Profil Negara Togo

Artikel ini akan membahas mengenai negara Togo mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, etnis, mata uang, lagu kebangsaan, kuliner khas, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta unik negara.

Profil Negara Togo

A. Sejarah Negara Togo

Hingga tahun 1884, Togo merupakan zona peralihan antara negara bagian Asante dan Dahomey dan berbagai kelompok etnis disana hidup terisolasi satu sama lain. kemudian, wilayah ini menjadi bagian dari prokterat Todoland Jerman yang diduduki oleh pasukan Inggris dan Perancis pada 1914.

Pada 1922, Liga Bangsa-Bangsa menyerahkan Togoland bagian timur ke Perancis dan bagian barat ke Inggris. Pada 1946, pemerintah Inggris dan Perancis menempatkan wilayah etrsebut di bawah perwalian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sepuluh tahun kemudian, Togoland Britania dimasukkan ke dalam Gold Coast sedangkan Togoland Perancis menjadi rpeublik otonom dalam Uni Perancis. Lalu, Togo memperoleh kemerdekaan pada 1960.

B. Peta Negara Togo

Negara Togo memiliki luas wilayah 56.785 km persegi dengan ibu kotanya berada di Lome.

C. Batas Negara Togo

  1. Sebelah barat berbatasan Ghana
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Benin
  3. Sebelah utara berbatasan dengan Burkina Faso
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik 

D. Bendera Negara Togo

Bendera Negara Togo

Bendera Togo berbentuk persegi panjang dan memiliki lima garis horizontal dengan ketebalan yang sama. Warna bendera tersusun berupa garis bergantian warna hijau dan kuning. Selain itu di sudut sisi atas, terdapat pula persegi warna merah yang di dalamnya terdapa Bintang berwarna putih.

Lima garis horizontal melambangkan lima wilayah berbeda di negara tersebut. Warna selang seling melambangkan keberagaman masyarakat Togo. Lima garis melambangkan tindakan dan tekad negara untuk mengatasi hambatan yang ada.

Warna merah melambangkan pertumpahan darah para martir Togo selama perjuangan kemerdekaan. Selain itu, juga sebagai bentuk ekspresi dari atas kesetiaan dan patritisme masyarakat, cinta, amal, dan kesetiaan mereka kepada negara.

Warna putih melambangkan kedamaian, kebijaksanaan, cahaya, dan kesucian. Sedangkan Bintang berujung lima melambangkan kehidupan dan kebebasan. 

Warna hijau melambangkan kekayaan, pertanian, hutan, dan alam melambangkan harapan dan masa depan bangsa. Warna kuning melambangkan kekayaan mineral dna keyakinan bahwa kerja keras dan kekuatan akan membawa kesejahteraan.

E. Lambang Negara Togo

Lambang Negara Togo
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang Togo diresmikan pada 14 Maret 1962. Lambang negara ini memiliki dua ekor singa merah yang melambangkan keberanian. Kedua singa tersebut yang saling memegang busur panah dan anak panah sebagai lambang seruan kepada warga negara untuk aktif membela kebebasan.

Di bagian bawah terdapat tulisan “RT” merupakan kependekan dari “Republique Togolaise” yang berada di antara singa dan semboyan negara. selain itu, terdapat pula dua gambar bendera negara di bagian atas tulisan RT dan pita putih yang bertuliskan smeboyan negara yaitu “Travail, Liberte, Patrie” yang artinya “Bekerja, Kebebasan, Tanah Air”.

F. Sistem Pemerintahan Negara Togo

Sistem pemerintahan Togo adalah republik parlementer multipartai dimana presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri yang ditunjuk oleh presiden sebagai keplaa pemerintahan. Kekuasaan legislative dilakukan oleh Majelis Nasional.

G. Kondisi Geografis Negara Togo

Togo memiliki enam wilayah geografis. Pantai berpasir dataran rendah di wilayah pesisir sempit karena dataran pasang surut dan laguna dangkal yang terbesar adalah Danau Togo.

Di luar pantai terdapat Dataran Tinggi Ouatchi, yang membentang sekitar 20 mil (32 km) ke daratan pada ketinggian sekitar 200 hingga 300 kaki (60 hingga 90 meter). Ini adalah wilayah yang disebutterre de barre, tanah laterit (kemerahan, terlindih, dan mengandung besi).

Di timur laut dataran tinggi terdapat dataran tinggi, dengan ketinggian yang tertinggi mencapai 1.300 hingga 1.500 kaki (400 hingga 460 meter). Wilayah ini dikeringkan oleh Sungai Mono dan anak-anak sungainya termasuk Ogou dan sungai-sungai kecil lainnya.

Dataran tinggi di bagian barat dan barat daya secara bertahap menanjak menuju Pegunungan Togo, juga dikenal sebagai Pegunungan Togo-Atakora yang membentang melintasi pusat Togo dari selatan-barat daya hingga utara-timur laut.

Gunung Agou (Puncak Baumanann) memiliki ketinggian sekitar 3.235 kaki (986 meter) dan menjadi gunung tertinggi di Togo. Di luar pegunungan Togo, bagian utara terdapat dataran tinggi batu pasir Sungai Oti. Wilayah ini merupakan kawasan sabana yang dialiri oleh Sungai Oti, sebagai salah satu anak sungai utama Volta.

H. Kondisi Iklim Negara Togo

Togo memiliki iklim tropis. Di wilayah selatan, musim hujan terjadi dari pertengahan April sampai Juni dan dari pertengahan September sampai Oktober. Wilayah utara, hanya memiliki satu musim hujan dengan curah hujan rata-rata sekitar 45 inci (1.150 mm) yang sering etrjadi dari Juni hingga akhir September.

Suhu rata-rata tahunan bervariasi dari suhu tertinggi 70an F (pertengahan 20an C) di sepanjang pantai dan di pegunungan hingga suhu terendah 80an F (tinggi 20an C) di dataran tinggi utara.

Suhu minimum harian yang mencapai suhu tertinggi 60an F (rendah 20an C) tercatat di pegunungan terjadi pada Agustus. Suhu maksimum harian pada suhu terendah 100an F (tinggi 30an C) terjadi di utara selama Maret dan April di akhir musim kemarau panjang.

I. Kondisi Ekonomi Negara Togo

Sektor ekonomi terpenting di Togon dalah pertanian dan perdagangan. Mayoritas angkatan kerja di negara ini bekerja di bidang produksi pangan dan tanaman. Tanaman utamanya adalah jagung, sorgum, dan padi. Ekspor utamanya adalah kopi, kapas, dan kakao.

International Monetary Fund (IMF) menempatkan Togo sebagai negara termiskin ke sepuluh di dunia dengan perkiraan sekitar 5% penduduknya hidup di bawha garis kemiskinan dan lebih dari setengahnya mengalami kerawanan pangan. 

J. Agama yang Dianut Masyarakat Negara Togo

Hampir setengah masyarakat Togo beragama Kristen dimana banyak diantaranya beragama Katolik Roma. Terdapat pula komunitas Prostestan, independent, dan komunitas Kristen lainnya yang cukup besar.

Sejak kemerdekaan, Gereja Katolik Roma di Togo dipimpin oleh uskup agung Togo. Gereja utama Protestan (Calvinis) telah lama diperintah oleh moderator Togo.

K. Bahasa Resmi Negara Togo

Bahasa resmi Togo adalah bahasa Perancis. Bahasa resmi ini banyak digunakan untuk urusan bisnis dan pemerintahan. Selain itu, terdapat pula bahasa asli Togo yang banyak digunakan dalam rumun bahasa Niger-Kongo, termasuk di dalamnya bahasa Ewe di selatan dan Kabiye di utara.

L. Etnis yang Ada di Negara Togo

Jumlah populasi Togo sekitar 30 kelompok etnis dimana banyak diantara mereka merupakan imigran dari bagian lain di kawasan Afrika Barat. Kelompok penduduk asli Togo biasnaya banyak yang menetap d wilayah utara dan barat daya negara.

Beberapa etbis yang ada di Togo seperti Gurma, Natimba, Dye, Konkomba, Tamberma, Basari, Moba, Loso (Naudem), Kabre dan Logba, dan Lamba (Namba). Terdapat pula kelompok etnis kecil yaitu Fulani. Di bagian barat daya, masyarakat adat Kwa juga tergabung dalam kelompok Tago tengah yaitu Kposo (Akposso), Adele, dan Ahlo.

M. Mata Uang Negara Togo

Mata uang resmi Togo adalah franc CFA Afrika Barat. Mata uang ini sudah digunakan sejak tahun 1945.

N. Lagu Kebangsaan Negara Togo

Lagu nasional Togo berjudul “Terre de nos aïeux” yang artinya “Tanah nenek moyang kita”. Lagu ini diresmikan pada 14 Oktober 1992. Lagu nasional ini ditulis dan dikomposeri oleh Alex Casimir-Dosseh.

Berikut adalah penggalan lirik lagu lagu nasional Togo, yaitu: 

"Terre de nos aïeux" (French)

Salut à toi pays de nos aïeux,

Toi qui les rendait forts,

Paisibles et joyeux,

Cultivant vertu, vaillance,

Pour la prospérité

Que viennent les tyrans,

Ton cœur soupire vers la liberté,

Togo debout, luttons sans défaillance,

Vainquons ou mourons, mais dans la dignité,

Grand Dieu, toi seul nous a exaltés,

Du Togo pour la prospérité,

Togolais viens, bâtissons la cité.

Dans l’unité nous voulons te servir,

C’est bien là de nos cœurs,le plus ardent désir,

Clamons fort notre devise,

Que rien ne peut ternir.

Seul artisan de ton bonheur, ainsi que de ton avenir,

Brisons partout les chaînes de la traîtrise,

Et nous te jurons toujours fidélité,

Et aimer servir, se dépasser,

Faire encore de toi sans nous lasser,

Togo chéri, l’or de l’humanité.

Salut, salut à l'Univers entier

Unissons nos efforts sur l'immense chantier

D'où naîtra toute nouvelle

La Grande Humanité

Partout au lieu de la misère, apportons la félicité.

Chassons du monde la haine rebelle

Finis l'esclavage et la Captivité

A l'étoile de la liberté,

Renouons la solidarité

Des Nations dans la fraternité.

O. Kuliner Khas Negara Togo

1. Djenkoume

Djenkoume merupakan gorengan tepung jagung tomat tardisional Togo yang disajikan sebagai pelengkap hidangan. Makanan ini dibuat dnegan bawang putih yang dihancurkan, jahe parut, bawang cincang, minyak sawit merah, tomat cincang, pasta tomat, kaldu ayam, dan tepung jagung.

2. Gboma Dessi

Gboma Dessi merupakan hidangan tradional khas Togo yang menggabungkan daging sapi dan bayam. Kemudian direbus bersama dengan tomat, bawang putih, bawang merah, jahe, cabai, dan campuran bumbu gbotemi (cengkeh, adas manis, kapulaga, dan biji ajwain).

P. Tempat Wisata Populer Negara Togo

1. Koutammakaou, Tanah Batammariba

Lanskap Koutammakaou di timur laut Toho meru[akan rumah bagi Batammariba. Batammariba juga dikenal sebagai Otamari, Ottamari, Somba, atau orang Tammari. 

Batammariba membangun rumah menara lumpur yaitu Takienta yang kemudian dikenal sebagai simbol Togo. Lanskap budaya hidup ini masih dihuni oleh masyarakat Batammariba.

2. Taman Nasional Fazao-Malfakassa

Taman Nasional Fazao-Malfakassa merupakan rumah bagi satwa di Togo dan memiliki topografi yang sangat beragam. Beberapa jenis topografi yang dimiliki tamna ini adalah hutan, sabana, tebing berbatu, dan air terjun. Selain itu, temapta ini menjadi rumah bagi 203 spesies mamalia seperti burung, monyetm antelop, dan gajah.

3. Air terjun Kpime

Air terjun Kpime menawarkan kesejukan alam dan hawa tenang karena adanya panorama yang indah.

Q. Fakta-Fakta Unik Negara Togo

1. Togo didominasi populasi muda

Menurut CIA World Factbook, usia rata-rata penduduk Togo adalah 20 tahun. Di negara ini, hampir 60% penduduk berusia di bawah 25 tahun. Angka harapan hidup yang dimiliki Togo cukup rendah yaitu 71,36 tahun.

2. Terdapat praktik Voodoo

Voodoo merupakan tradisi spriritis-animis yang berasal dari leluhur bangsa Afrika Barat. Suku Aja, Ewe, dan Fon di Togo menganut agama Vodun atau bernama juga Vodon, Vodoun, Vodou, Vudu, Voudou, dan Voodoo.

Di togo, praktik Voodoo sebagai sistem kepercayaan yang meluas ke budaya, filsafat, bahasa, senin, tari, musik, dan kedokteran. Pusat sejarah Voodoo di Togo yaitu di kota kecil Togoville di tepi Danau Togo.

3. Togo terkenal akan Kain Kente

Kain Kenter merupakan kain khas Afrika Barat yang memiliki corak berbeda. Kain ini hanya diproduksi di Ghana dan Togo. Kain Kenter memiliki lebih dari 300 pola yang berbeda dimana masing-masing pola memiliki makna simbolis yang unik.

REFERENSI

  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Togo”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/togo?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Togo, Negara Afrika yang Terkenal Memiliki Rumah Menara Lumpur Tradisional”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5288859/6-fakta-menarik-togo-negara-afrika-yang-terkenal-memiliki-rumah-menara-lumpur-tradisional?page=4
  • Macaire K. Pedanou. (2024). “Togo”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Togo
  • Nation Online. (2023). “Togo”. https://www-nationsonline-org.translate.goog/oneworld/togo.htm?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Togo"