggris. Namun, karena orang  – orang Inggris itu pula, kondisi Australia menjadi berubah.

Pada tahun 1901, orang – orang Inggris mulai membentuk pemerintahan sendiri di Australia. Australia sebenarnya merupakan negara yang merdeka, namun tetap mempunyai hubungan yang khusus dengan kerajaan Inggris.

Karena memiliki hubungan dengan Inggris. Maka, menempatkan Australia sebagai wilayah kekuasaan kerajaan Inggris. Ratu inggris berperan sebagai kepala negara di Australia.

Sedangkan, untuk menjalankan pemerintahan yang ada di Australia dalam kehidupan sehari – hari, maka dipilih seorang perdana menteri. Perdana menteri dipilih melalui pemilu. Kemudian, badan legislatif atau perwakilan rakyat dipegang oleh parlemen.

Penjelasan di atas memberikan gambaran tentang asal usul ditemukannya benua Australia. Benua yang ditemukan oleh pelaut dari Inggris ini merupakan benua yang terkecil di dunia dan sekaligus merupakan negara persemakmuran atau commontwealth of australia. Lebih lanjut, pembahasan di bawah ini akan memberikan pemaparan tentang luas wilayah dan batas wilayah yang dimiliki oleh benua Australia.

Luas Wilayah dan Batas Wilayah Benua Australia

Benua Australia yang dinobatkan sebagai benua yang terkecil di dunia. Dikatakan demikian, sebab benua Australia hanya memiliki luas wilayah sekitar 7,7 juta km2, yang membentang dari ujung teluk Carpentaria sampai menuju ke Pulau Tasmania sejauh 3700 km dan dari pantai barat sampai dengan pantai timur sejauh 3200 km.

Dengan luas wilayah yang demikian, benua Australia masih dibagi lagi menjadi beberapa negara bagian. Pembagian benua Australia menjadi tujuh bagian dengan ibu kotanya masing – masing (yang nantinya juga akan dijelaskan pada artikel ini). Kemudian, pada tahun 1913, Canbera ditetapkan sebagai ibu kota federal di benua Australia.

Benua Australia ini merupakan sebuah benua, namun juga merupakan negara. Australia ini terletak di sebelah tenggara dari Indonesia. Benua Australia merupakan negara yang maju yang berada sangat jauh dari benua Eropa dan Benua Amerika. Sehingga, secara fisik, benua Australia lebih dekat dengan Asia Tenggara.

Secara astronomi, benua Australia berada pada jalur bujur diantara 1130 Bujur Timur (BT) sampai 1550 Bujur Timur (BT) dan berada di garis lintang diantara 100 Lintang Selatan (LS) sampai 430 Lintang Selatan (LS).

Secara geografis, batas – batas wilayah yang dimiliki oleh benua Australia, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.

Demikian kondisi astronomi dan batasan – batasan wilayah yang dimiliki oleh benua Australia. Selanjutnya, pembahasan pada bagian di bawah ini, akan memberikan gambaran tentang keadaan alam yang dimiliki oleh benua Australia.

Keadaan Alam Benua Australia

Benua Australia merupakan benua yang datar. Benua ini hanya memiliki pegunungan dengan ketinggi rata – rata 300 m di atas permukaan air laut. Secara umum, topografi yang dimiliki oleh benua Australia, dapat dibagi menjadi sebagai berikut.

  1. Dataran rendah di bagian timur dan tengah.
  2. Dataran rendah pantai barat.
  3. Dataran rendah pantai timur.
  4. Plato dan gurun di Australia bagian barat.
  5. Rangkaian pegunungan “Great Dividing Range” yang terletak di Australia bagian timur.

Meskipun demikian, kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Australia dibagi menjadi 3 wilayah. Kenampakan alam tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Untuk benua Australia yang terletak di kawasan bagian barat dan tengah, kenampakan alamnya berupa plato. Pada wilayah ini, terdapat gurun pasir Victoria dan gurun Gibson. Selain terdapat gurun, juga terdapat pegunungan. Pegunungan tersebut adalah pegunungan Mac Donald dan Musgrave. Lebih lanjut, sepertiga daratan yang terletak di wilayah barat dan tengah ini berwujud gurun pasir.
  2. Untuk benua Australia yang terletak di kawasan bagian timur. Kenampakan alam yang berada di wilayah timur yaitu barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York yang berada di utara hingga sampai Tasmania bagian selatan. Barisan pegunungan yang memanjang tersebut dinamakan dengan The Great Dividing Range atau pegunungan pemisah besar. The Great Dividing Range tersebut, terdiri dari Pegunungan Alpen – Australia dan New England di sebelah selatan. Puncak tertinggi di benua Australia merupakan gunung Kosciuszko dengan ketinggian 2.230 m di atas permukaan air laut.
  3. Benua Australia yang terletak di kawasan bagian tengah antara plato barat dengan pegunungan timur. Pada wilayah ini terdapat dataran rendah dan lembah sungai Murray – Darling dan lembah danau Eyre. Danau eyre tersebut merupakan danau yang terbesar di Australia.

Lebih lanjut, sungai – sungai yang terdapat di Australia ini tidak tetap airnya. Artinya kering di musim kemarau dan meluap di musim hujan. Akibatnya, sungai yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian sepanjang tahun, yaitu hanya sungai Swan.

Kemudian, benua Australia juga memiliki karang yang terkenal. Karang tersebut terletak di pantai timur laut. Karang tersebut diberikan nama The Great Barrier Reef atau karang penghalang besar. Kenampakan alam berupa karang ini merupakan suatu rangkaian yang terdiri dari kurang lebih enam ratus pulau karang kecil yang terbentang di lebih dari 2000 km. Karang ini merupakan pulau karang yang terbesar di dunia. Bahkan, di sekitar karang ini terdapat taman laut yang sangat indah dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata.

Meskipun, benua Australia memiliki kenampakan alam. Benua ini juga memiliki kenampakan buatan. Kenampakan buatan yang dimiliki oleh benua Australia dan terkenal di dunia, yaitu sebagai berikut.

  1. Gedung Royal Exhibition yang terletak di Melbourne. Gedung Royal Exhibition ini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
  2. Gedung parlemen yang baru, terletak di Canberra.
  3. Gedung opera Sidney. Gedung ini merupakan suatu gedung pertunjukan opera yang sangat megah di Australia.

Setelah diberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Australia. Selanjutnya bagaimanakah iklim, flora, dan fauna yang dimiliki oleh benua terkecil di dunia ini. Yuk, kita lanjutkan lagi, belajar tentang Benua Australia.

Iklim Benua Australia

Benua Australia ini memiliki iklim yang beragam. Keragaman iklim ini, berdasarkan pada letak lintangnya. Akibatnya di benua Australia ada iklim tropis dan iklim laut sedang.Terdapat pendapat yang menyatakan bahwa benua Australia, iklimnya di bagi menjadi empat iklim. Pembagian tersebut berdasarkan pada letak lintang dan keadaan alamnya. Pembagian iklim di benua Australia dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Iklim sub – tropis yang dapat ditemui di wilayah Australia bagian selatan.
  2. Iklim tropis yang dapat ditemui di wilayah Australia bagian utara.
  3. Iklim gurun yang dapat ditemui di daerah – daerah gurun yang terdapat di benua Australia.
  4. Iklim laut sedang yang dapat ditemui di wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania.

Sebagian besar iklim yang dimiliki oleh benua Australia yaitu beriklim hangat dan kering. Letak benua Australia yang tidak dominan ke utara menyebabkan tidak banyak sinar matahari dan kelembapan yang dapat mempengaruhi iklim benua secara luas.

Namun, letak benua Australia yang tidak cukup ke selatan juga mengakibatkan tidak banyaknya awan yang terbentuk. Bahkan, juga tidak banyak hujan yang merupakan pengaruh samudera di selatan.

Panas matahari di benua Australia, rata – rata 10 jam setiap harinya. Untuk Australia bagian selatan, cuaca terpanas, terjadi pada bulan Januari sampai Februari. Kemudian untuk Australia bagian utara, iklim terpanas terjadi pada bukan November sampai Desember.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, iklim tropis terjadi di benua Australia bagian utara. Suhu rata – ratanya yaitu 300 C. Untuk Australia bagian selatan, memiliki iklim sub – tropis dengan suhu pada musim dingin yaitu 50 C dan suhu pada musim panas 300C.

Selanjutnya, ketika Australia bagian utara sedang mengalami musim panas, untuk bulan Januari sampai Juni, bagian selatan Australia, sedang mengalamu musim dingin. Pada saat terjadi musim kemarau, bagian selatan Australia, mengalami kering dan panas.

Sedangkan, di daerah pegunungan dan wilayah Australia Tenggara, suhu bisa menjadi sangat panas. Suhu tersebut bisa mencapai 380 C. Sedangkan, suhu di musim dingin berada pada kisaran antara 100 C sampai 240 C.

Bulan Australia sering dilanda oleh siklon pada bagian utara. Kota Darwin menjadi sasaran siklon tersebut. Siklon dapat mengakibatkan kerusakan. Siklon ini terjadi pada bulan November sampai Mei.

Selanjutnya, iklim yang terjadi di belahan lain dari benua Australia, seperti yang terjadi di timur Queensland, yaitu curah hujan yang bisa mencapai 4.492 mm pertahun. Kemudian di bagian barat Tasmania, curah hujan bisa mencapai 3.680 mm pertahun.

Dengan iklim yang beragam di  masing – masing wilayah Australia. Kemudian, bagaimana kehidupan flora dan fauna di benua Australia tersebut? Akan dibahas pada bagian di bawah ini.

Flora dan Fauna Benua Australia

Flora Benua Australia

Kondisi flora yang tumbuh di Australia sangat dipengaruhi oleh kondisi iklim dan alam yang mendiami flora tersebut. Jenis flora yang terdapat di Australia, sangat didominasi oleh rumpun akasia dan eucalyptus atau kayu putih.

Jenis kayu putih yang tumbuh di benua Australia sebanyak 569 jenis dan akasia sebanyak 772 jenis. Kayu putih merupakan pohon asli dari benua Australia dengan ketinggian pohon yang bervariasi. Namun, diantara pohon kayu putih tersebut terdapat pohon yang tertinggi di dunia.

Tanaman akasia dan kayu putih dapat hidup di tanah yang kering dengan daun yang berlapis lilin. Daun yang berlapis lilin ini dimaksudkan untuk menahan proses penguapan.

Padang rumput yang hidup di daerah yang memiliki iklim yang sedang, merupakan rumput yang pendek. Daerah ini, pentas untuk kegiatan peternakan biri – biri. Selain itu, benua Australia juga memiliki hutan.

Hutan hanya terdapat di pantai timur, kemudian, di pantai utara, dan pulau Tasmania sebab daerah ini banyak mendapatkan curah hujan. Kemudian, di daerah yang mengalami bayangan hujan bersambung dengan huran yang terbentang suatu padang rumput yang luas.

Menuju ke bagian tengah merupakan gurun dengan vegetasi khas daerah gurun, yaitu rumput – rumput yang memiliki daun yang kecil dan batang – batangnya juga kecil, namun keras. Benua Australia memiliki sekitar 13.000 jenis tanaman dan sebagian besar merupakan tanaman khas dari benua Australia.

Fauna Benua Australia

Sebagai benua yang terkecil dan kehidupan faunanya juga dipengaruhi oleh alam dan iklim, seperti kondisi floranya. Maka, hewan yang ada di Australia ini cenderung kecil dan tidak begitu buas.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk hewan sejenis buaya yang didatangkan dari luar Australia. Benua Australia terdapat banyak hewan khas dan yang paling banyak dijumpai yaitu jenis hewan berkantung atau marsupial.

Hewan – hewan yang hidup di Australia, antara lain kanguru, tikus berkantung, kuskus, platypus, koala, beberapa jenis burung, cicak terbang, dan dingo. Dingo merupakan sejenis anjing yang liar.

Selain itu, di benua Australia juga terdapat beberapa jenis burung, antara lain burung emu yaitu sejenis burung unta, burung cendrawasih, burung kasuari, burung beo, burung lira, burung betet, burung merak, burung kakaktua, dan angsa hitam.

Ada ahli – ahli yang menyatakan bahwa keunikan satwa yang dimiliki oleh benua Australia berhubungan dengan pemisahan antara Australia dengan India dan Antartika. India dan Antartika merupakan bagian dari Benua Gondwana.

Pemaparan di atas menunjukkan tentang jenis flora dan fauna yang khas di Australia. Hal tersebut yang juga menjadi ciri khas dari benua Australia untuk membedakan dengan benua – benua yang lain. Pembahasan yang selanjutnya, akan memberikan gambaran tentang keadaan penduduk di benua Australia.

Keadaan Penduduk Benua Australia

Pada tahun 2000, jumlah penduduk yang mendiami wilayah benua Australia mencapai 19.357.594 jiwa. Mayoritas penduduk tersebut merupakan imigran dari negara Inggris. Bahkan, hampir 95% penduduk di Australia, didominasi oleh bangsa kulit putih tersebut.

Orang putih tersebut merupakan imigran – imigran dari benua Eropa. Namun, ada juga imigran yang berasal dari Asia. Penduduk Asia yang mendiami benua Australias sebesar 7% dan bangsa yang lainnya (0,8%).

Penduduk asli Australia yaitu suku aborigin. Bangsa Aborigin ini diduga merupakan para pengembara yang datang dari Asia Tenggara dan menjadi pemukim pertama di benua Australia.

Kedatangan bangsa Eropa ke Australia menyebabkan mereka dipanggil dengan sebutan “Aborigin”. Aborigin berarti penduduk yang sudah bermukim sejak zaman dahulu kala. Suku aborigin termasuk dalam golongan ras Australoid. Ciri – ciri ras Australoid yaitu berambut keriting dan berkulit hitam.

Namun, untuk saat ini, jumlah suku aborigin semakin menurun. Suku asli Australia ini telah tergusur oleh modernisasi. Mereka di gusur ke daerah pedalaman yang tidak dapat disentuh oleh modernisasi yang dibawa oleh orang – orang Eropa, bahkan, daerahnya kering dan tandus.

Namun, kini terdapat masyarakat aborigin yang telah tinggal di kota. Meskipun, sebagian dari mereka masih ada yang hidup secara tradisional. Mereka melakukan perjalanan untuk menembus semak – semak, kemudian, berburu dengan menggunakan tombak dan bumerang.

Mereka mencari makanan, antara lain tanaman, tempayak, dan serangga. Walaupun mereka hidup dengan cara demikian, namun mereka tidak merusak lingkungan di pedalaman Australia.

Bangsa aborigin sangat menjaga kelestarian alam. Bagi bangsa aborigin kelestarian alam merupakan hal yang dianggap suci. Saat ini, jumlah suku aborigin tidak lebih dari 100 ribu orang atau hanya sebesar 1,2% dari jumlah penduduk yang mendiami wilayah Australia. Penyebaran mereka hanya di pedalaman Australia Barat, Teritori Utara, dan Queensland. Lebih lanjut, senjata khas yang dimiliki oleh suku aborigin, yaitu bumerang.

Pada masa – masa terakhir, banyak imigran dari wilayah Eropa, khususnya Eropa Timur, yang datang ke Australia. Sebagian besar dari pendatang, merasa sebagai pemilik wilayah dan mereka juga tinggal di kota – kota.

Agama yang dianut juga beragam, mulai dari Khatolik Anglikhan, Yahudi, Kristen, dan sebagian kecil beragama Islam. Mereka juga pandai berbahasa Inggris. Meskipun demikian, di benua Australia juga terdapat orang – orang dari benua Asia dan Afrika.

Lebih lanjut, ditinjau dari pendapatan per kapita penduduk Australia. Pada tahun 2002 tercatat pendapatan per kapita penduduk Australia yaitu sebesar 24.970 dolar AS.

Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemakmuran yang dimiliki oleh penduduk Australia rata – rata lebih tinggi dibandingkan dengan negara – negara yang terletak di wilayah Asia tenggara, kecuali negara Brunei Darussalam dan negara Singapura.

Demikan, keadaan penduduk yang mendiami wilayah benua Australia. Selanjutnya bagaimanakah pembagian wilayah yang dimiliki oleh benua Australia? Hal tersebut akan dijabarkan di bawah ini.

Pembagian Wilayah Benua Australia

Benua Australia dibagi menjadi delapan negara bagian. Hal tersebut disebabkan benua Australia merupakan suatu negara persemakmuran yang dikelompokkan menjadi 6 negara bagian dan 2 teritorial.

Berbeda dengan benua – benua yang lain yang masing dibagi menurut wilayah, kemudian baru negara bagian. Benua Australia tidak demikian. Benua ini hanya memiliki 8 negara, yaitu sebagai berikut.

NoNama NegaraIbu Kota
1Australia UtaraDarwin
2QueenslandBrisbane
3New South WalesSydney
4VictoriaMelbourne
5Australia SelatanAdelaide
6Australia BaratPerth
7TasmaniaHobart
8Australia Capital TerritoryCanberra

Keterangan:

#1 Queensland merupakan suatu negara bagian yang ada di Australia dan terletak di sebelah timur laut benua ini. Batas – batas wilayah untuk Queensland, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Australia selatan dan Australia utara.
  2. Sebelah utara berbatasan dengan Teluk Carpentaria.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Koral.
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan New South Wales.

#2 New South Wales, merupakan salah satu negara bagian Australia yang terletak di sebelah tenggara. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara New South Wales, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Queensland.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Victoria.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Tasmania.

#3 Victoria merupakan salah satu negara yang terletak di Australia yang berada di sebelah selatan. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara Victoria, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan New South Wales.
  2. Sebelah barat berbatasan langsung dengan selat Tasmania.

#4 Tasmania merupakan salah satu negara bagian di Australia yang terdiri dari sebuah pulau yang besar dan terletak di paling ujung benua Australia ini.

#5 Australia Selatan merupakan salah satu negara bagian Australia. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh Australia selatan, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah timur berbatasan dengan Queensland, New South Wales, dan Victoria.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Australia besar.
  3. Sebelah utara berbatasan dengan negara bagian Australia utara.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Australia barat.

#6 Australia Barat merupakan suatu negara bagian yang wilayahnya paling luas. Luas wilayahnya meliputi 1/3 dari luas benua Australia. Australia barat memiliki dua wilayah teritorial, yaitu:

  1. Daerah khusus ibu kota Canberra.
  2. Australia utara yang beribukota di Darwin.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat 8 negara yang mendiami wilayah benua Australia, dengan 6 negara bagian, dan 2 wilayah teritorial. Lalu, bagaimanakah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk di benua Australia?

Kegiatan Ekonomi Benua Australia

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk benua Australia, meliputi peternakan, perkebunan, dan kegiatan pertambangan. Kegiatan perekonomian di Australia sangat mengandalkan pada sektor pertanian dan pertambangan. Pertanian yang diusahakan oleh penduduk Australia berada di daerah – daerah yang banyak curah hujan.

Hasil pertanian penduduk antara lain buah – buahan, sayuran, tebu, dan gandum. Bahkan, sekitar 60% lahan pertanian penduduk Australia yaitu ladang gandum. Ladang gandum yang dimiliki seluas 8 juta hektar dengan penduduk yang berjumlah 22 juta orang.

Hal tersebut menyebabkan kebutuhan gandum di Australia menjadi berlebihan. Hasil pertanian yang lain yang dimiliki oleh penduduk Australia yaitu barley, padi, jagung sorgum, tembakau, kapas, dan kelapa.

Lebih lanjut, usaha peternakan sangat cocok di benua Australia. Karena di Australia banyak terdapat padang rumput. Ternak utama yang dihasilkan penduduk Australia yaitu biri – biri dan domba untuk diambil wolnya.

Komoditas ekspor seperti wol tersebut dihasilkan oleh domba yang terdapat di peternakan. Selain, memproduksi wol, penduduk benua Australia juga menghasilkan daging sapi potong, susu, dan keju yang dihasilkan oleh peternakan sapi.

Kegiatan peternakan di benua Asutralia ini, pada umumnya diusahakan oleh suatu perusahaan ternak, yang dinamakan dengan squarter. Tempat yang digunakan untuk mengandangkan hewan ternak dinamakan dengan station.

Sedangkan, tempat yang digunakan untuk penggembalaan ternak dinamakan dengan ranch. Kemudian, ditinjau dari sektor perkebunan, yang telah menghasilkan produk ekspor, antara lain buah apel, anggur, gandum, barley, dan jagung.

Selain, dari sektor perkebunan, dan peternakan, masih ada lagi sektor pertambangan. Hasil tambang berupa bauksit, emas, tembaga, timah, berlian, nikel, besi, dan batu bara. Daerah yang kaya akan endapan perak, timah, dan seng, terdapat di Broken Hill. Broken Hill terletak di sebelah barat New South Wales. Broken hill merupakan gurun.

Sedangkan, tambang emas dapat ditemukan di Kalgoorlie dan Kolgardie. Kemudian, daerah yang kaya akan tembaga, dapat ditemui di Gunung Isa – Queensland. Tambang bauksit dapat ditemui di Weipa – Queensland. Iron Knob sebagai tempat untuk tambang biji besi. Roxby Downs sebagai tempat untuk areal tambang tembaga, emas, uranium, dan perak.

Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa benua Australia meskipun sebagai benua terkecil di dunia. Namun, memiliki kekayaan alam yang melimpah dan dijadikan sebagai sumber kegiatan perekonomian penduduk Australia.

Kegiatan perekonomian dalam bidang industri cukup berkembang di benua Australia. Industr- industri yang terdapat di benua Australia, antara lain industri mesin – mesin mobil, mesin – mesin kapal, barang elektronika, besi baja, industri bahan makanan, dan peralatan yang digunakan untuk kedokteran. Pusat perindustrian di benua Australia terdapat di Sydney, New Castle, Brisbane, Hobart, Adelaide, dan Perth.

Kegiatan ekonomi penduduk Asutralia ditinjau dari sektor pariwisata. Dalam bidang pariwisata, daya tarik yang dihasilkan dari keunikan flora dan fauna, bangunan – bangunan yang berasitektur modern, seperti opera digunakan sebagai daya tarik utama di negara Australia. Selain itu, jembatan dan beberapa atraksi kebudayaan, juga digunakan negara Australia untuk menarik turis dari luar.

Berdasarkan pendapat di atas dapat diketahui bahwa kegiatan perekonomian penduduk Australia, terdiri dari pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, dan pariwisata.

Melalui kegiatan ekonomi tersebut, Australia bisa melakukan kegiatan ekspor dan impor barang ke luar negeri, salah satunya dengan Indonesia. Lalu, bagaimana bentuk kerja sama yang dilakukan antara Australia dan Indonesia?

Kerjasama antara Australia dan Indonesia

Kerjasama yang dilakukan antara Australia dan Indonesia, salah satunya melalui kegiatan perdagangan. Kerjasama perdagangan yang dilakukan dengan Indonesia, di antaranya ditandai dengan impor Australia, antara lain minyak bumi, gas alam, benang, dan pakaian jadi. Australia melakukan ekspor sapi dan beberapa alat – alat rumah tangga ke Indonesia.

Kemudian, kerja sama dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan terdapat ribuan pelajar dan mahasiswa Indonesia belajar di berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Australia.

Lalu, kegiatan pertukaran pelajar dan misi kebudayaan juga diintensifkan antara Australia dan Indonesia. Hal itu dinilai penting, sebab untuk mengurangi perbedaan pandangan dan pemahaman yang negatif antara kedua negara yang memiliki akar – akar budaya yang berbeda rumpun.

Penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa benua Australia merupakan benua yang terkecil di dunia. Benua ini ditemukan oleh James Cook. Benua ini memiliki enam negara bagian dengan 2 wilayah teritorial.

Benua yang beribukota di Canberra ini menjadikan koala sebagai fauna khas di sana dan juga pohon kayu putih sebagai flora yang khas. Suku khas yang mendiami benua Australia yaitu aborigin dengan senjatanya bomerang.

Pemaparan belajar tentang benua Australia semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang seluk beluk dari benua yang terkenal akan kangguru dan koalanya ini. Sekaligus, memberikan info pada kalian tentang benua lain yang ada di belahan bumi ini. Selamat belajar.

Referensi:

  1. Rahayu, F. Tanpa Tahun. Buku Aktivitas Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI/VI A. Jakarta: Kompas Ilmu.
  2. Tim Guru Penerbit HB. 2015. Buku Pintar Pasti Lulus Sekolah SD Kelas 6. Jakarta: Penerbit HB.
  3. Suparman. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial: IPS 6 untuk Sekolah Dasar/ MI Kelas 6. Jakarta: Grasindo.
  4. Untoro, J. an Tim Guru Indonesia. 2010.Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 in 1. Jakarta: Wahyu Media.
  5. Widyatmanti, W dan Natalia, D. 2008. Geografi untuk SMP dan MTs IX. Jakarta: Grasindo.
  6. Forum Tentor. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  7. Tim Guru Eduka. 2015. 99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian SD/MI Kelas 6. Depok: Cmedia.
  8. Kurnia, A. 2007. IPS 3B: SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  9. Mu’in, I. 2004. Pengetahuan Sosial: Geografi SMP Kelas 3. Jakarta: Grasindo.
Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


emily

emily

akang gendang kalo saya bilang hajar hajar yaa