21 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Setelah membaca tentang para wanita hebat di dunia ini, Kamu tentu akan setuju kalau wanita bukanlah sosok yang lemah. Wanita memang sering diidentikkan dengan makhluk yang lembut, lemah, dan bahkan tak berdaya. Padahal, kodrat wanita yang sesungguhnya justru jauh lebih kuat dari pada pria.

Hmm, bagaimana bisa? Lihat saja para wanita yang terkesan lemah dan manja sekali pun, mereka sanggup menanggung rasa sakitnya melahirkan. Padahal, rasa sakit luar biasa ini bahkan sudah membuat para pria menyerah. Hal ini sudah terbukti dari pengakuan para pria yang telah menjajal sendiri sensasi rasa sakitnya melahirkan melalui alat “Pain of Childbirth” di Rumah Sakit Jinan di China.

Tapi, kali ini bukan soal sakitnya rasa melahirkan yang akan kita bahas. Kita akan membahas mengenai wanita -wanita paling berpengaruh di dunia. Kenyataannya, walau pun sering dianggap sebagai makhluk yang lemah, tapi banyak juga wanita yang sukses membuktikan bahwa dirinya cukup hebat dalam melakukan hal besar. Bahkan, tak sedikit wanita hebat di dunia yang sukses mengubah wajah dunia.

Lantas, siapa saja daftar wanita paling berpengaruh di dunia yang dengan kehebatannya ini, mampu mengubah dunia? Berikut adalah sosok wanita inspiratif dunia yang wajib Kamu tahu.

Anne Frank (1929-1945)

Apa pun itu, Saya percaya bahwa setiap orang memiliki hati yang sangat baik. -Anne Frank

Nama Anne Frank begitu dikenal karena tulisannya dalam buku diary yang mengungkap tragedi mengerikan holocaust, sebuah pembunuhan massal yang dilakukan oleh Nazi Jerman. Gadis cilik itu bahkan dijuluki the human face of holocaust”.

Apa yang dilakukan oleh Anne Frank sering dianggap sebagai hal yang sederhana, sehingga predikatnya sebagai wanita hebat dan berpengaruh sering diragukan. Gadis yang kala itu masih berusia belasan tahun itu memang hanya menulis sebuah buku harian. Namun, dari buku harian yang mengisahkan tentang Nazi dan Holocoust inilah, dunia dapat mengungkap mengenai tragedy yang membunuh 6 juta orang Yahudi ini.

Diary Anne Frank menuturkan mengenai pelariannya bersama dengan keluarganya dari kejaran Nazi selama 25 bulan. Tanpa tulisannya ini, dunia mungkin tak akan mengerti bahwa tragedi ini benar adanya, dan memang sungguh mengerikan. Sesungguhnya, apa yang diajarkan bukan sekedar keberpihakan terhadap kaum Yahudi. Lebih dari itu, ia mengajarkan mengenai segala bentuk tindakan negatif yang timbul lantaran perbedaan rasis, kepercayaan, suku dan perbedaan lainnya.

Bunda Teresa (1910-1997)

Tidak setiap kita dapat melakukan hal hebat. Tapi, kita dapat melakukan hal kecil dengan cinta yang hebat -Bunda Teresa

Nama Bunda Teresa atau Mother Teresa tentu sudah tidak asing lagi bukan? Namanya begitu populer sebagai seorang yang begitu berjasa dalam merawat orang -orang berpenyakit kusta yang terbuang di negaranya, India. Pengorbanan hidupnya yang begitu besar, ditambah kasih sayangnya yang tulus, membuatnya layak dianugerahi dengan Nobel Peace Prize tahun 1979.

Yang paling mengagumkan dari sosoknya, adalah pengorbanannya yang begitu tulus. Ia bahkan telah mengabdikan hingga 30 tahun hidupnya untuk melakukan pekerjaan kemanusiaan, sebelum ada seorang pun yang mengenalnya. Filosofi hidupnya sesungguhnya sederhana, tapi begitu bermakna. Baginya, jika kita tidak bisa membagi makanan untuk seratus orang, maka cukup bagikan makanan kita untuk seorang saja.

Aung Sang Suu Kyi (1945- … )

Dalam masyarakat dengan orang-orang yang benar-benar meyakini nilai mereka sendiri, perempuan tidak hanya ditoleransi tetapi dihargai. -Aung Sang Suu Kyi

Aung Sang Suu Kyi adalah seorang politisi Burma atau Myanmar yang menempatkan diri sebagai oposisi pemerintah. Wanita ini adalah seorang pejuang demokrasi yang terpaksa harus mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun.

Kampanye aktifnya terhadap demokrasi membuat pemerintah sangat anti terhadapnya. Karenanya, ia pun terus saja dipenjarakan oleh pemerintahan Myanmar yang kondisinya memang sedang tidak stabil. Pembebasannya baru dilakukan tahun 2010 lalu, itu pun karena dorongan internasional yang mengkampanyekan kebebasannya.

Di tahun 1991, Aung Sang Suu Kyi juga telah dianugerahi hadiah nobel karena ia dianggap sebagai teladan seorang warga sipil yang luar biasa dan paling berani di Asia.

Diana – Princess of Wales (1961-1997)

Setiap orang harus dihargai. Setiap orang mempunyai kemampuan untuk memberi balasan. -Lady Diana

Putri Diana adalah seorang yang begitu dicintai oleh rakyatnya. Putri dengan latar belakang sebagai rakyat biasa ini adalah sosok yang mengagumkan dan penuh dengan welas asih. Ia bahkan layak mendapat hadiah peraih nobel perdamaian atas pengabdiannya dalam kegiatan amal, dan kampanye melawan penambangan yang merusak,

Benazir Bhutto (1953-2007)

Demokrasi adalah pembalasan dendam yang terbaik. -Benazir Bhutto

Wanita dengan nama lengkap Mohtarma Benazir Bhutto ini memang layak disebut sebagai perempuan hebat yang sukses memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia. Namanya tercatat sebagai wanita pertama yang menjadi pemimpin bagi sebuah negara muslim. Ya, dia adalah Perdana Menteri Paksitan yang ke-11, dan yang pertama pula sebagai perdana menteri wanita.

Masa jabatannya bermula di tahun 1993 dan berakhir di tahun 1996. Tak hanya sekedar memimpin, Benazir Bhutto, membuktikan kehebatannya sebagai seorang wanita pemimpin. Ia pula yang berhasil mengakhiri kediktatoran militer yang berlangsung di negaranya.

Sebagai seorang wanita, ia pun juga berjuang untuk meningkatkan martabat dan hak-hak wanita. Tak hanya itu, ia sukses memperbaiki nasib para perempuan sekaligus nasib rakyatnya yang berada di lapisan terbawah dari penduduk termiskin di Pakistan. Sayangnya, ia harus meninggal di tahun 2007, karena pembunuhan.

Michelle Obama (1964- … )

Masih ada begitu banyak sebab yang layak untuk jadi alasan pengorbanan, dan masih banyak sejarah yang belum dibuat. -Michelle Obama

Sebagai seorang istri dari Presiden Amerika Serikat, Michelle Obama memang sudah selayaknya punya kemampuan untuk mempengaruhi dunia ini. Namun, hal menarik dari dirinya adalah karakternya yang terkesan begitu sederhana.

Ia adalah satu -satunya lady of the United States yang terbiasa tidur di apartemennya saja di Chicago. Wanita yang selalu tampil cantik dan stylish ini pun kini berjuang dalam kampanye untuk melawan obesitas pada anak.

Oprah Winfrey (1954 – … )

Bersyukurlah terhadap apa yang kamu miliki, maka kamu akan memilikinya lebih. Jika kamu hanya memikirikan apa yang tidak kamu miliki, maka tidak akan pernah ada yang cukup. -Oprah Winfrey

Oprah Winfrey merupakan sosok wanita inspiratif dunia yang menjadi seorang dermawan yang sangat hebat. Sebagai sosok wanita yang terlahir dalam keadaan miskin, ia tentu telah merasakan betapa nelangsanya hidup dalam suasana yang kumuh. Maka, ketika ia sukses menjadi seorang pembawa acara Talk Show dengan bayaran US$ 2,7 Milliar, ia pun jadi orang yang begitu dermawan.

Florence Nightingale (1820-1910)

Saya pikir, perasaan seseorang yang dituang dalam kata -kata adalah percuma, mereka harus mengubahnya menjadi tindakan untuk menghasilkan sesuatu. -Florence Nightingale

Florence Nightingale sering dijuluki sebagai “The lady with the lamp”. Perannya dalam menyelematkan banyak nyawa sungguh begitu berharga. Ia adalah seorang perawat yang mengobati para tentara yang terluka selama perang Crimean berlangsung.

Dedikasinya yang tinggi, serta semangatnya sukses mengubah pandangan dunia terhadap persepsi stereotip pada profesi suster ini. Ia juga sukses dalam mendesak pembenahan kondisi sanitari dengan sangat sabar sehingga hasilnya bisa menyelamatkan banyak sekali nyawa.

Baca juga: 37 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Mungkin Pas Buat Kamu

Marie Stopes (1880-1958)

Ketika suami dan istri datang bersama, bahkan ketika mereka telah berpasangan selama bertahun -tahun, selalu harus ada petualangan baru menyegarkan. -Marie Stopes

Marie Stopes merupakan seorang scientist asal Inggris yang cukup dikenal karena pengaruhnya terhadap kehidupan hampir setiap orang di dunia. Kenapa? Ini karena Marie Stopes- lah yang menjadi pelopor terhadap upaya mengontrol kelahiran dan pendidikan seks pada abad ke-20.

Angela Merkel (1954 – … )

Tak seorang pun di Eropa yang akan ditinggalkan. Tak seorangpun di Eropa akan dikeluarkan. Eropa hanya akan sukses bila kita bekerja bersama. -Angela Merkel

Angela Dorothea Merkel adalah wanita Jerman yang memiliki peranan penting dalam dunia politisi. Wanita kelahiran 17 Juli 1954 ini ditunjuk sebagai Chancellor Jerman di tahun 2005. Penunjukkan dirinya ini pun membuatnya menjadi Chancellor wanita pertama yang memimpin negara -negara berkekuatan ekonomi tinggi di Eropa.

Margaret Thatcher (1925-2013)

Jika kamu memang terlahir dengan bakat mudah disukai, maka kamu harus siap untuk melakukan kompromi terhadap apa pun, dan kamu tidak akan mendapat penghargaan apapun. -Margaret Thatcher

Margaret Thatcher merupakan seorang politisi wanita yang cukup kontroversial dalam kebijakan yang diambilnya. Namun, karakternya begitu teguh dan pantang menyerah untuk memperjuangkan apa yang diyakininya benar. Karakternya yang penuh dengan keteguhan ini pun bahkan membuatnya mendapat julukan “the Iron Lady”.

Kesuksesannya menjadi seorang Perdana Menteri Wantia pertama di Inggris memang tak diragukan lagi. Ia memenangkan pemilu di tahun 1979 dan berhasil menjadi seorang pemimpin kelima terlama di negaranya. Dalam masa pemerintahannya inilah, ia selalu mengeluarkan kebijakan -kebijakan politikyang khas dan seringkali tidak dapat dikompromi.

Millicent Fawcett (1847-1929)

Sebagian besar kecemasan untuk meningkatkan taraf pendidikan para wanita, juga karena keyakinan akan kebijakan yang cacat terhadap perempuan, yang tidak akan dipertahankan. -Millicent Fawcett

Millicent Fawcett adalah sosok wanita hebat yang dengan sukarela mendedikasikan hidupnya untuk melawan dan memperjuanglan hak -hak kaum wanita. Meski berkampanye, tapi Millicent Fawcett selalu melakukannya dengan damai.

Indira Gandhi (1917-1984)

Memaafkan adalah bentuk dari keberanian. -Indira Gandhi

Indira Gandhi adalah seorang sosok Perdana Menteri yang cukup fenomenal di India. Ia sukses memimpin India selama 15 tahun. Selama masa kepemimpinannya ini, Indira Gandhi terus membawa India ke dalam sistem demokrasi yang dianggap lebh baik. Sayang, walau pun ia sungguh populer dan dikagumi, ia tetap harus meninggal dalam sebuah usaha pembunuhan di tahun 1984.

Rosa Parks (1913-2005)

Saya tahu bahwa seseorang harus mengambil langkah pertama dan saya berpikir untuk tidak bergerak. -Rosa Parks

Nama Rosa Parks sangat identik dengan perjuangan hak asasi manusia. Dialah “the first lady of civil rights” atau wanita pertama dalam hak asasi manusia. Rosa Parks adalah wanita campuran Amerika Afrika yang menjadi pioneer dalam perjuangan untuk hak- hak asasi Manusia dalam sebuah pembedaan ras di Alabama tahun 1950an.

Kisahnya yang paling populer adalah saat tahun 1955, dia pernah menolak untuk memberikan tempat duduknya kepada seorang penumpang kulit putih pada sebuah bus di Montgomery, Alabama. Hal ini berarti ia pun menentang perintah dari supir bus yang lebih mengutamakan kaum kulit putih. Memon inilah yang kemudian memicu aksinya untuk melakukan boikot terhadap bus Montgomery yang menunjukkan kecacatan melalui tindakan rasisme dalam sebuah sistem trasportasi publik.

Baca juga: Kisah Nyata Inspiratif yang Mengajarimu Cara Menyesal Terbaik – Frank Abagnale Jr.

Marie Curie (1867-1934)

Tak ada hal dalam hidup ini yang perlu ditakuti. Yang ada hanya tentang sebuah pengertian. -Marie Curie

Marie Curie yang lebih akrab disapa sebagai Madame Curie ini adalah seorang ahli ilmu fisika dan kimia, dari Perancis. Madame Curie ini lah yang menjadi wanita pertama penerima dua buah penghargaan nobel sekaligus. Wanita kelahiran 7 November 1967 ini juga merupakan professor pertama di University of Paris dan wanita pertama pula yang berhasil menempatkan namanya dalam France’s national mausoleum, the Paris Panthéon, karena jasa -jasanya.

Eva Peron (1919 – 1952)

Ketakutan terbesar dalam hidup, adalah untuk dilupakan -Eva Peron

Wanita dengan nama lengkap Maria Eva Duarte ini lebih akrab disapa Evita atau Eva. Ia adalah seorang aktris yang kemudian berubah menjadi istri kedua dari Presiden Argentina, Juan Peron. Wanita yang lahir di Los Todos, Argentina, 7 Mei 1919 ini memang terkenal karena kisahnya yang kontroversial. Ia adalah sosok yang dikagumi, tapi sekaligus dibenci.

Namun, jasa besarnya terhadap umat manusia tetap begitu terasa. Wanita yang terkenal akan kecantikannya ini pun terkenal sangat senang dalam membantu dan membela rakyat miskin yang ada di negaranya.

Mary Wollstonecraft (1759 – 1797)

Jika para wanita dididik untuk tergantung, yakni, untuk bertindak sesuai dengan kehendak orang lain, melakukannya, benar atau salah, di mana kita berhenti? -Mary Wollstonecraft

Mary Wollstonecraft’s adalah tokoh wanita legendaris yang telah sekian lama memperjuangkan persamaan derajat para wanita. Ia adalah pejuan hak -hak wanita di abad ke-18. Abad di mana manusia seolah terbagi ke dalam dua wujud yang sama sekali berbeda derajat dan martabatnya.

Wollstonecraft’s adalah orang yang mempelopori tentang pemikiran bahwa wanita dan pria seharusnya berada pada posisi yang sejajar sebagai manusia. Pemikirannya ini dituangkan dalam sebuah publikasi berjudul A Vindication of the Rights of Womanpada 1792. Publikasinya ini pula yang dianggap sebagai pemikiran atau filosofi feminism yang pertama kali muncul.

Eleanor of Aquitaine (1122 – 1204)

Sebuah pohon tidak dikenal dengan daunnya, tidak pula dengan bunganya, melainkan dengan buah-buahnya. -Eleanor of Aquitaine

Eleanor of Aquitaine adalah wanita paling fenomenal di abad ke-12. Ia begitu populer karena ia merupakan wanita terkaya dan paling berpengaruh pada masanya. Eleanor of Aquitaine adalah Ratu pertama dari Perancis. Dua dari putranya, yang bernama Richard dan John adalah Raja dari Kerajaan Inggris.

Wanita yang begitu termasyur ini dikenal sangat cantik, santun, berpendidikan dan cerdas. Eleanor pun memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perpolitikan di Eropa barat karena kelihaiannya dalam membangun aliansi dan mempengaruhi kedua putranya.

Boudicca (Abad pertama)

Membutuhkan keahlian untuk memenangkan perang, tapi otaklah yang dibutuhkan untuk memenangkan perang. -Boudicca

Boudicca adalah tokoh wanita yang begitu inspiratif yang hidup pada abad pertama sesudah masehi. Wanita ini adalah sosok hebat yang sukses memimpin beberapa suku untuk melakukan pertentangan terhadap pendudukan Romam. Di bawah komandonya ini, ia sukses mengumpulkan 100.000 pasukan untuk meruntuhkan Colchester dan kemudian London.

Susan B. Anthony (1820 – 1906)

Pria, hak -haknya dan tidak lebih. Wanita, hak -haknya dan tidak kurang -Susan B. Anthony

Nama Susan B. Anthony begitu populer sebagai salah seorang pejuang emansipasi wanita di Amerika. Ia menentang segala bentuk perbudakan, sekaligus gencar mempromosikan hak -hak para pekerja dan terutama hak para wanita. Dia juga mulai untuk mengkampanyekan untuk memberikan hak suara bagi para wanita di Amerika.

Raden Ajeng Kartini (1879 – 1904)

Tak ada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus -menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. -R.A. Kartini

Sosok Raden Ajeng Kartini juga tak boleh dilupakan sebagai tokoh wanita yang paling berpengaruh di dunia. Ia adalah sosok yang menjadi tonggak bagi emansipasi wanita bagi seluruh rakyat Indonesia.

Wanita yang lahir di Jepara,  pada 21 April 1879 ini mempunyai latar belakang keluarga yang cukup terpandang sehingga ia pun terbilang beruntung karena bisa mengenyam pendidikan. Walau ia sendiri beruntung, ia merasa begitu prihatin dengan kondisi wanita di sekitarnya yang begitu minim akan pendidikan.

Belum lagi, ia sendiri jgua harus menghadapi berbagai adat istiadat yang dianggapnya begitu mengekang kaum perempuan. Pemikirannya yang begitu mulia dituangkannya dalam surat -surat yang lantas di dikirim pada sahabatnya J.H. Abendanon dan istrinya, Rosa.

Surat -surat inilah yang kemudian jadi karya fenomenal yang mengubah pandangan terhadap hak kaum wanita di Indonesia. Buku berjudul Door Duisternis tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang ini adalah simbol dari karya dan pemikiran besar beliau.

 

Referensi :

  1. www.realbuzz.com/articles/top-10-inspirational-women-and-their-most-inspiring-quotes/
  2. www.emlii.com/9146884/31-Most-Inspiring-Women-Who-Changed-The-World
  3. www.biographyonline.net/people/women-who-changed-world.html
  4. myhero.com/hero.asp?hero=anne_frank
  5. www.marieclaire.co.uk/blogs/549329/inspirational-women-from-history.html

Ilustrasi:

1. i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/00750/mother_teresa-%20404_750202c.jpg
2. sickofyourcrap.com/wp-%20content/uploads/2015/08/Anne-Frank-Desk.jpg
3. youthconnect.in/wp-%20content/uploads/2014/09/IndiraGandhi.jpg
4. worldfuturefund.org/Reports/Espeech/eva2.jpg
5. news.images.itv.com/image/file/558296/img.jpg
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *