Profil Lengkap Anoa – Hewan Endemik Indonesia yang Terancam Punah

Ada yang tahu hewan menarik apa yang hanya dimiliki oleh Indonesia? Hewan ini mempunyai kaki empat, bertubuh besar dan berbulu cukup lebat. Hmm, belum tahu? Okay, clue satu lagi ya. Hewan ini endemik di Pulau Sulawesi.

Ya, ini adalah hewan Anoa. Menyebut kata hewan endemik Sulawesi, maka yang terbilang populer adalah hewan Anoa. Hewan yang dikatakan mirip rusa atau mirip kerbau ini adalah hewan yang terbilang menarik karena spesiesnya secara alami hanya pernah ditemukan di wilayah Sulawesi dan Pulau Buton saja.

Anoa juga terkadang disebut sebagai midget buffalo atau kerbau kerdil atau sapi utan. Secara klasifikasi biologi, hewan ini merupakan subgenus dari Bubalus. Anoa yang bisa ditemukan di Indonesia ini pun ada dua macam.

Pertama adalah jenis anoa lembah atau lowland anoa (Bubalus depressicornis). Anoa jenis ini tinggal di wilayah dataran rendah. Kedua, adalah hewan mountain anoa (Bubalus quarlesi). Keduanya biasa hidup di wilayah hutan pegunungan dan terkadang juga disebut sebagai kerbau air.

Banyak yang menganggap bahwa hewan ini cantik dan menarik. Terutama, bagian tanduknya. Namun, justru karena kecantikannya ini, hewan ini jadi sering diburu karena ingin diambil tanduknya. Selain itu, penduduk lokal juga ada yang memburu hewan ini untuk diambil dagingnya.

Nah, kali ini, kita akan membahas tentang hewan unik dan mengagumkan yang merupakan endemik Indonesia, khususnya di Pulau Sulawesi ini. Jenis anoa yang akan dibahas akan dikombinasikan antara jenis anoa gunung dan anoa lembah. Siap berkenalan dengan hewan endemik ini? Yuk.

Nama

Nama dalam bahasa Indonesia : Anoa

Nama dalam bahasa Inggris : Mountain Anoa and Lowland Anoa

Nama latin : Bubalus quarlesi and Bubalus depressicornis

 Klasifikasi Anoa

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Class : Mammalia

Order : Artiodactyla

Family : Bovidae

Subfamily : Bovinae

Genus : Bubalus

Species : B. depressicornis (anoa lembah) / B. quarlesi (anoa gunung)

Makanan Anoa

Anoa adalah sosok hewan herbivora. Tahu khan apa itu hewan herbivora? Ya, anoa adalah hewan pemakan tumbuh – tumbuhan. Hewan ini memakan aneka macam tanaman yang ada di hutan.

Jenis tanaman paling umum yang dimakan oleh Anoa adalah jenis tanaman palm, pakis/ paku, jahe, rerumputan, dan buah -buahan yang tumbuh di area sekitar tempat tinggalnya.

Ciri ciri Anoa

  • Anoa ini tampak seperti rusa, walau sebenarnya dalam segi kekerabatan lebih dekat pada kerbau air.
  • Berat anoa dewasa sekitar 150 hingga 300 kg.
  •  Memiliki mantel bulu berwarna coklat gelap atau hitam. Tapi warna ini berubah antara bulan februari dan april, setelah mengalami pergantian bulu. Setelah pergantian bulu, bulu tebal anoa ini akan berwarna lebih cerah, terutama di bagian kepala, leher, hingga lengan.
  • Memiliki tanduk. Tanduk anoa ini berbentuk datar di bagian depan, tapi membentuk segita dari bagian tengah sampai ujungnya.

Cara Reproduksi Anoa

Reproduksi anoa dapat berlangsung sepanjang tahun. Anoa pada umumnya sudah mengalami masa kematangan seksual di usia 2 tahun. Meski demikian, informasi mengenai proses reproduksi anoa, baik anoa yang tinggal di lembah, maupun anoa gunung, masih sangat minim.

Tapi, diketahui bahwa para anoa betina yang telah melakukan perkawinan, akan melahirkan satu keturunan dalam setahun. Masa kehamilan Anoa terjadi sekitar 275 hingga 315 hari.

Meskipun anoa umumnya bersifat soliter atau menyendiri, anoa betina tetap akan membentuk kawanan ketika hendak melahirkan. Setelah bayi -bayi anoa lahir, mereka akan bisa segera berjalan hanya beberapa menit kemudian.

Seperti umumnya hewan mamalia, anoa betina juga akan menyusui anaknya, merawat dan melindungi anoa -anoa kecil yang merupakan anaknya. Hal ini berlaku untuk anoa gunung, maupun anoa lembah. Sementara peran anoa jantan dalam proses pertumbuhan bayi -bayi anoa ini tidak banyak diketahui.

Simak juga: Hiu Putih – Profil Lengkap Predator Terbesar di Dunia yang Haus Darah

Habitat Anoa

Pada dasarnya, ada dua jenis spesies anoa yang diketahui. Pertama adalah anoa lembah atau anoa yang biasa hidup di habitat lembah dan dataran rendah. Anoa jenis ini bisa di wilayah dataran yang rendah.

Kedua adalah jenis anoa gunung. Anoa gunung dapat ditemukan di wilayah -wilayah pegunungan di wilayah hutannya. Anoa adalah hewa endemic Sulawesi, sehingga hewan ini paling banyak dan secara alami hanya ditemukan di wilayah Sulawesi.

Sulawesi adalah suatu wilayah pulau yang dilaluigaris equator, sehingga membuatnya mengalami dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Musim penghujan secara umum berlangsung pada bulan November sampai Maret, sedangkan musim kemarau umumnya terjadi pada bulan April hingga Oktober.

Di Sulawesi, terdapat banyak gunung dan pegunungan, termasuk pegunungan api yang aktif maupun tidak aktif. Karena banyak terdiri dari pegunungan, maka tanah di sana sangatlah subur. Tanah Sulawesi mampu memproduksi aneka jenis tanaman dengan subur. Jadi, anoa yang tinggal di daerah subur ini pun memiliki cukup makanan yang berlimpah.

Status Anoa

Jumlah populasi Anoa di seluruh dunia, yang tercatat adalah antara 3000 hingga 5000 ekor. Jumlah anoa terus mengalami penurunan sejak awal tahun 1900-an. Penurunan jumlah populasi Anoa ini umumnya disebabkan oleh berkurangnya daerah habitatnya karena dijadikan pemukiman manusia, perburuan dan penembakan oleh militer.

Kini, anoa masuk dalam golongan Appendix I atau CITES dan terdafar sebagai hewan terancam punah oleh IUCN. Serta juga termasuk dalam hewan terancam punah oleh US Federal List.

Keunikan

Predator

Satu -satunya yang diketahui memburu Anoa adalah manusia. Manusia memburu anoa untuk diambil dagingnya, tanduknya dan kulitnya.

Sifat

Spesies anoa bukanlah hewan yang bisa beradaptasi dengan baik terhadap keberadaan manusia. Karenanya, ketika wilayah Sulawesi semakin padat penduduknya, hewan anoa pun menjadi semakin berkurang jumlahnya karena merasa tempat tinggalnya terganggu dan berkurang.

Lama hidup

Untuk anoa lembah, masa hidupnya diketahui antara 20 tahun di alam liar, dan dapat bertahan hidup hingga 31 tahun di dalam pemeliharaan manusia. Sementara masa hidup untuk anoa gunung, masih belum banyak diketahui. Tapi, diperkirakan lama hidupnya hampir menyerupai anoa lembah.

Deskripsi

Spesies Anoa adalah hewan endemik Indonesia. Hewan ini hanya ditemukan di Pulau Sulawesi dan Pulau Buton di sekitar wilayah pesisir tenggara. Hingga kini, masih belum ada laporan bahwa anoa pernah ditemukan di wilayah -wilayah lain yang berdekatan atau berada di sekitaran pulau Sulawesi.

Untuk anoa gunung, mereka biasa hidup di wilayah dengan ketinggian 1000 hingga 2.300 meter di atas permukaan air laut. Sedangkan jenis spesies anoa lain dapat ditemukan di sekitaran pantai.

Sumber:

1. http://www.iucnredlist.org/details/3128/0
2. http://animaldiversity.org/accounts/Bubalus_quarlesi/
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Anoa

Foto:

http://www.chesterzoo.org/~/media/islands%20images/sulawesi/anoa-in-islands-1.jpg?la=en
Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


www.anekuteun.com

www.anekuteun.com

makasih banyak atas informasinya mas…!!!

Admin

Admin

sama sama… 🙂