Mengenal Bagian Bagian Komet dan Jenisnya

Jagat raya ini terdiri dari berbagai benda langit yang amat banyak jumlahnya dan menempati ruang yang begitu luas. Salah satu benda langit yang ada dalam alam semesta yang luasnya tak terbatas ini adalah komet. Komet merupakan salah satu bagian dari jagat raya, yang juga sering muncul melintas di tata surya sebagai tempat bumi berevolusi.

Lantas, apa itu komet? Apa saja bagian – bagian komet? Dan apakah ada jenis -jenis komet yang dikenal di jagat raya ini? Berikut akan ada penjelasan mengenai komet beserta jenis jenis dan bagian – bagian komet.

Mengenal Komet

Komet adalah sejenis bintang berekor atau bintang kukus, yang merupakan bagian dari tata surya dan mengorbit matahari dengan lintasan elips. Dibandingkan dengan planet lain, komet memiliki ukuran yang lebih kecil dengan orbitnya yang miring memanjang atau berbentuk elips.

Orbit komet ini pada umumnya ada tiga bentuk, yakni bentuk orbit hiperbola, parabola, dan elips. Komet juga dianggap sebagai anggota tata surya yang terdiri dari pecahan benda angkasa, es, dan gas yang membeku.

Bagian Bagian Komet

Struktur komet terdiri atas kepala dan ekor komet. Bagian -bagian komet ini memiliki karakteristik khasnya masing -masing.

a# Kepala komet

Kepala komet merupakan bagian yang lebih terang dari komet dan terdiri dari bagian inti dan koma. Kepala komet memiliki diameter lebih dari 65.000 km, yang meliputi inti dan koma.

  • inti komet: adalah pusat kepala komet, yang berupa gumpalan es, dan terdiri dari H2O, CO2, NH3, dan CH4.
  • koma: adalah bagian yang menyelubungi inti komet, dan terdiri dari debu dan gas.

b# Ekor komet

Jika dilihat dari bentuknya, ekor komet dapat dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu ekor debu (melengkung) dan ekor gas (lurus). Ekor komet ini memiliki panjang yang dapat mencapai hingga ribuan kilometer. Arah ekor komet selalu menjauhi atau berlawanan dengan matahari.

Kenapa ekor komet selalu menjauhi matahari? Ini disebabkan oleh adanya tekanan dari angin matahari (solar wind) dan radiasi matahari (solar radiation).

Jenis Jenis Komet

Komet juga ada beberapa jenis. Jika dilihat dari bentuk dan panjang lintasannya, maka komet dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu komet berekor panjang dan komet berekor pendek.

a#  Komet Berekor Panjang

Komet berekor panjang adalah komet dengan garis lintasan yang sangat jauh, dan melalui daerah – daerah yang sangat dingin di angkasa. Karenanya, ekor komet ini berkesempatan menyerap gas – gas dari daerah yang dilaluinya.

Ketika mendekati matahari, komet tersebut akan melepaskan gas sehingga dapat membentuk koma dan ekor yang sangat panjang. Contoh komet ekor panjang adalah Komet Kohoutek yang melintas di dekat matahari setiap 75.000 tahun sekali, dan ada pula Komet Halley yang melintas setiap 76 tahun sekali.

b#  Komet Berekor Pendek

Komet berekor pendek adalah komet yang garis lintasannya sangat pendek. Karena garis lintasannya yang pendek, komet ini kurang memiliki kesempatan untuk menyerap gas – gas di daerah yang dilaluinya.

Jadi, ketika komet tersebut mendekati matahari, komet melepaskan gas yang sangat sedikit sehingga hanya dapat membentuk koma dan ekor yang sangat pendek, atau bahkan hampir tidak berekor.

Contoh komet berekor pendek adalah Komet Encke yang melintas mendekati matahari setiap 3,3 tahun sekali.

Penampakan Komet dari Bumi

Dari bumi, komet terkadang dapat dilihat dengan jelas saat melintasi matahari. Peristiwa tampaknya lintasan komet ini pernah terjadi beberapa kali dalam sejarah umat manusia. Misalnya, pada tahun 1705, Edmund Halley memperkirakan bahwa komet pernah terlihat di tahun 1531, 1607, dan 1682 dan kembali lagi pada 1758.

Penampakan dari komet yang diketahui oleh Edmund Halley inilah yang membuat ada salah satu dari sekian banyak komet, yang diberikan nama komet Halley. Rata-rata periode munculnya orbit dari komet Halley adalah antara setiap 76 hingga 79 tahun sekali. Komet Halley yang terakhir terlihat adalah pada tahun 1986 yang lalu.

Inti atau pusat dari komet Halley diperkirakan memiliki ukuran kurang lebih 16x8x8 km. Inti komet Halley sangat gelap. Diperkirakan, komet Halley ini akan tampak lagi dari bumi pada tahun 2061.

Selain komet Halley, ada juga berbagai macam nama komet lain yang dikenal. Beberapa di antara nama komet tersebut antara lain komet Hyakutake dan komet Hale-Bopp.

Referensi :

Hartono. 2009. Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Materi lain:

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *