Profil Negara Sierra Leone

Sierra Leone berasal dari bahasa Portugis yaitu “Serra Lyoa” yang artinya “Pegunungan Singa”. Pemberian nama ini karena negara ini memiliki perbukitan yang mengelilingi Pelabuhan. Ibu kota Sierra Leone yaitu Freetown menjadi salah stau Pelabuhan alam terbesar di dunia.

Artikel ini akan membahas mengenai negara Sierra Leone mulai dari mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, etnis, mata uang, lagu kebangsaan, kuliner khas, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta unik negara.

Profil Negara Sierra Leone

A. Sejarah Negara Sierra Leone

Sierra Leone didirikan oleh Letnan John Clarkson pada 1792 sebagai pemukiman untuk budak Afrika yang dibebaskan. Budak yang telah diselamatkan dapat memilih untuk menetap disini atau kembali ke tanah air mereka. 

Pemukim pertama dikirim dari Inggris dengan jumlah kurang dari 500 orang. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka meninggal akibat terserang penyakit dan adanya perang suku.

Pemukim kedua berasal dari Nova Scotia yang berjumlah sekitar 1.200 orang dan berhasil membangun kehidupan baru dan memilih menetap di Sierra Leone.

B. Peta Negara Sierra Leone

Luas wilayah Sierra Leone adalah 71.740 km persegi atau 27.699 mil persegi dan beribu kota di Freetown.

C. Batas Negara Sierra Leone

  1. Sebelah utara dan timur berbatasan dengan Guinea
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Liberia
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samdera Atlantik

D. Bendera Negara Sierra Leone

Bendera Sierra Leone

Bendera Sierra Leone diresmikan pada 27 April 1961. Bendera ini memiliki tiga warna yaitu hijau (atas), putih (tengah), dan biru (bawah) yang tersusun secara horizontal.

Warna hijau melambangkan lahan pertanian, pegunungan, dan sumber daya alam yang dimiliki oleh Sierra Leone. Warna putih melambangkan persatuan dan keadilan. Warna biru melambangkan laut dan Pelabuhan alami di Freetown.

E. Lambang Negara Sierra Leone

Lambang Negara Sierra Leone
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang negara Sierra Leone diresmikan pada tahun 1960. Terdapat perisai dan dua pohon kelapa di bagian tengah yang ditopang oleh dua singa warna kuning di sisi kanan dan kirinya.

Di dalam perisaia terdapat tiga obor yang melambangkan perdamaian dan martabat. 

Garis bergelombang biru dan putih di bagian dasar perisai melambangkan lautan. Kemudian di bagian bawah terdapat pita putih yang bertuliskan semboyan negara yaitu “Unity, Freedom, dan Justice” yang artinya “Persatuan, Kebebasan, dan Keadilan”.

F. Sistem Pemerintahan Negara Sierra Leone

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Siera Leone adalah republik demokratis perwakilan presidensial. Maksud dari sistem pemerintahan ini adalah Presiden Sierra Leone bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dengan sistem multi-partai.

G. Kondisi Iklim Negara Sierra Leone

Suhu rata-rata bulanan berkisar dari suhu tertinggi 70an F (pertengahan 20an C) hingga suhu terendah 80an F (atas 20an C) di wilayah pesisir dataran rendah. Di daratan suhunya dapat berkisar dari suhu terendah hingga pertengahan 70an F (rendah 20an F) hingga suhu terendah 80an F. Di timur laut, yang suhu ekstremnya lebih tinggi, rata-rata suhu minimum harian turun hingga pertengahan 50an F (rendah hingga pertengahan 10an derajat Celcius)

Selama musim hujan, dari Mei hingga Oktober, massa udara lembab dari Atlantik mendominasi. Langit berawan, angin bertiup ke barat daya, sinar matahari minim, dan hujan turun hampir setiap hari, terutama Juli dan Agustus. Curah hujan lebih besar di pesisir dibandingkan di daratan; Pegunungan Semenanjung menerima lebih dari 200 inci (5.000 mm) setiap tahunnya, sedangkan wilayah timur laut menerima sekitar 80 inci (2.000 mm) per tahun.

Musim kemarau, dari November hingga April, ditandai dengan adanya angin panas dan kering yang bertiup dari Sahara. Musim hujan cenderung memiliki suhu maksimum harian yang lebih dingin dibandingkan musim kemarau sekitar 10 °F (6 °C). Namun kelembapan relative dapat mencapai 90 persen dalam jangka waktu yang cukup lama, khususnya selama bulan-bulan terbasah, dari Juli hingga September.

H. Agama yang Dianut Masyarakat Negara Sierra Leone

Agama mayoritas di Sierra Leona adalah Islam yang berjumlah sekitar dua pertiga dari jumlah populasi yang ada. Kemudian disusul oleh agama Kristen yang berjumlah seperempat populasi. Sedangkan kurang dari sepersepulugh populasi menganut berbagai agama tradisional.

I. Bahasa Resmi Negara Sierra Leone

Bahasa resmi Sierra Leone adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris digunakan untuk urusan administrasi, pendidikan, perdagangan, teks sekolah, bulletin informasi, dan kumpulan cerita rakyat.

Krio merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Inggris dan berbagau bahasa Afrika. Bahasa ini menjadi bahasa ibu Kreol dan lingua framca negara. Di antara bahasa iger-Kongo, kelompok Mande yang terbesar adalah Mende, Kuranko, Kono, Yalunka, Susu, dan Vai.

Kelompok Mel terdiri dari Temne, Krim, Kisi, Bullom, Sherbro, dan Limba.aksara Vai yang digunakan di Sierra Leone memiliki keistimewaan sebagai salah satu dari sekidir aksara pribumi di Afrika.

J. Etnis yang Ada di Negara Sierra Leone

Terdapat sekitar 18 kelompok etnis di Sierra Leone. Kelompok-kelompok ini memiliki ciri budaya yang mirip seperti perkumpulan rahasia, kepala suku, keturunan patrilineral, dan cara bercocok tanam.

Etnis Mande banyak ditemukan di bagian timur dan selatan negara. etnis Temne banyak ditemukan di tengah dan barat laut. Kemudian etnis lainnya yaitu Limba, Kuranko, Susu, Yalunka, dan Loko bertempat di utara. Terdapat pula tenis Kono dan Kiris yang berada di bagian timur dan etnis Sherbro di barat daya.

Orang kreol merupakan keturunan orang kulit hitam merdeka yang menjajah pantai dari akhir abd ke-18 hingga pertengahan abad ke-19. Orang kreol banyak dijumpai di dalam dan sekitar ibu kota negara.

Sepanjang abad ke-19, orang kulit hitam dari Amerika Serikat dna Hindia Barat juga mulai menetap di Sierra Leone. Hal ini membuat kompleksitas etnis semakin ditingkatkan dengan adanya pedagang dari Lebanon dan India di beberapa pusat perkotaan.

K. Mata Uang Negara Sierra Leone

Mata uang resmi Sierra Leone adalah Leone Sierra Leone (Le, SLL). Uang ini dikeluarkan oleh Bank Sentral Sierra Leone yang bertugas untuk menerbitkan dan mendistribusikan mata uang negara.

Uang kertas lainnya seperti 100 (1988), 500 (1991), 1.000 dan 5.000 (1993), 2.000 (2000) dan 10.000 leone (2004) telah diperkenalkan oleh Bank Sierra Leone pada tahun 2010.

L. Lagu Kebangsaan Negara Sierra Leone

Lagu kebangsaan Sierra Leone adalah “High We Exalt Thee, Realm of the Free” yang artinya “Tinggi Kami Mengagungkan Engkau, Alam Bebas”. Lagu ini diresmikan pada 27 April 1961.

Lagu kebangsaan Sierra Leone ditulis oleh Clifford Nelson Fyle dan dikomposeri oleh John Joseph Akar.

Berikut adalah penggalan lirik dari lagu tersebut:

“High We Exalt Thee, Realm of The Free”

1.

High we exalt thee, realm of the free;

Great is the love we have for thee;

Firmly united ever we stand,

Singing thy praise, O native land.

We raise up our hearts and our voices on high,

The hills and the valleys re-echo our cry;

Blessing and peace be ever thine own,

Land that we love, our Sierra Leone.

2.

One with a faith that wisdom inspires,

One with a zeal that never tires;

Ever we seek to honour thy name,

Ours is the labour, thine the fame.

We pray that no harm on thy children may fall,

That blessing and peace may descend on us all;

So may we serve thee ever alone,

Land that we love, our Sierra Leone.

3.

Knowledge and truth our forefathers spread,

Mighty the nations whom they led;

Mighty they made thee, so too may we

Show forth the good that is ever in thee.

We pledge our devotion, our strength and our might,

Thy cause to defend and to stand for thy right;

All that we have be ever thine own,

Land that we love, our Sierra Leone.

M. Kuliner Khas Negara Sierra Leone

1. Groundnut Stew

Groundnut stew merupakan hidangan yang terdiri dari kacang tanag, bawang cincang, cabai, pasta tomat, dan daging atau ikan. Hidnagan ini kemudian disajikan dengan nasi dan sayuran sebagai pelengkap.

2. Pemahun

Pemahun merupakan hidangan yang dikukus berupa daun ubi jalar, terong Afrika, nasi, minyak sawit, cabai, dan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya dikonsumsi untuk sarapan.

3. Berbagai jenis gorengan 

Beberapa jenis gorengan yang ada di Sierra Leone seperti aksara, kue gari, pisang goreng, kentang goreng, bongo (ikan haring asap), dan ayam goreng. 

N. Tempat Wisata Populer Negara Sierra Leone

1. Bunce Island

Bunce Island dulunya merupakan salah satu pusat perbudakan utama di Afrika Barat atau semacam pulau rahasia. Kemudian pada 1670, Inggris mengambil alih dan memulai Royal African Company of England. 

2. Suaka Simpanse Tacugama

Suaka Simpanse Tacugama terletak di pinggiran Freetown. Tempat ini pertama kali dibuka pada 1995 dan menjadi suka untuk menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi simpanse.

O. Fakta-Fakta Unik Negara Sierra Leone

  1. Pemberian nama Sierra Leone asalnya dari Pedro de Sintra sebagai orang pertama asal Eropa yang memetakan Pelabuhan Freetown.
  2. Sierra Leone memiliki menjadi rumah bagi singa, kuda nil, burung, gajah, dan simpanse. Selain itu, negara ini juga memiliki 99 spesies ikan, 626 jenis burung, 147 jenis mamalia, 67 reptil, dan 35 jenis amfibi.

REFERENSI

  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Sierra Leone”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/sierra-leone?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  •  Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Sierra Leone Salah Satu Negara Penghasil Berlian di Dunia”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5276433/6-fakta-menarik-sierra-leone-salah-satu-negara-penghasil-berlian-di-dunia?page=4
  • Sejarah dan Sosial. (2023). “Nama Ibu Kota Sierra Leone, Negara Kecil di Benua Afrika”. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/nama-ibu-kota-sierra-leone-negara-kecil-di-benua-afrika-20NpP40R7OT/full
  • Davidson S.H.W. Nicol. (2024). “Sierra Leone”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Sierra-Leone

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Sierra Leone"