Faktor yang menyebabkan curah hujan di Indonesia tidak merata berdasarkan informasi tersebut adalah ….

Soal:

Kedudukan posisi matahari yang berada di belahan bumi selatan menyebabkan tekanan udara tinggi di kawasan Benua Asia dan tekanan udara rendah di kawasan Benua Australia. Pada saat yang bersamaan, curah hujan di Indonesia bagian barat lebih tinggi dibandingkan Indonesia bagian timur. Faktor yang menyebabkan curah hujan di Indonesia tidak merata berdasarkan informasi tersebut adalah ….

Jawaban:

Saat kedudukan matahari berada di belahan bumi selatan (BBS), tekanan udara di kawasan Benua Asia menjadi tinggi (musim dingin di belahan bumi utara), sedangkan tekanan udara di kawasan Benua Australia menjadi rendah (musim panas di belahan bumi selatan). 

Pada saat yang bersamaan, bertiuplah angin dari kawasan Benua Asia ke kawasan Benua Australia yang disebut dengan angin muson barat. Karena angin yang bertiup tersebut melalui Samudra Hindia, maka angin tersebut mengandung uap air yang banyak, sehingga pada bulan Oktober hingga Maret (kedudukan matahari berada di BBS) Indonesia mengalami musim penghujan. 

Akibat pengaruh angin muson barat, wilayah Indonesia bagian barat memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan Indonesia bagian timur karena wilayah timur karena awan yang dibawa angin muson barat sudah banyak menjatuhkan airnya di wilayah Indonesia barat sebelum tiba di wilayah Indonesia timur.

Posting Komentar untuk "Faktor yang menyebabkan curah hujan di Indonesia tidak merata berdasarkan informasi tersebut adalah …."