Profil Negara Nigeria

Dulunya, Nigeria beribu kota di Lagos. Kemudian pada tahun 1976 sesuai dengan dekrit yang ada, ibu kota Negara Nigeria dipindah ke Abuja. Saat ini, Lagos menjadi kota komersial dan pusat industri terkemuka di Nigeria.

Artikel ini akan membahas mengenai negara Nigeria mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, etnis, mata uang, lagu kebangsaan, kuliner khas, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta unik negara.

Profil Negara Nigeria

A. Sejarah Negara Nigeria

Sejarah Nigeria terlihat dari adanya perdagangan pemukim di Timur Tengah dan Afrika pada awal 1100 SM. Pada masa itu, banyak peradaban Afrika Kuno yang menetap seperti Kerajaan Nri, Kekaisaran Benin, dan Kekaisaran Oyo.

Agama Islam ada di Nigeria melalui Kekaisaran Bornu antara (1068 M) dan Hausa States sekitar (1385) selama abad ke-11. Agama Kristen masuk ke Nigeria pada bad ke-15 melalui biarawan Augustinian dan Kapusin dari Portugal dimana saat itu Kekaisaran Songhai juga menduduki sebagian wilayah tersebut.

Pada 1851, Lagos (pada masa itu sebagai ibu kota Nigeria) diduduki oleh Inggris dan secara resmi dianeksasi oleh Inggris pada 1865. Hingga kemudian pada tahun 1901, Nigeria menjadi protektorat Inggris.

Periode pemerintahan Inggris berlangsung hingga tahun 1960 ketika gerakan kemerdekaan yang dilakukan oleh rakyat Nigeria menyebabkan Inggris memberikan kemerdekaan. Nigeria pertama kali menjadi negara republik pada 1963. Kemudian pada tahun 1966, Nigeria menyerah pada kekuasaan militer setelah terjadi kudeta berdarah.

Pada 1967, muncul gerakan separatis untuk membentuk Republik Biafra. Akibatnya, terjadi perang saudara di Nigeria yang berlangsung selama tiga tahun. Kemudian pada 1979, Nigeria kembali menjadi negara republik setelah dituliskannya konstitusi baru. Akan tetapi, hal ini tidak berlangsung lama karena pada tahun 1983, militer kembali merebut kekuasaan dan memerintah selama sepuluh tahun.

Pada 1993, direncanakan akan didirikan republik baru akan tetapi dibatalkan oleh Jenderal Sani Abacha. Kemudian pada 1998, Abacha meninggal dan republik keempat didirikan di tahun berikutnya untuk mengakhiri tiga dekade pemerintahan militer yang terputus-putus.

B. Peta Negara Nigeria

Luas wilayah Nigeria adalah 923.769 km persegi. Nama ibu kota dari Nigeria adalah Abuja.

C. Batas Negara Nigeria

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Benin
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Chad dan Kamerun
  3. Sebelah utara berbatasan dengan Niger
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Guinea dan Samudera Atlantik

D. Bendera Negara Nigeria

Bendera Negara Nigeria

Bendera Nigeria diresmikan pada 1 Oktober 1960. Bendera ini dirancang oleh Michael Taiwo Akinkunmi pada tahun 1959. Bendera Nigeria terdiri dari dua warna yaitu hijau dan putih yang tersusun selang seling hijau-putih-hijau secara vertical.

Warna hijau dan putih pada bendera Nigeria sejatinya merupakan simbol bagi orang Nigeria. Warna hijau melambangkan kekayaan alam dan warna putih melambangkan perdamaian.

E. Lambang Negara Nigeria

Lambang Negara Nigeria
Foto: id.m.wikipedia.org

Lambang negara Nigeria terdiri dari dua kuda putih yang melambangkan martabat. Dua kuda yang saling menopang perisai hitam di sisi kanan dan kiri. Warna hitam pada perisai melambangkan kesuburan tanah. Di bagian dalam perisai terdapat bentuk “Y” berwarna putih yang melambangkan Sungai Benue dan Niger.

Di bagian atas perisai terdapat elang berwarna merah yang melambangkan kekuatan. Terdapat pita berwarna hijau dan putih yang bertengger di kaki elang yang melambangkan tanah yang subur.

Di bagian dasar perisai terdapat bunga merah yang melambangkan bunga nasional Nigeria. Bunga merah tersebut dikelilingi oleh lahan hijau. Selain itu, ada juga pita berwarna kuning yang melambangkan semboyan negara yaity “Unity, Justice, and Progress”. 

F. Sistem Pemerintahan Negara Nigeria

Sistem pemerintahan Nigeria adalah republik federal dan memiliki 36 negara bagian. Selain itu, negara ini juga dibagi lagi ke dalam 774 Local Government Area atau Wilayah Pemerintah Daerah.

Dari banyaknya negara bagian yang ada, hanya terdapat tiga negara bagian yang mampu mandiri. Hal ini menjelaskan bahwa hingar bingarnya sejarah negara Nigeria dan kesulitas pengelolaan dengan heterogeny entitas kebangsaan di tingkat pemerintah.

Nigeria nerdeka pada 1 Oktober 1960. Kemudian pada tahun 1963, Nigeria mengadopsi konstitusi republik tetapi terpilih untuk tetap menjadi anggota persemakmuran.

G. Kondisi Geografis Negara Nigeria

Secara umum, topografi di Nigeria terdiri atas dataran di bagian utara dan dataran tinggi di daerah selatan. Dataran Sokoto terletak di sudut barat laut sedangkandataran Borno di sudut timur laut.

Ciri khas bentang alam dataran tinggi adalah dataran tinggi dengan lembah luas dan dangkal yang dihiasi banyak bukit atau pegunungan terpencil, yang disebut inselberg; batuan di bawahnya berbentuk kristal, meskipun batupasir muncul di daerah sungai. 

 Dataran Tinggi Jos menjulang hampir di tengah-tengah negara yang terdiri dari permukaan lava luas yang dihiasi dengan banyak gunung berapi yang sudah punah. Permukaan lain yang terkikis, seperti lereng Udi-Nsukka (lihat Dataran Tinggi Udi-Nsukka) muncul secara tiba-tiba di atas dataran pada ketinggian setidaknya 1.000 kaki (300 meter).

Daerah bergunung-gunung berada di sepanjang perbatasan tenggara dengan Kamerun, tempat Dataran Tinggi Kamerun menjulang hingga titik tertinggi di negara tersebut, adalah Chappal Waddi (7.936 kaki [2.419 meter]) di Pegunungan Gotel dan Gunung Dimlang (6.699 kaki [2.042 meter]) di Pegunungan Shebshi.

H. Kondisi Iklim Negara Nigeria

Nigeria memiliki iklim tropis dengan musim hujan dan kemarau yang bervariasi. Di bagian tenggara, cuaca cenderung panas dan basah hampir sepanjang tahun. Di bagian barat daya dan lebih jauh ke daratan beriklim kering. 

Di bagian selatan, musim hujan berlangsung dari Maret hingga November. Di ujung utara musim hujan berlangsung dari pertengahan Mei sampai September. Gangguan curah hujan yang nyata terjadi selama bulan Agustus di wilayah selatan, yang mengakibatkan musim kemarau pendek yang sering disebut sebagai “liburan bulan Agustus”.

Di pesisir, suhu maksimum bulanan rata-rata stabil sepanjang tahun, tetap sekitar 90 °F (32 °C) di Lagos dan sekitar 91 °F (33 °C) di Port Harcourt; suhu minimum bulanan rata-rata adalah sekitar 72 °F (22 °C) untuk Lagos dan 68 °F (20 °C) untuk Port Harcourt.

Secara umum, suhu maksimum rata-rata lebih tinggi di wilayah utara, sedangkan suhu minimum rata-rata lebih rendah. Di kota Maiduguri di bagian timur laut, misalnya, rata-rata suhu maksimum bulanan dapat melebihi 100 °F (38 °C) selama bulan-bulan panas di bulan April dan Mei, sedangkan pada musim yang sama, embun beku dapat terjadi pada malam hari.

I. Kondisi Ekonomi Negara Nigeria

Nigeria termasuk negara di Afrika yang memiliki perekonomian terbesar. Hal ini disebabkan karena Nigeria memiliki berbagai industri yang menguntungkan negara seperti penyulingan minyak, bahan bangunan, pbat-obatan, dan semen.

Sebagian besar transaksi keuangan dan komersial dan dilakukan pada pusta bisnis yang terletak di Nigeria. Sebagian besar bank Nigeria dan masalah keuangan lainnya berpusat di Lagos. 

Lagos juga memiliki standart hidup yang tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain di Nigeria. Pelabuhan di Lagos adalah port Nigeria terkemuka dan menjadi peringkat sebagai salah stau pelabuhan tersibuk dan terbesar di Afrika.

J. Agama yang Dianut Masyarakat Negara Nigeria

Pemerintah Nigeria memberikan kebebasan beragama yang dijamin oleh konstitusi bagi warga negaranya. Sekitar tiga perempat dari populasi yang ada menganut agama Islam. Penyebaran agama Islam terbesar di Nigeria terletak di bagian utara.

Kemudian disuusl dengan agama Kristen dan agama tradisional. Penyebutan nama dewa tertinggi di agama tradisional berbeda-beda sesuai dengan wilayahnya. Olorun Olodumare di Yoruba, Chukwu di Igbo, Osalobua di Edo, dan Abasi Ibom di Ibibio. Dewa tersebut disembah melalui sejumlah perantara atau dewa yang lebih rendah.

K. Bahasa Resmi Negara Nigeria

Bahasa resmi Nigeia adalah bahasa Inggris. Sleian itu, banyak masyarakat Nigeria yang menggunakan bahasa daerah sebagi bahasa komunikasi sehari-hari seperti Hausa, Yoruba, Igbo, Fula, dan Kreol.

L. Etnis yang Ada di Negara Nigeria

Nigeria memiliki sekitar 250 etnis yang masing-masing mendiami wilayah yang dianggap sebagai hal milik untuk menempati pertma dan warisan. Dengan demikian, orang yang bukan kelompok dominan tetapi tinggal dan bekerja selama beberapa dekade di wilayah tersebut dianggap orang asing.

Di daerah pedesaan, sebagian besar orang asing mungkin tidak memperoleh hak langsung atas tanah tetapi sejumlah besar orang bermigrasi dari satu wilayh etnis ke wilayah etnis lain untuk mencari lahan pertanian.

Terdapat tiga kelompok etnis utama di Nigeria yaitu Hausa-Fulani, Yoruba, dan Igbo. Penghuni utara Hausa-Fulani menjadi kelompok etnis terbesar di Nigeria yang telah menaklukkan Hausaland pada awal abad ke-19. Etnis ini menganut agama Islam.

M. Mata Uang Negara Nigeria

Mata uang Nigeria adalah Naira. Mata uang Naira dikeluarkan oleh Bank Sentral Nigeria sebagai badan yang diberi wewenang untuk menerbitkan, mengatur volume uang yang beredar, dan mefasilitasi stabilitas harga dan moneter.

N. Lagu Kebangsaan Negara Nigeria

Lagu kebangsaan Nigeria berjudul “Arise, O Compatriots” yang artinya “Bangkitlah Wahai Sudara Sebangsa”. Lagu ini diresmikan pada tahun 1978. Lirik lagu ini merupakan gabungan frasa dsari lima entri terbaik yaitu John A. Ilechukwu, Eme Etim Akpan, BA Ogunnaike, Sota Omoigui, dan PO Aderibigbe. Pembuat aransemen dari lagu ini adalah band polisi Nigeria yang disutradarai oleh BE Odiasse.

Berikut adalah penggalan dari lirik lagu tersebut:

"Arise, O Compatriots"

Arise, O Compatriots

Nigeria's Call Obey

To serve our fatherland

With love and strength and faith

The labour of our heroes past,

shall never be in vain

To serve with heart and might,

One Nation bound in freedom, peace and unity

Oh God of creation, direct our noble cause

Guide our leaders right

Help our youth the truth to know

In love and honesty to grow

And living just and true

Great lofty heights attain

To build a nation where peace and justice shall reign.

O. Kuliner Khas Negara Nigeria

1. Fufu

Mayoritas negara di Afrika memiliki kuliner khas yang disebut dengan Fufu. Di suku Hausa, Fufu disebut dengan Sakora. Di suku Dagomba disebut dengan Sakoro, dan Kamerun disebut dengan Couscous.

Fufu sendiri merupakan makanan yang terbuat dari singkong ataupun juga dibuat dari tepung jagung, tepung gandum, dan tepung pisang. Fufu berkerabat dekat dengan ugali, sadza, pap, dan posho.

2. Ogbono Soup

Ogbono Soup merupakan hidangan khas dari Nigeria yang berasal dari daerah Edo. Bahan utama pembuatan makanan ini adalah biji ogbono yang dimasak dengan kaldu dan rempah.

Ogbono Soup disajikan dengan berbagai jenis sayuran seperti bayam, daun labu, daun sambiloto serta disajikan dengan daging sapi, kerang, atau udang. Hidangan ini biasanya disantap dengan Fufu.

3. Afang Soup

Afang Soup terdiri dari daun afang yang dipadukan dengan dengan ikan kering, daging sapi, bawang bombay, minyak sayur dan rempah khusus. Sebelum dimasak, daun afang terlebih dahulu ditumbuk hingga halus kemudian dimasak ke dalam air mendidih bersama bahan-bahan lainnya hingga matang.

P. Tempat Wisata Populer Negara Nigeria

1. Nike Art Centre

Nike Art Centre merupakan salah satu museum seni terbaik di Afrika yang dimiliki oleh negara Nigeria. Museum ini dimiliki oleh Nike Davies-Okuyande. Museum ini menawarkan lebih dari 8 ribu koleksi karya seni yang beragam.

2. Lekki Conservation Centre

Lekki Conservation Centre merupakan distinasi yang tepat untuk merasakan alam Afrika secara lebih nyata dan untuk merelaksasi pikiran penat. Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan sehingga menjadi sejuk dan rindang.

3. Katedral Church of Christ

Katedral Church of Christ merupakan nama tempat peribadatan umat Kristiani yang memiliki arsitektur bergaya Eropa dengan pilar bangunan yang mengangumkan.

Q. Fakta-Fakta Unik Negara Nigeria

1. Sepak bola di Nigeria dijuluki sebagai elang super

Julukan elang super bagi sepak bola Nigeria karena berhasil merebut juara Piala Afrika pada 1980 dan 1994 dan berada di bawah Asosiasi Sepak Bola Nigeria

2. Nigeria dijuluki sebagai “Raksasa Afrika”

Nigeria dijuluki sebagai “Raksasa Afrika” kareah bagi ratusan etnis, bahasa, dan spesies hewan yang beraneka ragam.

3. Negara menjadi negara terpadat ketujuh di dunia

Penyebabnya karena Nigeria menjadi rumah bagi lebih dari 200 juta jiwa di dunia. 

REFERENSI

  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Nigeria”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/nigeria?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2022). “6 Fakta Menarik Nigeria, Negara yang Punya Ratusan Etnis dan Bahasa”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5105395/6-fakta-menarik-nigeria-negara-yang-punya-ratusan-etnis-dan-bahasa?page=4#google_vignette
  • Guru Geografi. (2017). “Negara Nigeria”. https://www.geografi.org/2017/11/negara-nigeria.html
  • J.F. Ade Ajayi. (2024). “Nigeria”. https://www.britannica.com/place/Nigeria/Finance
  • IDN Times. (2024). “5 Makanan Khas Nigeria yang Paling Terkenal, Tampilannya Menggoda”. https://www.idntimes.com/food/diet/budi-28/makanan-khas-nigeria-c1c2?page=all
  • Aryohaji Istyawan. (2023). “5 Destinasi Wisata Terbaik di Nigeria, Keindahannya Bikin Terpana!”. https://www.idntimes.com/travel/destination/aryohaji-istyawan/5-destinasi-wisata-terbaik-di-nigeria-c1c2?page=all
  • Deddy Setiawan. (2022). “Banyak Anak Kembar, Ini Deretan Fakta Menarik Nigeria”. https://www.viva.co.id/berita/dunia/1487324-banyak-anak-kembar-ini-deretan-fakta-menarik-negara-nigeria

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Nigeria"