Mari Kita Mengenal Benua Amerika

Hai, sobat portal ilmu. Aku mau mengajak kalian mengenal benua Amerika. Mari kita mengenal benua Amerika. Judul artikel ini dimaksudkan memberikan beberapa info yang sobat butuhkan berkaitan dengan benua Amerika.

Sebagai salah satu benua yang ada di dunia ini, benua Amerika juga memiliki batasan wilayah, flora dan fauna, iklim, penduduk, pembagian wilayah dan negara – negaranya. Mari kita belajar mengenal benua Amerika.

Pengantar

Benua Amerika merupakan salah satu jenis benua yang ada di muka bumi. Benua Amerika ini merupakan benua yang terbesar kedua, setelah benua Asia. Benua Amerika ini membujur dari arah selatan dan membentuk dua daratan yang disebut dengan Amerika Selatan atau Amerika Latin dan Amerika Utara atau disebut dengan Anglo Amerika. Kedua daratan tersebut, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh daratan yang sempit. Daratan tersebut dinamakan dengan Amerika Tengah.

Benua yang memiliki luas kurang lebih 42.292.000 km ini, secara astronomi terletak pada garis lintang di antara 830070 Lintang Utara (LU) sampai 560 Lintang Selatan (LS). Kemudian, pada garis bujur, di antara 34045 Bujur Barat (BB) sampai 172027 Bujur Barat (BB).

Awal mula nama Amerika ini, diambil dari nama Amerigo Vespucci. Amerigo Vespucci merupakan seorang pelaut dari Italia yang pernah melakukan penjelajahan hingga ke Amerika. Penjelajahan tersebut dilakukan oleh Amerigo Vespucci pada tahun 1501 – 1503.

Amerigo Vespucci banyak membicarakan tentang benua Amerika dari tulisan – tulisan tangannya. Untuk mengenang jasa Amerigo yang telah menemukan Amerika ini, maka nama Amerigo Vespucci diabadikan untuk menjadi nama benua. Atas penghormatan terhadap jasa Amerigo.

Sebenarnya, sebelum Amerigo datang ke Amerika, sudah datang seorang penjelajah yang lain, namanya Christoporus Columbus. Untuk mengenang jasa Christoporus Columbus, maka namanya juga diabadikan sebagai nama sebuah kota di Amerika.

Benua ini terbagi atas 4 wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan. (masing – masing wilayah akan dijelaskan lebih lanjut di pembahasan selanjutnya)

Lebih lanjut, benua Amerika ini terdiri dari Amerika Utara yang menjorok ke barat dan Amerika Selatan yang menjorok ke timur. Amerika Utara terletak pada garis bujur di antara 550 Bujur Barat (BB) sampai 1700 Bujur Barat (BB) dan terletak di garis lintang di antara 90 Lintang Utara (LU) sampai 830 Lintang Utara (LU).

Hal tersebut mengakibatkan Amerika Utara memiliki delapan daerah waktu.Sedangkan, Amerika selatan terletak pada garis bujur, di antara 350 Bujur Barat (BB) sampai 820 Bujur Barat (BB) dan terletak di garis lintang di antara 180 Lintang Utara (LU) sampai 580 Lintang Selatan (LS). Letak tersebut mengakibatkan Amerika selatan memiliki tiga daerah waktu.

Secara geografi, batas – batas wilayah yang dimiliki oleh benua Amerika yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Benua Antartika.
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  4. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik.

Benua Amerika ini dihubungkan dengan benua Asia oleh serangkaian pulau yang memanjang di sebelah barat Alaska. Kepulauan tersebut dinamakan Aleut.

Setelah memahami tentang letak astronomi dan batas – batas wilayah yang dimiliki oleh benua Eropa. Lalu bagaimanakah kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Amerika? Hal tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

Kenampakan Alam

Kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Amerika, sangat beragam. Secara geologis benua Amerika terbagi mejadi dua bagian. Bagian tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Bagian barat atau pantai pasifik merupakan rangkaian pegunungan muda sirkum pasifik, yaitu pegunungan batu yang terletak di utara dan Cordilleras los andes di selatan.
  2. Bagian pantai timur benua Amerika dapat dijumpai kelompok pegunungan tua.

Benua Amerika memiliki pegunungan, daratan tinggi, daratan rendah, dan sungai. Pegunungan Rocky dan Pegunungan Andes menjadi pegununganutama yang ada di benua Amerika. Di Alaska, puncak tertinggi dari pegunungan berada di dekat pantai. Bahkan, sepertiga dari wilayah Amerika Utara ditutupi oleh pegunungan. Di antara pegunungan – pegunungan tersebut terdapat puncak tertinggi, yaitu:

  1. Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  2. Gunung Bonete dengan ketinggian 6870 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Bolivia.
  3. Gunung Tupungato dengan ketinggian 6800 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  4. Gunung Mercedario dengan ketinggian 6770 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  5. Gunung Huan Carau dengan ketinggian 6723 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Peru.

Di antara pegunungan Rocky dan Andes tersebut, terdapat lembah yang dinamakan The Great Basin, Danau Garam Besar, Sungai Colorado, dan Grand Canyon. Pegunungan lain yang berada di Amerika, yaitu pegunungan Sierra Madre Barat dan Pegunungan Sierra Madre Timur, yang terletak di Mexico. Lembah pegunungan tersebut merupakan wilayah bayangan hujan. Puncak tertinggi di benua Amerika yaitu Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 m, di atas permukaan air laut.

Selain memiliki pegunungan yang utama, benua Amerika juga memiliki sungai utama, yaitu sungai Missisipi, sungai Ohio, dan sungai Missouri yang terletak di Amerika Utara. Selain sungai tersebut, masih terdapat sungai yang lain, yaitu sungai Arkansas dan sungai Red River atau sungai merah. Di Amerika Selatan terdapat sungai Parana, sungai Colorado, sungai Rio Grande dan sungai Amazon. Sungai Amazon merupakan sungai yang terluas di dunia dan terletak di Brazil.

Bagian utara dari benua Amerika terdiri dari pulau – pulau Canadian Shield yang bergeser menuju teluk Hudson. Daerah tersebut merupakan dataran rendah. Sedangkan di sebelah timur Amerika berbatasan dengan dataran tinggi Labrador yang dibatasi oleh sungai St.Lawrence.

Amerika bagian tengah dipisahkan oleh Laut Karibia. Sedangkan, sebelah timurnya banyak pulau – pulau yang ikut bergabung dengan Kepulauan Hindia Barat. Di sebelah selatan, terdapat kepulauan Antila Besar dan kepulauan Antila Kecil. Kemudian, di sebelah utara terdapat negara Kuba dan ada gugusan pulau karang Bahama.

Lebih lanjut, pada bagian Amerika bagian selatan terdapat pegunungan Cordileras de Los Andes. Bagian utara dari pegunungan Cordileras de Los Andes memiliki tiga buah cabang. Cabang – cabang tersebut, yaitu Coldilera Barat, Coldilera Tengah, dan Coldilera Timur. Ketiga Coldilera tersebut dipisahkan oleh lembah sungai Magdalena dan Cauca.

Di sebelah utara (Amerika bagian tengah) ini terdapat dataran tinggi Gulana dan sebelah tenggara terbentang dataran tinggi Brasillia. Lebih lanjut, bentangan alam berupa dataran tinggi utama, yaitu

  1. Dataran tinggi Colorado yang terletak di Amerika Utara.
  2. Dataran tinggi Meksiko yang terletak di Amerika Tengah.
  3. Dataran tinggi Guyana.
  4. Dataran tinggi Brazilia.

Dataran tinggi yang terletak di Amerika bagian utara dinamakan dengan the Great Plains. Sedangkan dataran rendah yang terletak di Amerika bgaian utara dinamakan dengan The Interior Plain.  Daerah tersebut merupakan tempat yang digunakan untuk areal pertanian gandum, jagung, kapas, dan peternakan.

Dataran rendah seperti lembah sungai Amazon, ke arah selatan, berhubungan dengan sungai Parana. Kemudian, di sebelah timur pegunungan Andes terdapat dataran tinggi Patagonia. Sedangkan, di ujung selatan terdapat pulau Tanah Api dan Pulau Falkland.

Selain itu, benua Amerika juga memiliki beberapa danau, yaitu danau Great Slave, danau Superior, danau Michigan, danau Huron, danau Winipeg, dan danau Eire.

Lebih lanjut, pendapat  lain menyatakan benua Amerika juga memiliki beberapa plato atau dataran tinggi. Plato tersebut terletak di antara pantai barat dan timur di benua Amerika. Plato – plato yang terdapat di benua Amerika ini cukup luas, antara lain:

  1. Plato Colorado dan Plato Yukon yang terdapat di Amerika Utara.
  2. Plato British Colombia, Plato Brasil, dan Plato Meksiko yang terletak di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Penjelasan di atas menunjukkan kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Amerika. Pembahasan selanjutnya, akan memberikan penjelasan tentang iklim, flora, dan fauna yang hidup dan berkembang di benua Amerika.

Iklim Benua Amerika

Ditinjau dari letak lintangnya, yaitu 590 Lintang Utara (LU) sampai 720 Lintang Selatan (LS), mengakibatkan benua Amerika memiliki variasi iklim yang lengkap. Mulai dari iklim tropis sampai pada iklim kutub.

Benua Amerika, ketika memasuki musim panas bertiup angin kering yang panas dari Teluk Mexico menuju utara. Kemudian, pada musim dingin, bertiup angin basah dari utara yang disertai dengan topan salju.

Angin barat bertiup di pantai barat Amerika Serikat dan Chili selatan. Angin barat yang melewati pegunungan Andes turun menuju Patagonia. Angin ini merupakan angin kering yang memunculkan guru dan prairie atau Sabana – Stepa.

Selanjutnya, daerah pantai barat memiliki iklim sub – tropis. Angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut dari Atlantik menurunkan curah hujan di sepanjang tahun. Sedangkan, di Amazon beriklim tropis yang basah. Amerika Utara dan Kanada memiliki iklim kutub. Kemudian, di Argentina memiliki iklim sedang, namun kering. Hal tersebut disebabkan letak Argentina yang berada di daerah bayangan hujan.

Lebih lanjut, iklim yang ada di benua Amerika dapat dijelaskan menjadi beberapa iklim. Iklim – iklim tersebut yaitu:

  1. Iklim kutub atau dingin yang banyak mempengaruhi wilayah paling utara dari benua Amerika.
  2. Iklim sedang atau sub – tropis yang banyak mempengaruhi wilayah sebelah selatan iklim kutub. Selain itu, juga terdapat di daerah muara sungai Missisippi dan di sekitar tanjung Kennedy yang terletak di Florida.
  3. Iklim tropis yang dapat dijumpai di Amerika tengah dan sebagian lagi di Amerika Selatan.
  4. Iklim semi gurun dan gurun yang dapat ditemui di daerah bayangan hujan atau daerah – daerah yang terletak di balik pegunungan.
  5. Iklim kontinental atau iklim darat yang terdapat di sekitar danau – danau besat. Tepatnya di bagian timur Amerika Serikat sampai perbatasan Kanada.
  6. Iklim laut yang berada di sepanjang utara pantai Samudra Pasifik, pantai barat Kanada, Amerika Serikat, dan Cili.
  7. Iklim stepa merupakan iklim yang dapat ditemui di sebelah timur pegunungan Rocky sampai menuju Kanasa dan di dataran tinggi Brasil yang terletak di Amerika Selatan.
  8. Iklim kering yang dapat ditemui di Amerika serikat bagian barat, tepatnya di gurun Mojave dan pantai Cili yang terletak di Amerika Selatan. Selain, kedua wilayah tersebut, juga dapat ditemui di Pegunungan Rocky bagian barat.

Demikian, pemaparan tentang iklim yang ada di benua Amerika. Selanjutnya bagaimanakah keadaan flora dan fauna di benua Amerika tersebut? Keadaan flora dan fauna yang hidup dan di benua Amerika, akan dijelaskan di bawah ini.

Flora Benua Amerika

Sama hal nya dengan benua yang lain. Flora yang tumbuh di benua Amerika dibedakan berdasarkan iklim yang berkembang di benua tersebut. Daerah yang mengalami iklim kutub, tumbuh sejenis tumbuhan cemara dan tumbuhan kutub yang lain. sedangkan di bagian tengah yang memiliki iklim sub – tropis tumbuh hutan sub – tropis dan buah – buahan, sayuran, dan macam – macam bunga.

Tanaman daerah tropis yang memiliki hutan hujan tropis, banyak tumbuh di daerah Colombia, Venezuela, Equador, dan Brasil. Sedangkan, dibagian selatan memiliki iklim sedang tumbuh tanaman sub – tropis. Tanaman – tanaman tersebut yaitu cemara, hikori, sprace, artemisia, sequdea, firdouglas, juniperus, ciprus, dan bakau.

Benua Amerika juga memiliki hutan. Banyak terdapat hutan berdaun jarum, terutama yang terletak di Kanada pantai barat Amerika Serikat dan Argentina di bagian selatan. Kemudian, hutan hujan tropis yang dapat ditemui di Amerika Latin.

Tepatnya di Pegunungan Oksidental yang terletak di Meksiko, Ledok Amazon, Guyana, dan Kolombia. Sepanjang sungai Amazon yang merupakan kawasan hutan hujan tropis yang terlebat di dunia di namakan dengan Selva.

Lebih lanjut, benua Amerika juga memiliki sabana. Sabana terletak di bagian utara dan selatan. Terutama di dataran tinggi Guyana, Brasil dan Ledok Orinoko. Sabana yang banyak tumbuh di daerah dataran tinggi di Brasil ini dinamakan dengan Ilano atau Campo. Kemudian, padang rumput atau juga disebut dengan prairi. Padang rumput ini terdapat di Amerika Utara yang membentang di bagian tengah.

Sedangkan tumbuhan gurun dan semi gurun juga terdapat di daerah bayangan hujan, antara lain plato yang terletak di antara Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada dan Gurun Basin, Mojave, Sonora, dan Chihuahua yang ada di Meksiko. Jenis tumbuhan seperti lumut dan rumput kecil juga terdapat di bagian paling utara benua Amerika dan selatan benua Amerika.

Setelah memahami tentang flora yang tumbuh di benua Amerika. Selanjutnya, akan dipaparkan tentang fauna yang hidup di benua Amerika.

Fauna Benua Amerika

Fauna yang  berkembang biak di benua Amerika ini sangat kompleks. Kekompleksan dari fauna ini dibagi ke dalam dua wilayah, yaitu:

  1. Fauna kawasan Nearktik. Fauna ini meliputi Amerika utara hingga sampai perbatasan barat Meksiko.
  2. Fauna kawasan Neotropik. Fauna ini meliputi seluruh kawasan yang ada di Amerika Latin. Di daerah sini banyak terdapat ikan Piranha, Belut Listrik, dan Llama.

Di belahan wilayah benua Amerika yang memiliki iklim kutub, hidup hewan sejenis pinguin, anjing laut, beruang kutub, dan ikan paus. Sedangkan, daerah di Amerika yang memiliki iklim tundra, terdapat hewan rusa, caribou, dan rusa kutub.

Kemudian, di daerah gurun, hewan yang hidup di sana, kebanyakan hewan melata dan serangga, terutama yang sejenis ular. Fauna yang hidup di daerah yang berumput, antara lain bison,kalkun, katak berekor, kancil, dan rusa tutul. Sedangkan, didaerah padang rumput, dapat ditemui beruang hitam, rusa, serigala, dan rubah.

Berdasarkan pemaparan di atas, nampak bahwa benua Amerika memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang membedakan dengan benua yang lain. Lebih lanjut, bagaimanakah penduduk yang hidup di benua Eropa? Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Keadaan Penduduk Benua Eropa

Penduduk yang mendiami wilayah Amerika dapat dikatakan majemuk. Hal tersebut disebabkan terdapat orang – orang dari segala bangsa yang hidup di Amerika. Pada tahun 2006, jumlah penduduk yang menempati wilayah benua Amerika berjumlah 581.449.000 jiwa. Meskipun demikian, penduduk asli benua Amerika, yaitu suku indian. Pada saat ini terdapat beberapa suku indian, yaitu:

  1. Suku Indian Murni
  2. Suku Indian Meztizos
  3. Suku Indian Zambo
  4. Suku Indian Mulatoz.

Suku Indian merupakan percampuran antara orang kulit putih dengan ras lain, baik dari Afrika maupun Asia. Selain, suku indian, penduduk asli benua Amerika yaitu orang eskimo.

Pertumbuhan penduduk di benua Amerika, rata – rata mencapai 0,5% per tahun. Sedangkan, pertumbuhan penduduk di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia sekitar 1,7% per tahun.

Pendapat lain menyatakan bahwa penduduk yang mendiami wilayah benua Amerika, dibedakan menjadi tiga jenis penduduk, yaitu sebagai berikut.

#1 Penduduk asli. Merupakan suku bangsa asli yang hidup di wilayah Amerika Serikat, Amerika tengah bagian timur, dan Amerika Latin. Suku bangsa ini yaitu suku Indian. Selain suku Indian, juga terdapat suku eskimo.

Suku eskimo ini hidup di daerah kutub. Orang eskimo terkenal dengan rumahnya yang antik. Rumahnya tersebut terbuat dari es yang disebut dengan Iglo. Kedua suku tersebut, baik suku Indian maupun Suku eskimo merupakan penduduk minoritas di benua Amerika.

#2 Penduduk pendatang. Penduduk pendatang ini terdiri dari

  1. Orang – orang Eropa, yang terdiri dari Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda, dan Portugis.
  2. Orang – orang Asia, yang terdiri dari Cina, Jepang, dan Melayu.
  3. Orang – orang Afrika, yang terdiri dari orang – orang negro yang terkenal dengan sebutan Black American.

#3 Penduduk campuran. Penduduk campuran ini, antara lain

  1. Ras Mulato merupakan percampuran antara kulit putih dan kulit hitam.
  2. Ras Mestizo merupakan percampuran antara kulit putih dan indian.
  3. Ras Zambo merupakan percampuran antara Indian dan Negro.

Kepadatan penduduk di benua Amerika ini rata – rata 18,34 jiwa/ km2. Sedangkan , pemusatan penduduk, terdapat di Amerika Utara dan Amerika Tengah, sebesar 75% dari jumlah keseluruhan penduduk di benua Amerika. Lebih lanjut, sekitar 75% dari keseluruhan jumlah penduduk di benua Amerika, bermukim di daerah perkotaan.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang penduduk yang asli mendiami wilayah Amerika yaitu suku Indian. Selanjutnya, bagaimanakah pembagian wilayah yang dimiliki oleh benua Amerika dan negara – negara bagiannya.

Hal tersebut akan dipaparkan di pembahasan selanjutnya.Selain dijelaskan tentang wilayah dan negara – negara yang ada di Amerika, juga akan diberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kondisi yang ada di masing – masing wilayah tersebut, untuk memberikan wawasan yang lebih menyeluruh.

Pembagian Wilayah dan Negara – Negara Benua Amerika

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa benua Amerika ini terbagi menjadi 4 wilayah. Wilayah tersebut yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. Masing – masing wilayah memiliki negara, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

Negara – negara di Kepulauan Karibia dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1Antigua dan BarbudaSaint John
2DominikaRoseau
3GrenadaSaint George
4GuadeloupeBasse – Terre
5HaitiPort au Prince
6JamaikaKingston
7KubaHavana
8MartinikPort de Franc
9Puerto RicoSan Juan
10Republik DominikaSanto Domingo
11Saint Kitts dan NevisBasseterre
12Saint Vincent dan GrenadinesKingstown
13Santa LuciaCastries

Negara – negara di Amerika Utara dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1KanadaOtawa
2Amerika SerikatWashington DC
3MeksikoMeksiko City

Keterangan:

Amerika utara merupakan daerah dari benua Amerika yang paling kaya dan maju. Di wilayah ini, banyak kekayaan alam dan tanah yang subur. Bahkan, sumber daya manusia yang ada di Amerika Utara ini mampu menciptakan suatu teknologi yang canggih.

Amerika Utara termasuk Green Land yang memiliki letak astronomis 550 Bujur Barat (BB) sampai 1700 Bujur Barat (BB).

Keadaan penduduk yang menempati wilayah Amerika Utara antara lain Indian Amerika, Eropa, Eskimo, Asia, dan Afika Hitam. Kemudian, bahasa yang digunakan penduduk Amerika Utara, antara lain bahasa Spanyol, bahasa Inggris, dan bahasa Prancis. Agama yang dianut penduduk Amerika Utara yaitu agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Kristen Ortodoks Timur, dan Yahudi.

Amerika Serikat merupakan negara yang maju di Amerika. Wilayahnya yang sangat luas, dan sebagian besar merupakan daratan, dan memiliki hutan yang luas. Di Amerika Serikat terdapat gurun pasir yang sangat luas dan terkenal yaitu Gurun pasir Nevada dan Air Terjun Niagara. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal yaitu gedung putih merupakan Istana Presiden AS, Gedung PBB di New York, dan Patung Liberty.

Negara – negara di Amerika Selatan dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1ArgentinaBuenos Aires
2BrazilBrasilia
3CiliSantiago
4ParaguayAsuncion
5BoliviaLa Pas dab Sucre
6PeruLima
7EkuadorQuito
8KolombiaBogota
9VenezuelaCaracas
10Guyana PrancisCayenne
11SurinameParamaribo
12GuyanaGeorge Town
13UruguayMontevidio

Keterangan:

Amerika selatan ini wilayahnya terbentang dari Terusan Panama di sebelah utara hingga menuju Semenanjung Horn di sebelah selatan. Secara astronomi, letak Amerika selatan, berada pada 350 Bujur Barat (BB) sampai 820 Bujur Barat (BB).

Di Amerika Selatan ini terdapat rangkaian pegunungan Rocky yang dinamakan sebagai Cordileras de los Andes. Selain itu, di Amerika Selatan terdapat dataran rendah lembah Amazon dan dataran tinggi Brasil yang dinamakan dengan Patagonia.

Amerika Latin merupakan julukan yang diberikan bagi Amerika Selatan. Bahasa yang digunakan Amerika Selatan adalah bahasa Spanyol dan bahasa Portugis yang tumbuh dari bahasa latin. Amerika Selatan ini sebenarnya memilki banyak kekayaan alam, namun sayangnya pembangunan di negara – negara yang terdapat di Amerika Selatan terkesan lambat. Meskipun demikian, Brasil menjadi negara yang paling cepat perkembangan perekonomiannya, dibandingkan dengan negara – negara lain yang ada di Amerika Selatan.

Mata pencaharian sebagian penduduk Amerika Selatan yaitu bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Penghasilan utamanya terletak di hasil pertanian. Sayangnya, pengelompokan dan diskriminasi penduduk, masih dapat dirasakan dan dijumpai di Amerika Selatan.

Negara – negara di Amerika Tengah dan ibu kota

NoNama NegaraIbu Kota
1El SavadorSan Salvador
2GuatemalaGuatemala
3Kosta RikaSan Jose
4PanamaPanama
5NikaraguaManagua
6HondurasTegucigalpa
7BelizeBelmopan

Keterangan:

Amerika tengah secara astronomi, terletak pada 770 Bujur Barat (BB) sampai 990 Bujur Barat (BB). Di kawasan ini terdapat terusan yang terkenal, dinamakan terusan Panama. Di sekitar Amerika Tengah ini terdapat banyak pulau. Pulau Kuba, Haiti, dan Republik Dominika menjadi pulau yang cukup besar. Meksiko menjadi negara yang perekonomiannya paling maju di Amerika Tengah, di mana terdapat pertanian dan perindustrian di wilayah ini.

Sebagai daratan yang sempit, penduduk asli yang mendiami wilayah Amerika Tengah yaitu orang Indian. Agama yang dianut penduduk Amerika Tengah yaitu Katolik dan kepercayaan – kepercayaan tradisional. Pertanian menjadi sektor penting bagi penduduk Amerika Tengah.

Demikian penjelasan tentang wilayah dan negara – negara yang terdapat di benua Amerika. Benua yang terdiri dari 3 wilayah tersebut, tentu saja juga melakukan kegiatan perekonomian. Lalu bagaimana kegiatan ekonomi penduduk di benua Amerika?

Kegiatan Ekonomi Benua Amerika

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk benua Amerika di dominasi oleh jasa dan industri. Sedangkan, kegiatan pertanian hanya dilakukan oleh sebagian kecil dari penduduk di Amerika, sekitar 5% saja.

Meskipun, pengelolaan pertanian hanya dilakukan oleh sebagian kecil dari penduduk Amerika, namun lahan yang tersedia cukup luas dan dapat dikelola dengan baik. Jenis tanaman dalam kegiatan pertanian, antara lain gandum, jagung, kapas, barley, sayuran, dan buah – buahan.

Kegiatan industri yang dilakukan penduduk Amerika berada di sekitar danau Besar, Chicago, Detroit, Toronto, Montreal, Pittsburgh, dan Quebec. Wilayah – wilayah tersebut merupakan kota industri yang utama di Amerika Utara.

Selanjutnya, kegiatan peternakan. Daerah yang digunakan untuk peternakan penduduk Amerika berada di padang rumput atau lereng Pegunungan Rocky. Hasil peternakan berupa susu, daging, wol, keju, dan mentega. Sedangkan, kegiatan peternakan, berada di wilayah pantai utara, danau besar, Laut Karibia, dan Samudra Atlantik.

Kegiatan pertambangan banyak ditemukan di Amerika Latin. Barang tambang yang dihasilkan yaitu minyak bumi, batu bara, timah, bijih besi, nikel, uranium, dan tembaga.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat diketahui bahwa kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh penduduk Amerika, meliputi pertanian, industri, jasa, peternakan, dan pertambangan. Lalu negara mana yang tergolong negara maju di benua Amerika?

Negara – negara Maju Benua Amerika

Negara – negara maju yang terdapat di benua Amerika ada dua. Negara – negara tersebut, yaitu sebagai berikut.

#1 Amerika Serikat. Dikatakan maju sebab:

  1. Mata pencaharian utama dari penduduk Amerika Serikat yaitu di bidang industri.
  2. Penduduk asli yang mendiami wilayah Amerika yaitu bangsa Indian dan bangsa Eskimo.
  3. Wilayahnya berupa dataran rendah dan pegunungan.

#2 Kanada. Dikatakan maju sebab:

  1. Negara Kanada berada di dekat Kutub Utara.
  2. Kegiatan ekonomi utama yang dilakukan oleh penduduk di negara Kanada yaitu di bidang pertanian.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa negara Amerika dan Kanada dapat dikatakan cukup menonjol dalam kehidupan ekonomi dan sebagai negara yang maju, diantara negara lain yang lain. Tentu saja dengan berbagai ciri khas wilayah yang dimiliki oleh  masing – masing negara.

Membahas tentang ciri – ciri suatu daerah, lalu apakah ciri – ciri lain yang dimiliki oleh benua Amerika, yang menjadikannya berbeda dengan benua – benua yang lain di dunia dan sebagai icIon khas dari benua tersebut.

Ciri – ciri Benua Amerika

Sebagai benua yang terbesar kedua di dunia, terdapat beberapa ciri – ciri khusus. Ciri – ciri khusus tersebut ditinjau dari karakteristik geografis, yaitu sebagai berikut.

  1. Air terjun Niagara sebagai air terjun yang terkenal di dunia. Air terjun ini terletak di perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat. Luas air terjun ini mencapai 250.000 mil persegi. Bahkan, air terjun ini mampu menampung air hingga mencapai 250.000 kaki kubik per jam.
  2. Hollywood yang terletak di Amerika Serikat merupakan pusat industri film yang paling terkenal dan menjadi impian bagi setiap aktor dan aktris di dunia.
  3. Pusat industri komputer.
  4. Mata uang yang digunakan yaitu uang dolar. Mata uang ini digunakan sebagai mata uang internasional.
  5. Negara Brasil merupakan negara yang mampu menghasilkan kopi terbesar di dunia.
  6. Lembah Amazon menjadi lembah yang paling besar di dunia.
  7. Padang pasir Atacania yang terletak di Cili merupakan padang pasir yang paling kering di dunia.

Beberapa ciri – ciri dari benua Amerika tersebut menjadi tempat pariwisata yang sangat terkenal di dunia, seperti air terjun Niagara. Lalu pariwisata apa lagi yang terdapat di benua Amerika?

Pariwisata di Benua Amerika

Selain, Air terjun Niagara, benua Amerika juga memiliki objek wisata yang lain. Objek wisata tersebut, yaitu:

1# The Grand Canyon yang terletak di Amerika Serikat. Di tempat ini terdapat tebing – tebing yang berdiri kokoh dan sungguh mengesankan.

2# Honolulu yang terletak di Hawai. Di Honolulu ini dapat dijumpai kebudayaan khas negara Hawai dan memiliki pasir Wakiki yang sangat indah. Pasir pantai Wakiki ini sangat lembut dan nampak pemandangan ombak yang besar di pantai tersebut. Selain pantai dan tarian, juga terdapat pegunungan di puncak Diamond Head. Pegunungan ini memiliki kawah gunung berapi. Luas kawah tersebut 350 hektar, namun memiliki pemandangan yang sangat mempesona.

via: ines.bg

3# Sedona yang terletak di Arizona. Sedona ini merupakan oase raksasa yang terletak di tengah gurun Arizona. Bahkan, di Sedona ini juga terdapat lembah dan batuan – batuan merah yang tertata secara sempurna. Selain itu, Sedona dapat juga digunakan untuk kegiatan hiking.

4# Naples yang terletak di Florida. Naples merupakan tempat yang menyajikan tentang alam pantai, yang dinamakan Sunny Nappoly. Selain itu, Naples juga memiliki pulau – pulau yang terpencil dan padang gurun Everglades.

5# Fernando de Noronha yang terletak di Brasil. Fernando de Noronha merupakan nama dari pantai yang indah yang terletak di Brasil, wilayah Amerika Latin. Selain, pemandangan alam khas pantai, di tempat ini juga terdapat tebing – tebing alami yang indah.

Masih terdapat beberapa tempat wisata yang lain, yang ada di Amerika. Setiap tempat wisata tentu memiliki kelebihan yang berbeda – beda sesuai dengan jenisnya. Pariwisata ini juga dimanfaatkan oleh penduduk di benua Amerika untuk kegiatan perekonomian.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa benua Amerika merupakan benua terbesar kedua yang ada di dunia. Benua yang ditemukan oleh Christopher Columbus ini, memiliki suku asli, yaitu Indian dan Eskimo. Benua ini terbagi atas empat wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia, di mana masing – masing wilayah memiliki negaranya masing – masing.Kegiatan perekonomian yang dilakukan penduduk benua Amerika juga beragam, mulai dari sektor industri, jasa, pertanian, pertambangan, hingga pada kegiatan pariwisata.

Demikan penjelasan tentang benua Amerika, semoga kehadiran artikel ini dapat membantu, sobat.

Referensi:

  1. Tim Guru Penerbit HB. 2015. Buku Pintar Pasti Lulus Sekolah SD Kelas 6. Jakarta: Penerbit HB.
  2. Suparman. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial: IPS 6 untuk Sekolah Dasar/ MI Kelas 6. Jakarta: Grasindo.
  3. Forum Tentor. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  4. Pujiastuti, Y.S., Tamtomo, T.D.H., dan N.Suparno. 2007. IPS Terpadu 3B: untuk SMP dan MTs kelas IX Semester 2. Jakarta: Erlangga.
  5. Tim Guru Eduka. 2015. 99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian SD/MI Kelas 6. Depok: Cmedia.
  6. Sulestari, S. 2007. Get Smart IPS: Kumpulan Soal untuk Kelas VI SD/MI. Bandung: Grafindo.
  7. Kurnia, A. 2007. IPS 3B: SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  8. Hartati S., Kusuma, IM., dan Rita S. 2009. Seri Panduan Belajar dan Evaluasi Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 6. Jakarta:Grasindo.
  9. Nugraha, D.P., dan Hidayat, E. 2006. Seri IPS: Geografi dan Sosiologi 3 SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  10. Mu’in, I. 2004. Pengetahun Sosial : Geografi SMP Kelas 3. Jakarta: Grasindo.
  11. Munawir, dkk. 2007. Cakrawala Geografi SMP Kelas IX 3. Jakarta: Yudhistira.
Tinggalkan Balasan 4

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sestu

Sestu

Trimakasih, sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam pembelajaran IPS

yunita

yunita

terima kasih infonya kak
perknlkan nama saya Yunita 1722500158 dari STMIK ATMA LUHUR
jgan lupa kunjungi website kami di atmaluhur.ac.id

Nova Oseva

Nova Oseva

wah terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat 🙂
perkenalkan saya Nova Oseva (1722500124) dari STMIK Atma Luhur
kunjungi website kami di atmaluhur.ac.id

ionbisa

ionbisa

sungguh sangaat luar biasa benua amerika, terima kasih untuk infonya yang luar biasa, jangan lupa kunjungi website kami di entrybuana.com