Mengenal Lebih dalam Benua Asia

Pagi teman – teman. Apa kabar semuanya? Pada pagi yang cerah ini. Aku mau memberikan kamu sebuah info dan pengetahuan yang menarik. Aku ingin kalian ”mengenal lebih dalam Benua Asia”. Kita akan memberikan pembahasan yang lengkap, tentang semua hal yang berkaiatan dengan Benua Asia. Tujuannya agar kamu mengenal lebih dalam Benua Asia. Siapa tahu suatu saat nanti kamu akan jalan – jalan keliling Asia. Perhatikan baik – baik ya, setiap penjelasan yang disampaikan.

Pengantar

Bentuk dunia yang bulat ini, terdapat lima benua yang mendiami. Benua – benua tersebut yaitu Benua Asia, Benua Eropa, Benua Amerika, Benua Afrika, dan Benua Australia. Namun, pembahasan ini akan difokuskan pada benua Asia. Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia, dibandingkan keempat benua yang lain. Benua Asia dibagi menjadi lima wilayah, yaitu:

  1. Asia Tenggara
  2. Asia Selatan
  3. Asia Barat
  4. Asia Tengah
  5. Asia Timur

Masing – masing wilayah memiliki bagian negara masing – masing. Bagian negara – negara di wilayah Asia, nantinya akan dijelaskan dibagian akhir, pada pembahasan tentang pembagian zona wilayah dan negara – negara yang terdapat di Benua Asia. Bahkan akan diberikan penejalasan tembahan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai kelima wilayah Asia tersebut.Pembahasan pertama akan memberikan penjelasan tentang proses terjadinya benua – benua yang ada di dunia, terutama benua Asia. Proses terjadinya Benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut.

Proses Terjadinya Benua Asia

Proses terjadinya benua Asia terbentuk pada ribuan tahun yang lalu. Benua ini memiliki luas wilayah sekitar 51.053.817 km2. Benua Asia dijuluki sebagai negara yang paling besar, sebab luas Benua Asia hampir sepertiga dari daratan yang ada di dunia. Pada hal luas daratan hanya 30% dari luasnya permukaan bumi dan sepertiga dari 30% itu dimiliki oleh Benua Asia. Jadi dapat disimpulkan bahwa benua Asia hampir menguasai daratan yang ada di dunia. Sebagai benua yang paling besar, posisi Benua Asia di bumi dapat dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Posisi Benua Asia

Letak dari benua Asia, sebagian berada pada belahan bumi bagian utara. Sedangkan, secara astronomi, letak benua Asia berada di antara 110 Lintang Selatan (LS) – 800 Lintang Utara (LU) dan 260 Bujur Timur (BT) – 1700 Bujur Barat (BB). Dampak yang ditimbulkan dari letak astronomi Benua Asia tersebut. Menjadikan Benua Asia:

  1. Letak Benua Asia pada belahan bumi bagian utara, kecuali bagian Selatan Kepulauan Indonesia di Asia Tenggara.
  2. Benua Asia memiliki iklim yang ada disemua wilayah yang ada di dunia. Pada bagian selatan benua Asia memiliki ilkim tropis dengan sebagian lagi beriklim muson. Pada bagian paling Utara beriklim kutub. Diantara bagian selatan dan utara terdapat iklim sedang di beberapa bagian lagi beriklim sub tropis dan gurun.
  3. Benua Asia yang memiliki panjang 1750 atau hampir setengah dari keliling dunia, menjadikan kedua ujung Benua Asia memiliki perbedaan waktu hingga 12 jam. Apabila di tepi paling barat Benua Asia sedang mengalami matahari terbit. Maka pada tepi benua Asia paling timur dengan mengalamai matahari terbenam. Garis meredian yaitu 1800 telah memotong bagian ujung timur dari Benua Asia, sehingga sekitar 100 terletak pada bujur barat, dan bagian yang terbesar dari benua Asia terletak pada bujur timur.

Adapun batas- batas wilayah yang dimiliki oleh Benua Asia, dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  2. Sebelah Utara berbatasan dengan Daratan Eropa.
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Merah, Benua Afrika, dan Samudra Hindia.
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.

Selanjutnya, setelah diberikan penjelasan tentang letak astronomi dan batas – batas benua Asia, baik dari utara, timur, selatan, dan barat. Pembahasan selanjutnya menjelaskan tentang kenampakan alam Benua Asia.

Kenampakan Alam Benua Asia

Ditinjau dari bentuk kenampakan alam benua Asia. Benua Asia merupakan satu daratan dengan Benua Eropa. Ada pendapat yang menyatakan benua Asia sebagai Eurasia karena satu daratan dengan Benua Eropa tersebut. Letak benua Asia, secara geografis,  yaitu

  1. Benua Asia di antara Laut Es Utara (di sebelah utaranya) dengan Lautan Hindia (di sebelah selatannya).
  2. Benua Asia terletak di antara benua Afrika dan Eropa (di sebelah baratnya) dengan Samudra Pasifik (di sebelah timurnya). Batas antara benua Asia dan Benua Eropa yaitu Pegunungan Ural yang rendah dan dataran rendah lembah sungai Ural pada bagian selatan. Benua Asia dan Benua Afrika tidak terpisah secara keseluruhan. Terdapat daratan sempit yang menjadi penghubung diantara keduanya. Yaitu Gurun Sinai yang berada tepat di antara Laut Merah dan Laut Tengah. Kedua benua ini, yaitu Asia dan Afrika terputus setelah dibuat Terusan Suez. Selain itu, Laut Merah dan Teluk Aden merupakan suatu bagian dari laut sempit yang menjadi pemisah antara benua Asia dan Benua Afrika.

Selanjutnya, ditinjau dari bentuk permukaannya di bumi. Benua Asia dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Pada bagian barat Myanmar ditemukan anak Benua India yang merupakan sebuah semenanjung. Awalnya, daratan ini terletak pada bagian selatan dari Asia, namun terbawa oleh geseran lempeng Indo – Australia. Hingga pada akhirnya, daratan berbentuk segitiga tersebut bertumbukan dengan pantai selatan Asia. Akibat kondisi tersebut, maka terbentuklah Pegunungan Himalaya. Pada bagian selatan, terbentang lembah Sungai Indus, Gangga, dan Brahmaputra. Sedangkan, pada bagian segitiga yang paling selatan merupakan Dataran Tinggi Dekan.
  2. Di Asia Tenggara terbentang deretan pegunungan Alpen – Banda, kemudian Sirkum Pasifik, dan Lingkar Australian. Masing – masing pegunungan memiliki lempeng benua dan deretan gunung api. Kondisi ini menjadikannya amat labil, namun mengandung kekayaan alam dan tingkat kesuburan tanah yang sangat tinggi.
  3. Pada pantai timur Asia, yang terdiri dari Kepulauan Kuril, Ryukyu di Jepang, dan Taiwan, merupakan bagian dari tepi lempeng Asia yang membelok. Pembelokan tersebut sebagai akibat dari tumbukan dengan lempeng Pasifik.

Lebih lanjut, titik terendah di dunia terletak di Benua Asia, tepatnya di Laut Mati yang terletak di negara Yordania. Selain titik terendah, Benua Asia juga memiliki titik tertinggi, yaitu Gunung Everest yang terletak di pegunungan Himalaya.

Rangkaian pegunungan yang ada di benua Asia yang utama adalah

  1. Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Hindu Kush yang terdapat di India.
  2. Pegunungan Zagros yang terletak di Iran.
  3. Pegunungan Altai yang terletak di Rusia.
  4. Pegunungan Kun Lun terletak di Cina.
  5. Pegunungan Siberia Selatan
  6. Pegunungan Karakorum yang terletak di Semenanjung Malaya.

Benua asia juga memiliki beberapa dataran tinggi. Dataran tinggi yang terkenal yaitu Dataran Tinggi Dekkan yang terletak di India, Dataran Tinggi Anatoli yang terletak di Turki, dan Dataran Tinggi Tibet. Kemudian sungai – sungai yang mengalir di benua Asia yaitu Sungai Indus terletak di Pakistan, Sungai Gangga terletak di India, Sungai Ob, Sungai Yang Tse, Sungai Huang Ho terletak di Cina, dan Sungai Mekong.

Kenampakan alam yang lain di benua Asia, yaitu danau. Danau – danau utama yang ada di benua Asia yaitu Danau Aral, Danal Balkash, Sanau Baikal, dan Danau Laut Kaspia. Selain danau, benua Asia juga memiliki bentangan alam yaitu lain, seperti gurun. Gurun – gurun yang ada di Benua Asia yaitu Gurun Thar terletak di India, Gurun Arab dan Gurun Sinai terletak di Timur Tengah, Gurun Taklamakan dan Gurun Gobi yang terletak di RRC dan Mongolia. Gurun Gobi dinyatakan sebagai gurun yang terluas di Asia.

Plato – plato yang terdapat di benua Asia, dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Plato Turki yang dipagari oleh Pegunungan Pntic dan Pegunungan Taurus.
  2. Plato Iran yang dipagari oleh Pegunungan Zagros, Pegunungan Sulaiman, dan Pegunungan Elburz.
  3. Plato Tibet yang dipagari oleh Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Kunlun.
  4. Plato Arabia yang memiliki lereng curam ke arah Laut Merah dan melandai ke arah Timur sampai berakhir di lembah Sungai Tigris.
  5. Plato dekan yang terdapat di semenanjung India. Plato Dekan memiliki lereng curam ke arah barat dan membentuk pegunungan barat. Plato ini juga melandai ke arah timur dan membentuk pegunungan timur.
  6. Plato Yunan membentang mulai dari Shan States yang terdapat di Myanmar ke arah timur dan selatan. Ke arah timur, plato yunan tersebut membentang sampai pada Vietnam dan ke arah Selatan, plato Yunan tersebut sampai ke semenanjung Malaysia.

Setelah dijelaskan tentang kenampakan alam dari Benua Asia, baik pegunungan, dataran, gurun, sungai, danau, dan plato. Selanjutnya akan dijelaskan tentang iklim dan flora dan fauna yang ada di Benua Asia. Tujuannya untuk mengetahui jenis flora dan fauna apa saja yang hidup di benua Asia, yang tentu saja disesuaikan dengan iklim yang dimiliki oleh masing – masing wilayah.

Iklim Benua Asia

Benua Asia memiliki beberapa jenis iklim yang berbeda – beda, berdasarkan wilayah – wilayahnya.Bahkan semua zona iklim – iklim yang ada di dunia, dimiliki oleh benua Asia. Iklim – iklim tersebut dapat dijelaskan, sebagai berikut.

  1. Iklim tropis. Iklim tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi dan memiliki temperatur udara yang relatif tinggi pula. Iklim topis dapat kita jumpai di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara
  2. Iklim sub – tropis. Iklim sub – tropis dapat dijumpai di wilayah Asia Timur. Pada iklim sub – tropis, saat musim panas, suhu menjadi tinggi, namun musim dinginnya sejuk. Kemudian akan mengalami hujan pada musim dingin, yang dialami oleh negara – negara di sekitar Laut Tengah.
  3. Iklim sedang. Iklim sedang dapat dijumpai di wilayah Jepang, Cina, dan Korea. Iklim sedang ini mengenal empat musim. Empat musim tersebut yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.
  4. Iklim dingin. Iklim dingin ini ditandai dengan masa beku yang terjadi hampir di sepanjang tahun. Iklim dingin dapat dijumpai di Siberia.
  5. Iklim darat. Iklim darat dapat dijumpai di wilayah Gurun Gobi dan Timur Tengah atau di Asia Barat. Iklim darat ini dibagi menjadi dua iklim, yaitu iklim kontinental dan iklim gurun.
  6. Iklim mediteran. Iklim mediteran dapat dijumpai di wilayah Iran pada bagian Utara, pesisir Laut Tengah, Suriah, dan Israel.
  7. Iklim kutub. Iklim kutub ini dapat dijumpai di wilayah Asia Utara, tepatnya di Rusia dan Siberia.
  8. Iklim pegunungan. Iklim pegunungan ini dapat dijumpai di dataran tinggi Tibet sampai pada Mongolia.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa secara garis besar benua Asia memiliki 8 iklim yang berbeda – beda. Selanjutnya, dapat dijelaskan bahwa berbagai jenis iklim yang ada di benua Asia disebabkan oleh luas wilayah Benua Asia yang hampir sepertiga dari luas daratan. Akibatnya iklim – iklim yang dimiliki oleh Benua Asia dapat dijabarkan kembali sebagai berikut.

  1. Pada daerah pantai atau kepulauan terutama pada wilayah zona tropis, merupakan zona iklim laut yang basah. Wilayah tropis ini dapat dijumpai di Indonesia dan Filipina.
  2. Bagian Asia selatan dan Asia tenggara beriklim muson, karena berhadapan dengan Australia yang letaknya di belahan bumi bagian selatan. Iklim muson yang dimiliki terdiri dari dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Dan diantara kedua musim tersebut (penghujan dan kemarau), terdapat musim pancaroba. Iklim muson ini dapat dijumpai di wilayah India, Bangladesh, Aisa Tenggara, dan pantai timur Cina.
  3. Pada bagian pedalaman memiliki iklim darat gurun atau semua gurun yang memiliki sifat yang kering, sangat panas pada siang hari, serta sangat dingin pada malam harinya. Wilayah yang mengalami iklim ini, yaitu Gurun Gobi, Gurun Thar, Gurun Sinai, Gurun Karakum, Gurun Kyzilkum, dan Gurun Arab.

Penjelasan di atas memberikan gambaran yang lebih lanjut tentang pembagian jenis iklim – iklim yang terdapat di benua Asia. Selain itu, memberikan gambaran atau petunjuk bagi kita bahwa benua Asia kaya akan iklim yang beragam. Keragaman iklim ini akan berpengaruh pada flora dan fauna yang hidup didalamnya. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang flora dan fauna yang hidup di benua Asia, berdasarkan iklim yang dimiliki.

Flora dan Fauna Benua Asia

Flora dan fauna yang ada di benua Asia dapat dijelaskan sebagi berikut. Daerah yang memiliki iklim tropis basah akan tertutup oleh hutan hujan tropis dengan pohon – pohon yang memiliki daun lebar dan heterogen. Ada juga hutan musim yang pohon – pohonnya agak jarang dan homogen. Hewan yang hidup di iklim tropis basah, antara lain sejenis kera, badak, dan banteng.

Kemudian, di daerah yang beriklim kering. Pada daerah beriklim kering akan dijumpai tumbuhan gurun yang memiliki masa tumbuh yang singkat. Tumbuhan yang dapat dijumpai pada daerah yang miliki iklim kering, yaitu sejenis kaktus berduri. Hewan yang dapat hidup di wilayah beriklim kering, antara lain hyena, singa, unta, dan keledai.

Selanjutnya, pada daerah sekeliling gurun yang memiliki curah hujan lebih besar, biasanya ditumbuhi oleh padang rumput kering. Pada daerah yang agak lembab, terdapat hutan sabana. Hewan yang hidup di daerah gurun dengan curah hujan yang lebih besar dan lembab, antara lain rusa, zebra, jerapah, yak, zebu, banteng, kuda, harimau, serigala, singa, dan jaguar.

Pada daerah sekitar kutub terdapat tanaman yang berdaun jarum dengan hutan campuran hutan cemara atau conifer. Kemudian, pada daerah di sepanjang pantai Laut Artik merupakan suatu daerah yang tidak terdapat pohon. Tumbuhan yang dapat ditemui pada daerah tersebut, biasanya sejenis lumut atau yang dikenal dengan hutan tundra. Hewan yang dapat hidup di daerah tersebut yaitu hewan caribou atau sejenis rusa, beruang, dan serigala.

Penjelasan diatas memberikan pemahaman tentang flora dan fauna yang hidup di daerah benua Asia yang disesuaikan dengan iklim yang dimiliki. Selanjutnya, bagaimanakah keadaan penduduk di benua Asia. Yang dapat dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Keadaan Penduduk

Biro statistik di negara Amerika pernah mengadakan sensus penduduk di benua Asia. Sensus penduduk tersebut dilakukan pada bulan Februari 2006. Hasil sensus penduduk yang dilakukan menunjukkan bahwa jumlah penduduk yang mendiami wilayah Asia, hampir mencapai 4 milyar jiwa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 60% penduduk di dunia tinggal di wilayah Asia.

Terdapat ragam ras dan etnik yang hidup di benua Asia. Etnis yang paling banyak mendiami wilayah benua Asia yaitu etnis Cina dan etnis Jepang. Etnis yang lain, yang juga mendiami wilayah benua Asia yaitu melayu terletak di Asia tenggara, dravida di Asia Selatan, dan kulit putih terletak di Asia Barat. Sedangkan ras yang mendiami wilayah benua Asia, sebagain besar merupakan ras Mongoloid. Kemudian diikuti oleh ras yang lain yaitu Kaukasoid dan ras Negroid.

Keadaan penduduk di benua asia yang dibagikan ke dalam beberapa ras, yaitu ras mongoloid, ras melayu, ras kaukasuid, dan ras negroid. Masing – masing dapat dijelaskan sebagai berikut. Ras yang dimiliki oleh sebagian penduduk di benua Asia, yaitu ras Mongoloid. Ras ini berkulit kuning, rambut lurus, dengan bentuk mata yang sipit. Penyebaran ras Mongoloid dapat dijumpai di Siberia, Mongolia, Cina, Korea, Vietnam, Jepang, Kamboja, Myanmar, Laos, Thailand, Nepal, Bhutan, dan India bagian utara.

Berbeda di wilayah asia tenggara. Ras Mongoloid yang tinggal di wilayah tersebut telah mengalami percampuran. Akibat percampuran tersebut, warna kulit yang dimiliki bukan lagi kuning, melainkan kulit coklat. Ras yang mengalami percampuran ini dikenal dengan sebutan ras melayu. Penyebaran ras melayu dapat ditemui di Philipina dan Indonesia.

Ras kaukasuid merupakan ras yang mendiami wilayah asia selatan dan asia barat. Tepatnya di India, Pakistan, Bangladesh, Afghanistan, Irak, Iran, Semenanjung Arab hingga sampai di Jazirah Anatolia atau Turki yang ditempati oleh golongan Aria termasuk ras kaukasuid tersebut. Golongan Aria ini memiliki warna kulit yang putih.

Kemudian, di benua Asia juga terdapat ras negroid. Ras negroid ini mendiami wilayah Srilangka. Hal tersebut menyebabkan penduduk yang mendiami India bagian selatan merupakan ras campuran. Sama halnya dengan keadaan Indonesia bagian timur dan di semenanjung Arab. Didaerah tersebut juga merupakan ras campuran dengan ras arab. Ras Arab merupakan suatu akibat dari infiltrasi penduduk di benua Afrika. Setelah memahami tentang kependudukan di wilayah benua Asia yang terdiri dari beberapa etnis dan ras. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang mata pencaharian penduduk yang mendiami wilayah benua Asia.

Mata Pencaharian Penduduk

Mata pencaharian sebagian besar penduduk di wilayah Asia yaitu bermata pencaharian di bidang pertanian. Pertanian sebagai sektor penting di setiap negara yang terdapat di kawasan Asia. Pertanian juga berfungsi untuk memasok devisa dari negara – negara tersebut. Hal tersebut disebabkan kebutuhan pangan, terutama beras yang ada di dunia ini, sebagian besar di pasok oleh negara – negara yang terdapat di wilayah Asia.

Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa pertanian terutama untuk menghasilkan beras merupakan mata pencaharian sebagaian besar penduduk benua Asia. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembahasan selanjutnya akan menjelaskan tentang negara – negara yang terdapat di wilayah Asia. Hal tersebut dapat dijabarkan di bawah ini.

Negara – Negara di Wilayah Asia dan Penjelasannya

Seperti yang telah diketahui dan dijelaskan sebelumnya, bahwa benua Asia dibagi ke dalam lima wilayah, yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Barat, dan Asia Selatan.Setiap wilayah tersebut memiliki bagian negara – negara yang berbeda – beda. Masing – masing negara yang termasuk ke dalam lima bagian wilayah benua Asia tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Negara – negara Asia Timur beserta ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1CinaBeijing
2HongkongHongkong
3MakaoMakao
4JepangTokyo
5Korea SelatanSeoul
6Korea UtaraPyongyang
7MongoliaUlan Bator
8TaiwanTaipei

Keterangan:

Orang – orang bangsa Eropa menamakan Asia Timur ini sebagai Timur Jauh, karena letaknya di bagian Timur dan sangat jauh. Terutama di bagian Cina, sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah bergunung – gunung dan tanah yang dimiliki relatif gersang. Hewan yang dapat bertahan hidup di wilayah Cina Utara yaitu Panda. Panda merupakan beruang yang sangat terkenal berwarna hitam dan putih.

Selanjutnya negara Korea, seperti yang ditunjukkan di atas negara Korea, terdiri dari Korea Utara dan Korea Selatan. Hal tersebut disebabkan oleh perpecahan yang pernah terjadi pada abad kedua puluh. Korea utara yang berpaham atau memiliki ideologi komunis didukung oleh negara Uni Soviet dan RRC. Sedangkan, Korea Selatan didukung oleh negara Amerika Serikat. Sebenarnya, berbagai upaya telah ditempuh untuk menyatukan Korea Utara dan Korea Selatan. Namun sayangnya, hal tersebut belum terwujud sampai sekarang.

Negara – negara di Asia Tenggara berserta ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1Brunei DarussalamBandar Seri Begawan
2KambojaPhnom Penh
3IndonesiaJakarta
4LaosVientiane
5MalaysiaKuala Lumpur
6MyanmarYangoon
7FilipinaManila
8SingapuraSingapura
9ThailandBangkok
10VietnamHanoi
11Timor LesteDili

Keterangan:

Negara – negara yang berada di wilayah Asia Tenggara (kecuali Timor Leste) merupakan negara – negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of South East Asian Nations). Hingga tulisan ini dibuat, Timor Leste (yang merupakan negara pecahan dari Indonesia) masih berusaha menjadi anggota dari ASEAN. Beberapa negara masih memperdebatkan posisi Timor Leste sebagai bagian dari wilayah Asia Tenggara.

Wilayah Asia tenggara ini wilayah yang subur untuk lahan pertanian. Bahkan negara Vietnam dan Thailand disebut sebagai negara gudang beras Asia Tenggara. Negara Indonesia sendiri juga dikenal sebagai negara agraris yang kehidupan ekonominya banyak bertumpu pada sektor pertanian.

Negara – negara di Asia Barat dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1ArmeniaYerevan
2AzerbaijanBaku
3BahrainManama
4SiprusNikosia
5GeorgiaTbilisi atau Tiflis
6IrakBaghdad
7Israel
8YordaniaAmman
9KuwaitKuwait
10LebanonBeirut
11OmanMuskat
12PalestinaJerusalem
13QatarDoha
14Arab SaudiRiyadh

Keterangan:

Asia Barat disebut juga sebagai kawasan Timur Tengah. Wilayah Timur Tengah ini merupakan wilayah yang masih mengalami konflik di dunia. Seperti perebutan wilayah antara Palestina dan Israel yang belum berakhir hingga saat ini. Indonesia sendiri hingga kini masih tidak mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sehingga tidak ada jalinan hubungan diplomatik resmi.

Wilayah Timur Tengah ini, tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir. Cuaca di wilayah ini sangat panas, pada saat musim panas, dan sangat dingin pada musim dingin.

Negara – negara di Asia Tengah dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1TajikhistanDushanbe
2TurkmenistanAskhabad
3UzbekhistanTashkent
4KazakhstanAlma – Ata
5IranTeheran
6KirgiztanBishek

Keterangan:

Pada wilayah Asia Tengah ini juga terdapat negara bekas Uni Soviet yang terdapat pada bagian selatan. Di Asia Tengah, tanah di sana relatif gersang. Kemudian, iklim yang ada di Asia Tengah yaitu iklim dingin.

Negara – negara Asia Selatan dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1IndiaNew Delhi
2PakistanIslamabad
3BangladeshDhaka
4AfghanistanKabul
5Sri LankaKolombo
6BhutanThimpu
7NepalKathmandu
8MaladewaMale

Keterangan:

Untuk negara Afghanistan, dalam beberapa atlas sering disebutkan sebagai negara yang memasuki wilayah Asia tengah. Sedangkan di negara India, baik tengah dan utara, relatif gersang. Lahan yang subur terdapat di India Selatan, di sekitar sungai – sungai besar, termasuk di Sungai Gangga. Termasuk juga wilayah Pakistan dan Bangladesh yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan India.

Intinya Asia Selatan merupakan satu rumpun dengan negara India. Namun, dalam perkembangannya, negara India terpecah menjadi beberapa Negara. Negara – negara tersebut yaitu India itu sendiri, Pakistan, dan Bangladesh. Agama yang dianut sebagain besar penduduk India yaitu Hindu. Sedangkan Pakistan Barat dan Pakistan Timur mayoritas memeluk agama Islam. Ketika, Pakistan Timur memerdekakan diri. Kemudian Pakistan Timur mengubah namanya menjadi Bangladesh.

Keterangan – keterangan di atas memberikan pemahaman yang lebih mendalam lagi tentang negara – negara di asia sesuai dengan wilayahnya masing – masing. Jadi kita tidak hanya taji tentang negara – negara yang terletak di wilayah Asia saja, yaitu Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, dan Asia Tenggara. Namun, juga memahami kondisi yang terjadi di masing – masing wilayah Asia tersebut.

Peninggalan Bersejarah Dunia yang ada di Benua Asia

Benua Asia memiliki beberapa bangunan peninggalan bersejarah. Beberapa bangunan tersebut telah dijadikan sebagai salah satu dari tujuh keajaban dunia dan telah diakui oleh UNESCO. UNESCO sebagai lembaga internasional PBB yang mengurusi tentang kebudayaan, pendidikan, dan sains.

Berikut ini merupakan beberapa bangunan – bangunan peninggalan bersejarah yang dijadikan sebagai situs keajaiban dunia yang terdapat di wilayah Asia. Bangunan bersejarah tersebut adalah

  1. Tembok besar Cina yang terletak di Republik Rakyat Cina atau RRC.
  2. Borobudur yang terletak di Indonesia
  3. Angkot Wat yang terletak di Bangkok
  4. Kakbah yang terletak di Kota Mekah. Kakbah juga sebagai kiblat umat Muslim.
  5. Taj Mahal terletak di India.

Tembok besar Cina, Borobudur, dan Taj Mahal telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai tujuh keajaiban dunia. Bangunan bersejarah tersebut banyak dikenal oleh kalangan masyarakat dan digunakan sebagai tempat wisata bersejarah, yang ada di negara – negara tersebut. Sebagai bangunan yang bersejarah sekaligus tempat wisata, bangunan tersebut sangat dijaga kelestariannya oleh pemerintah. Anda tertarik untuk berlibur di salah satu bangunan bersejarah atau peniggalan bersejarah yang ada di Asia?

Pemarapan di atas menjelaskan tentang berbagai hal yaang berhubungan dengan Benua Asia. Mulai dari proses terjadinya, posisi benua Asia, kenampakan alam, iklim yang ada di Benua Asia, flora dan fauna di benua Asia, keadaan penduduk, negara – negara di wilayah Asia, dan peninggalan bersejarah. Semoga kehadiran artikel ini, dapat memberikan sedikit penjelasan tentang benua Asia. Selamat belajar.

Referensi:

  1. Sukanti, D., Runtuni, S.Y., dan Umasih. 2007. Geografi dan Sosiologi: Pelajaran IPS Terpadu untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Ganeca Exact.
  2. Forum Tentor. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  3. Sugiharyanto. 2007. Geografi dan Sosiologi 3: SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  4. Suparman. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial: IPS 6 untuk Sekolah Dasar/ MI Kelas 6. Jakarta: Grasindo.