Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Bahasa Inggris sangat penting pada saat ini, pada era globalisasi terdapat banyak perkembangan disegala bidang.Contohnya dibidangan teknologi, perdagangan, bisnis, ekonomi, dll.

Diera globalisasi memungkinkan terjadi banyaknya persaingan, tidak hanya di bidang perdagangan tetapi bisa saja dibidang bisnis contoh nyata dari persaingan bisnis pada saat ini adalah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Dengan adanya MEA memungkinkan banyak warga negara asing bebas memasuki suatu negara yang tergabung dengan ASEAN. Mereka datang untuk mendapatkan peluang kerja, maka dari itu terdapat persaingan yang kuat antara warga negara asli dan warga negara asing. Dalam menghadapi persaingan yang cukup kuat ini maka dibutuhkan skill yang handal.

Definisi

Salah satunya keterampilan dalam berahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Kenapa harus Bahasa Inggris?

Karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional, karena bahasa inggris digunakan lebih dari ¾ negara di dunia ini,maka dari itu untuk mempermudah dalam berkomunikasi dengan warga asing kita bisa menggunakan bahasa inggris. Dan di era globalisasi ini keberadaan bahasa inggris mulai digemari, banyak orang yang berusaha menguasai bahasa inggris.

Langkah – Langkah

Lalu bagaimana cara menguasai bahas inggris dengan cepat dan benar?

Dibawah ini terdapat tips-tips untuk mempelajari bahasa inggris dengan cepat dan mudah.

1# Kita harus memiliki minat yang kuat

Dengan memiliki minat yang kuatuntuk bisa menguasai bahasa inggris itu merupakan suatu permulaan yang baik, Kita harus memiliki rasa senang atau suka terhadap bahasa inggris.

Karena maindset kita cukup berpengaruh terhadap aktivitas kedepannya, jika kita berfikir positif dan selalu optimis maka akan membawa pengaruh yang baik, akan tetapi jika kita berfikir negatif dan pesimis maka akan berdampak buruk.

2# Kita mulai mengenali apa itu bahasa inggris

Buatlah diri kita beradaptasi dengan bahasa inggris, kenali sedikit demi sedikit apa itu bahasa inggris, apa fungsinya, apa tujuannya, dan apa manfaatnya jika kita bisa  menguasai bahasa inggris.

Dengan kita mengetaui pentingnya bahasa inggris kita bisa lebih termotivasi untuk belajar bahasa inggris. Buatlah diri kita merasa nyaman ketika belajar bahasa inggris, hindari sifat pesimis dan jangan cepat merasa bosan, jika merasa bosan kita bisa mencari suasana yang baru dalam pembelajaran bahasa inggris.

Contohnya :

a# Mendengarkan lagu-lagu yang menggunakan bahsa inggris

Terkadang bagi setiap orang dalam cara belajar berbeda-beda, mungkin ada yang menyukai suasana yang sunyi dan tenang ketika belajar akan tetapi terkadang ada orang yang membutuhkan bantuan musik untuk belajar, karena seseorang akan lebih cepat mengingat lirik lagu daripada mengingat materi pelajaran.

Maka dari itu kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk cepat dalam menghafal kata dan vocab dalam bahasa inggris, Dengan mendengarkan lagu, khususnya menggunakan bahasa inggris seseorang akan lebih mudah mengingat beberapa kata dan artinya.

b# Membaca buku dengan menggunakan bahasa inggris

Bagi orang yang suka membaca buku, ini merupakan alternatif dalam belajar bahasa inggris, untuk menambah kosak kata kita di bahasa inggris kita bisa mencari salah satu buku dengan menggunakan bahasa inggris, kita baca dan garis bawahi kata yang tidak kita tau artinya kemudian kita bisa membuka kamus dan mencari tau arti yang sebenarnya.

c# Menonton film dengan subtitle inggris

Menonton film adalah kegiatan yang tidak membosankan bagi sebagian orang, hal ini bisa kita gunakan untuk belajar dalam bahasa inggris. Pilihlah film dengan menggunakan subtitle bahasa inggris.

Apabila film tersebut sangat bagus maka kitaakan tetap mengingat dialog dalam film tersebut dan kita akan mencari tau tentang arti dalam dialog film tersebut. Dengan itu kita bisa menambah kosa kata kita dibahasa inggris.

3# Bergabung di komunitas bahasa inggris (speaking club) atau bergabung di lembaga kursus Bahasa Inggris.

Apabila kita ingin menguasai bahasa inggris kita bisa memperdalam kemampuan kita dibahasa inggris dengan cara bergabung di lembaga kursus bahasa inggris, disana kita akan mempelajari bahasa inggris dari dasar sampai tingkat yang tinggi, dan kita bisa mengembangkan keterampilan kita berbicara dengan menggunakan bahasa inggris.

4# Selalu lakukan praktek dalam berbicara menggunakan bahasa inggris

Dengan banyak latihan maka kita akan terbisa dengan hal tersebut, begitu juga dengan bahsa inggris. Apabila kita selalu berlatih semaksimal mungkin dalam berbicara menggunakan bahsa inggris maka kita akan terbiasa untuk mengeluarkan kata-kata dalam bahasa inggris. “Do our practice to get the maximal thing

5# Mulailah berani berbicara didepan umum

Kita bisa memulai berbicara menggunakan bahasa inggris diruang lingkup yang terkecil, contohnya : diruanglingkup keluarga,lalu dengan teman sekelas dengan guru dan kitabisa mencoba berbicara didepan umum, untuk membiasakan diri menghadapi orang lain. Kita bisa mengikuti lomba pidato dengan bahasa inggris, presentasi dalam bahasa inggris, menulis karya ilmiah dengan bahasa inggris, dll

Keuntungan

Kuncinya adalah dalam belajarbahasa inggris kita haru membutuhkan niat, mengingat dan berlatih. Karena dengan menguasai bahasa asing kita bisa mendapat banyak keuntungan  antar lain :

  1. Lebih percaya diri
  2. Mudah dalam mendapatkan segala kesempatan didalam persaingan bisnis
  3. Mendapatkan banyak penghargaan, baik dipekerjaan atau suatu kompetisi
  4. Memungkinkan berkomunikasi dengan pihak asing

CONTOH

Pronunciation Practice

Amid : /e:mid/

Seattle : /si’aetl/

Emerald : /’emereld/

Bainbrige island : /’beinbride ‘eilend/

Stroll around : /stroul e’raund/

Gallery : /’gaelari/

Boutiques : /bu ‘tik/

Cozy : / keuzi/

Cafes : /kae ‘fei/

Numerous : / ‘nueres/

Leisure : /’liser/

Sophisticated : / se ‘fistikeited/

To appear : /tu a’pir/

Be enclosed : /bi: in’klouzd/

Qualification : /kwa life ‘keisen/

In order to : /in ‘order tu/

Requirement : /re ‘kwairement/

Colleagues : /’ka :lig/

Consideration : /ken, side’ reisen/

Be suited : /bi: su:tid/

Resume : /ri: zum/

Distincive : /di: syinktiv/

Captivity : /kaep’tiviti/

Domesticate : /de’ mestikeit/

Retain : /ri’ tein/

Distract : /di’ straekt/

Herd : /he: rd/

Gestation : /dse’ steisen/

Foal : /foul/

Mutation : /mju: ‘teisen/

Pedantic : /pi’ daentik/

Severe : /si’ vir/

Counterclockwise : /’kaunter ‘kla: kwaiz/

Violent : /’vaielent/

Visible : /’vizibel/

Interchangeably : /,inte’ tseindebli/

Debris : /be’ bri:/

Makeup : /meik ap/

Destructive : /di’ straktv/

Precede : /pri’ sid/

Course : /kours/

Belittle : /bi’ litl/

Ostracize: /’ostrasaiz/

Inadequate : /in ‘aedikwat/

Instigator : /’isteigeiter/

Instill : /in’ stil/

Cource : /’kouers/

Demeaning : / di’ mi:ning/

Tear down ; /ter daun/

Subtle : /’satl/

Stunted: /’stantid/

Devastating ; /’devasteitin/

Dengan selalu berlatih pronaunciation, kita bisa membangun sikap, pengetahuan, serta keterampilan kita melalui kegiatan berkomunikasi yang aktif.

Teruslah berlatih, otomatis kita akan terbiasa dalam pengucapan kata-kata tersebut bahkan yang lainnya.

 

Daftar Pustaka :

  1. Buku paket Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MK Kelas XII diterbitkan oleh kurikulum dan pembukuan, Balitbang, Kemdikbud.
  2. learningenglish.voanews.com/content.html
  3. Doff, A. 1988. Teach English: A Training Course for Teachers.
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *