Profil Negara Senegal

Senegal merupakan negara di Afrika yang terletak di titik paling barat benua. Julukan Senagl adalah “Gerbang ke Afrika” karena terletak di batas ekologi tempat bertemunya padang rumput semi kering, tepi laut, dan hutan hujan tropis.

Artikel ini akan membahas mengenai negara Senegal mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, etnis, mata uang, lagu kebangsaan, kuliner khas, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta unik negara.

Profil Negara Senegal

A. Sejarah Negara Senegal

Senegal telah lama menjadi bagian dari Kerajaan Ghana dan Djolof Kuno. Selain itu, Senegal juga memiliki simpul penting pada rute kafilah trans-Sahara. Hal ini menjadikan negara ini menjadi titik awal kontak Eropa dan diperebutkan oleh Inggris Perancis, Portugal. Kemudian pada abad ke-19, negara ini menjadi negara di bawha kendali Perancis.

B. Peta Negara Senegal

Senegal memiliki luas 196.840 km persegi (76.000 mil persegi) dengan ibu kota negaranya adalah Dakar.

C. Batas Negara Senegal

  1. Sebelah utara dan timur laut berbatasan dengan Mauritania
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Guinea dan Guinea-Bissau
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantika

D. Bendera Negara Senegal

Bendera Negara Senegal

Bendera negara Senegal diresmikan pada 20 Agustus 1960. Warna bender aini merupakan warna Pan-Afrika dan mewakili tiga partai politik yang bergabung membentuk Persauan Progresis Senegel.

Bendera Senegal memiliki tiga warna yaitu hijau (sisi kerekan), kuning (tengah), dan merah (ujung) dengan Bintang warna hijau yang terdapat di bagian engah atau sisi warna kuning bendera.

Warna hijau melambangkan agama Islam, dianggap sebagai warna Nabi, dan melambangkan kemajuan serta harapan. Warna kuning melambangkan kekayaan alam, kecerdasan, seni, dan sastra. Warna merah melambangkan pengorbanan dan warna kehidupan. Sedangkan Bintang hijau melambangkan persatuan dan harapan.

E. Lambang Negara Senegal

Lambang Negara Senegal
Foto: en.m.wikipedia.org

Lambang negara Senegal dirancang oleh Suzanne Gauthier pada tahun 1965. Lambang negara ini memiliki perisai yang melambangkan warna Pan-Afrika yaitu merah, hijau, dan kuning. 

Di sisi warna merah terdapat gambar singa warna kuning yang melambangkan kekuatan dan mewakili kelompok etnis Sengala Utara. Sisi warna kuning terdapat gambar Pohon Baobab sebagai pohon asli Senegal. Di bawah pohon terdapat garis hijau bergelombang yang melambangkan Sungai Senegal.

Di bagian atas perisai terdapat simbol Bintang hijau yang melambangkan Islam, persatuan, dan harapan. Sedangkan di bagian bawah perisai terdapat Ordo yang melambangkan Bintang Ordre National du Lion. Daun lontar juga turut mengapit perisai yang terdapat tulisan semboyan negara yaitu “UN Peuple, UN But, Une Foi” yang artinya “Satu Rakyat, Satu Tujuan, Satu Iman). 

F. Sistem Pemerintahan Negara Senegal

Konstitusi pertama Senegal diumumkan pada 1963 dan direvisi hingga Maret 1998. Kemudian pada Jnauari 2001 sebuah konstitusi baru disetujui pada pemilih. Sejak saat itu, hak asasi manusia merupakan hal yang mendasar, kebebasan politik, serikat buruh, pemisahan agama, dan negara (sekuler).

Senegal menganut sistem pemerintahan republik multipartai. Konstitusi 2001, menetapkan bahwa rezim presidensial yang terpusat presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dipilih melalui hak pilih.

Presiden dapat dipilih untuk dua kali masa jabatan selama tujuh tahun. Menteri diangkat oleh presiden. Senegal juga memiliki badan legislative unicameral (Majelis Nasional) yang sebagian besar anggota dipilih secara langsung.

Semua legislator menjabat selama lima. Senegal memiliki sistem multipartai yang mengakar kuat yang dijamin oleh ketentuan konstitusional sehingga kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legislative dipisahkan.

G. Kondisi Iklim Negara Senegal

Senegal memiliki suhu yang panas dan lembab terutama di musim hujan. Musim hujan terjadi antara Mei hingga November. Selama musim kemarau, suhu tetap panas dan kering.

Curah hujan tahunan di Dakar sekitar 61 sentimeter (24 inci) terjadi antara Juni dan Oktober ketika suhu maksimum rata-rata 27oC (82oF). Suhu minimum terjadi pada Desember hingga Februari adalah sekitar 17oC (63oF). 

Suhu di wilayah pedalaman lebih tinggi dibandingkan wilayah pesisir, dan curah hujan meningkat jauh di wilayah selatan, melebihi 150 sentimeter (60 inci) per tahun di beberapa wilayah.

H. Kondisi Ekonomi Negara Senegal

Sumber daya utama unggulan Senegal adalah ikan, kacang tanah, fosfat, bijih besi, emas, dan titanium. Sekitar 24% PDB Senegal didapatkan dari sektor pertanian berupa produk kacang tanah, millet, sorgum, ubi kayu, beras, dan kapas.

Bidang industri menyumbang sekitar 22% PDB negara dengan jenis industrinya yaitu perikanna, pengolahan hasil pertanian, manufaktur ringan, pertambangan energi, pertambangan minyak, dan konstruksi.

I. Agama yang Dianut Masyarakat Negara Senegal

Sekitar 94% masyakat Senegal menganut agama Islam. Kemudian agama Kristen dan Katolik sebanyak 5%, dan 1% untuk kepercayaan tradisional. Senegal menjadi negara yang terkenal akan toleransi beragama dan kebebasan dalam mengamalkan agama pilihannya uang sudah terjamin oleh hukum yang ada.

J. Bahasa Resmi Negara Senegal

Bahasa resmi Senegal adalah bahasa Perancis. Ahli bahasa di Senegal membagi bahasa Senegal menjadi dua keluaga yaitu Atlantik dan Mande.

Rumpun Atlantik banyak ditemukan di bagian barat dengan bahasa yang banyak digunakan adalah Wolof, Serer, Fula, dan Diola. Sedangkan rumpun Mande ditemukan di bagian timur dengan bahasa yang digunakan adalah Bambara, Malinke, dan Soninke.

K. Etnis yang Ada di Negara Senegal

Sekitar dua perlima dari total populasi yang ada di Senegal merupakan etnis Wolof dimana bahasa mereka paling banyak digunakan di negara ini. Di bawah struktur sosial Wolof, mirip dengan kelompok lain yang dibagi ke dalam kategori kelahiran bebas termasuk bangsawan, ulama, petani, pengrajin, dan budak.

Sekitar sepertujuh populasi menganut etnis Serer. Kemudian disusul oleh etnis Tukulor yang berjumlah lebih dari seperempat populasi. Sebenarnya, etnis Tukulor mulai sulit dibedakan dari etnis Wolof dan Fulani karena mereka sudah sering menikah berbeda etnis.

Sebagian kecil populasi di Senegal merupakan etnis Diola dan Malinke. Kelompok kecil ini terdiri dari orang-orang Soninke dan penguasa kuno Ghana. Terdapat pula etnis Mauri yang sebagian besar tinggal di bagian utara mulai dari Lebu hingga Tanjung Verde. Kelompok ini sebagian besar adalah petani dan menjadi pemilik tanah yang kaya. Lalu, disusul dengan etnis Basari yang mendiami dataran tinggi berbatu seperti Fouta Djallon.

L. Mata Uang Negara Senegal

Mata uang resmi Senegal adalah Franc Communauté Financière d'Afrique (CFA) Afrika Barat. Mata uang ini dikeluarkan oleh Banque Centrale des États de l'Afrique de l'Ouest (BCEAO).

M. Lagu Kebangsaan Negara Senegal

Lagu kebangsaan negara Senegal berjudul “Pincez Tous vos Koras, Frappez les Balafons”. Lagu ini diresmikan pada tahun 1960. Lagu ini juga ditulis oleh Léopold Sédar Senghor dan dikomposeri oleh Herbert Pepper.

Berikut adalah penggalan lirik dari lagu kebangsaan Senegal, yaitu:

“Pincez Tous vos Koras, Frappez les Balafons” (French)

1.

Pincez tous vos Koras, frappez les balafons.

Le lion a rugi.

Le dompteur de la brousse

D’un bond s’est élancé

Dissipant les ténèbres.

Soleil sur nos terreurs, soleil sur notre

espoir.

Debout, frères, voici l’Afrique rassemblée

Chorus:

Fibres de mon coeur vert.

Épaule contre épaule, mes plus que frères,

O Sénégalais, debout!

Unissons la mer et les sources,unissons la

steppe et la forêt!

Salut Afrique mère, salut Afrique mère.

2.

Sénégal toi le fils de l’écume du Lion,

Toi surgi de la nuit au galop des chevaux,

Rend-nous, oh! rends-nous l’honneur de nos

Ancêstres,

Splendides comme ébène et forts comme le

muscle

Nous disons droits-l’épée n’a pas une

bavure.

Chorus

3.

Sénégal, nous faisons nôtre ton grand

dessein:

Rassembler les poussins à l’abri des milans

Pour en faire, de l’Est à l’Ouest, du Nord au

Sud,

Dressé, un même peuple, un peuple sans

couture

Mais un peuple tourné vers tous les vents du

monde.

Chorus

4.

Sénégal, comme toi, comme tous nos héros,

Nous serons durs sans haine et des deux bras ouverts.

L’épée, nous la mettrons dans la paix du fourreau,

Car le travail sera notre arme et la parole.

Le Bantou est un frère, et l’Arabe et le Blanc.

Chorus

5.

Mais que si l’ennemi incendie nos frontières

Nous serons tous dressés et les armes au poing:

Un Peuple dans sa foi défiant tous les malheurs,

Les jeunes et les vieux, les hommes et les femmes.

La Mort, oui! Nous disons la Mort, mais pas la honte.

Chorus

N. Kuliner Khas Negara Senegal

1. Thieboudienne

Thieboudienne merupakan hidangan nasi yang disajikan dengan saus ikan dan sayuran.

2. Yassa au Poulet atau Yassa au Poisson

Yassa au Poulet atau Yassa au Poisson merupakan olahan ayam atau ikan bakar yang ditambah dengan saus bawang dan lemon.

3. Mafé 

Mafé merupakan rebusan yang berbahan dasar kacang. Makanan ini biasnaya disajikan dari satu piring saji.

O. Tempat Wisata Populer Negara Senegal

1. Taman Nasional Niokolo Koba

Taman Nasional Niokolo Koba terletak di bagian timur negara ini. Taman ini dihuni oleh beberapa jenis hewan seperti gajah, antelop, singa, macan kumbang, cheetah, serigala, dan kawanan babi hutan.

2. Taman Nasional Basse-Casamance

Taman Nasional Basse-Casamance terletak di bagian barat daya negara ini. Taman ini menjadi rumah bagi beberapa spesies seperti kuda nil, macan tuutl, kerbau, dan buaya.

3. Suaka Burung Nasional Djoudj

Suaka Burung Nasional Djoudj ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1981. Suaka ini dihuni oleh lebih dari satu juta burung. Beberapa diantaranya seperti ibis sendok Afrika, bangau ungu, pelican putih, dan burung kormoran.

P. Fakta-Fakta Unik Negara Senegal

1. Pohon Baobab sebagai simbol “Kebanggan Lingkungan” Senegal

Pohon Baobab merupakan pohon yang telah bertahan selama berabad-abad di Senegal tidak heran jika pohon ini menjadi simbol negara Senegal. Akan tetapi, keberadaan pohon ini terancam karena adanya perubahan iklim, urbanisasi, dan pertumbuhan populasi.

Pohon Baobab memiliki jenis kayu yang rapuh dan kenyal sehingga kurang cocok untuk dijadikan sebagai furniture. Oleh masyarakat setempat daun Baobab dicampur dengan caouscus dan dimakan. Kulit pohonnya dikupas sebgaai bahan tali. Buah dan bijinya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan minuman dan minyak.

2. Senegal memiliki tujuh situs warisan dunia UNESCO

Adaoun tujuh situs warisan dunia UNESCO yang dimiliki Senegal yaitu Pulau Goree, Lingkaran Batu Senegambia, Taman Nasional Niokolo-Kobo, Delta Saloum, Negeri Bassari, Pulau Saint-Louis, dan Suaka Burung Nasional Djoudj. 

3. Kuda nil pembunuh hidup di sungai Senegal

Di perairan Gouloumbou di Senegal Timur, terdapat kuda nil pembunuh yang telah merenggut sekitar 25 nyawa nelayan dalam satu dekade terakhir.

REFERENSI

  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Senegal”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/senegal?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2022). “6 Fakta Menarik Senegal yang Dijuluki Gerbang Afrika”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5133913/6-fakta-menarik-senegal-yang-dijuluki-gerbang-afrika?page=4
  • Clinton White House. (2021). “Republik Senegal”. https://clintonwhitehouse3-archives-gov.translate.goog/Africa/senegal.html?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Rendy Adrikni Sadikin. (2023). “4 Fajta Senegal, Negara yang Memiliki Patung Tertinggi di Afrika”. https://yoursay.suara.com/ulasan/2023/07/07/144609/4-fakta-senegal-negara-yang-memiliki-patung-tertinggi-di-afrika

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Senegal"