Belajar Tentang Arti dan Hikmah Ibadah Shalat

Abdul Wahid

Ibadah shalat tentu sudah menjadi kewajiban kita bersama-sama sebagai seorang yang beragama Islam (muslim). Dalam agama Islam, shalat juga dikenal sebagai tiangnya agama.

Jadi, barangsiapa yang rajin menjaga shalatnya, tentu menjaga tiang tersebut berdiri dengan kokoh. Sebaliknya, jika orang tersebut tidak bisa menjaga ibadah shalatnya, maka orang tersebut sama saja dengan meruntuhkan agamanya.

Jangan lupa LIKE FP kami

Menjalankan ibadah shalat bagi orang yang beriman tentulah harus sesuai dengan dengan waktu yang telah ditentukan dan melaksanakannya di tempat yang suci lagi bersih.

Nah, Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang arti dari ibadah shalat itu, beserta hikmah dibalik ibadah shalat yang diperintahkan oleh Allah SWT. kepada kita semua.

A. Arti dari Ibadah Shalat

Ibadah shalat adalah ibadah yang sangat penting, sehingga dalam rukun Islam ibadah shalat ini menempati nomor dua setelah syahadat.

Secara bahasa, shalat diartikan sebagai doa. Sedang, menurut istilah shalat adalah suatu ucapan dan gerakan yang telah ditentukan syariat, yang mana diawali dengan bacaan takbir (Allaahu Akbar) dan di akhiri dengan ucapan salam (Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh(u))

Selain itu, shalat adalah suatu bentuk bukti pengabdian diri kita kepada Allah Dzat Yang Maha Kuasa. Selain itu, ketika kita menjalankan ibadah shalat berarti kita juga berdoa, memohon ampun dan bersyukur kepada Allah SWT.

Ibadah shalat juga salah satu ibadah yang kelak di akhirat akan diperhitungkan pertama kali. Jika seseorang rajin, tekun, serta baik dan bagus dalam menjalankan dan menjaga ibadah shalatnya. Maka amal perbuatan yang lain tentunya dinilai sebagai amal perbuatan yang baik dan bagus pula.

B. Hikmah dari Ibadah Shalat

Hikmah dari ibadah shalat, akan diberikan kepada mereka yang menjalankan ibadah shalatnya dengan penuh rasa ikhlas, khusyu, dan sesuai dengan rukun dan syarat shalat. Hikmah dari ibadah shalat ini tentu sangatlah bermanfaat bagi diri kita ataupun orang-orang yang ada di sekitar kita..

Adapun hikmah dari menjalankan ibadah shalat tersebut adalah:

  1. Agar senantiasa mengingat Allah SWT.
  2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  3. Melatih diri kita agar disiplin waktu
  4. Melatih untuk hidup tertib dan teratur
  5. Menjadikan hidup menjadi damai sejahtera
  6. Menjadikan hati tentram dan tenang
  7. Bersikap rendah hati
  8. Membangun persatuan, persatuan, dan persaudaraan
  9. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan tercela
  10. Hidup menjadi rukun dan damai

Semoga dari kajian singkat di atas bisa memberikan semangat bagi kita dan orang-orang yang berada di sekeliling kita semua untuk senantiasa tekun dan rajin dalam menjalankan ibadah shalat sehari-hari. Juga agar terhindar dari siksaan api neraka di akhirat kelak.

Sumber:

  • Mohammad Rifa’i, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, (Semarang: PT. Karya Toha Putra), 2012
  • Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas III (edisi revisi), (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2018
  • Software Kamus Besar Bahasa Indonesia v.1.1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *