Profil Negara Niger

Niger merupakan negara yang beribu kota di Niamey. Nama Niger diambil dari Sungai Niger yang menjadi tonggak awal nama negara. 

Artikel ini akan membahas mengenai Niger mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahahan, kondisi ekonomi, agama, bahasa, etnis, mata uang, lagu kebangsaan, tempat wisata populer, kuliner khas, dan fakta-fakta unik negara.

Profil Negara Niger

A.Sejarah Negara Niger

Niger mengalami pemerintahan militer yang ketat hampir sepanjang sejarah pasca kemerdekaan. Kemudian, pada tahun 1993, Niger menyelenggarakan pemilu pertama yang bebas dan terbuka.

Perjanjian perdamaian pada tahun 1995, mengakhiri pemberontakan lima tahun suku Tuareg yang menuduh pemerintah gagal untuk memenuhi bantuan ekonomi yang dijanjikan. 

Kudeta pada tahun 1996 dan 1999 diikuti dengan pembentukan Dewan Rekonsiliasi Nasional kemudian melakukan transisi ke pemerintahan sipil pada Desember 1999.

B. Peta Negara Niger

Luas wilayah Niger adalah 1.267.000 km persegi dan beribu kota di Niamey.

C. Batas Wilayah Niger

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Aljazair dan Libya
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Nigeria dan benin
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Mali
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Chad

D. Bendera Negara Niger

Bendera Negara Niger
Foto: commons.wikimedia.org

Bendera Niger diresmikan pada 23 November 1959. Bendera Niger memiliki tiga warna dengan tiga garis horizontal yaitu oranye (atas), putih (tengah), dan hijau (bawah). Selain itu, di bagian tengah warna putih juga terdapat bentuk lingkaran dengan warna oranye.

Warna oranye melambangkan bagian utara Gurun Sahara dan wilayah Sahel. Warna putih melambangkan kesucian atau Sungai Niger. Warna hijau melambangkan kesuburan tanah yang terdapat di bagian elatan negara. Sementara itu, lingkaran oranye melambangkan kemerdekaan atau matahari.

E. Lambang Negara Niger

Lambang Negara Niger
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang negara Niger memiliki empat bagian yang dibungkus dengan warna nasional di balik perisai putih. Perisai tersebut memiliki empat simbol yang berwarna emas yaitu matahari, pedang Tuareg bersilang, kepala millet Mutiara, dan kepala zebu. 

Di bagian bawah terdapat pita putih yang bertuliskan nama negara “Republique du Niger” dalam bahasa Perancis. Lambang negara ini diresmikan pada tahun 1962.

F. Sistem Pemerintahan Negara Niger

Sistem pemerintahan Niger adalah republik semi-presidensial. Kepala negara dipimpin presiden dan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri. Kekuasaan eksekutif ibagi antara presiden dan perdana menteri. Lembaga eksekutif dipegang oleh Majelis Nasional Unikameral (Assemblée Nationale).

G. Kondisi Ekonomi Negara Niger

Produk pertanian yang dimiliki oleh Niger adalah Millet, sorgum, beras, jagung, buah-buahan, sayuran, kapas, kacang tanah, singkong, dan kacang tunggak. Selain pertanian, Niger juga memiliki bahan industri seperti Penambangan uranium, semen, batu bata, tekstil, pengolahan makanan, dan bahan kimia. 

Komoditas ekspor yang dilakukan oleh Niger antara lain bijih uranium, peternakan, kacang tunggak, dan bawang bombay.

H. Agama yang Dianut Masyarakat Niger

Sekitar 99,3% masyarakat Niger menganut agama Islam. Kemudian agama Kristen sebanyak 0,3%, 0,2% animism, dan 0,1% tidak beragama.

I. Bahasa Resmi Negara Niger

Bahasa resmi Niger adalah bahasa Perancis karena dulunya negara ini merupakan negara jajahan Perancis dan menjadi pusat bahasa administratif. Selain itu, untuk berkomunikasi sehari-hari, masyarakat Niger juga menggunakan bahasa Arab, Buduma, Fulfulde, Gourmanché, Hausa, Kanuri, Zarma, Songhai, Tamasheq, Tassawaq, dan Teb.

J. Etnis yang Ada di Niger

Mayoritas etnis yang ada di Niger adalah Hausa (55,4%). Kemudian diikuti dengan Zarma & Songhay (21%) dan Tuareg (9,3%). Kelompok etnis besar lainnya adalah Fula (8,5%) dan Kanuri (4,7%).

K. Mata Uang Negara Niger

Mata uang Niger adalah Franc CFA Afrika Barat dengan kode ISO dan XOF. Mata uang ini diperkenalkan pada tahun 1945 untuk menggantkan Franc Perancis karena jatuhnya nilai setelah Perang Dunia II.

Bank sentar negara Nigeria menangani aset keuangannya dan menerbitkan mata uang, Franc CFA diterbitkan dalam bentuk koin dan uang kertas. Satu Franc terdiri dari 100 centime.

L. Lagu Kebangsaan Niger

Lagu kebangsaan Niger berjudul “La Nigerinne” yang artinya “Orang Niger”. Lagu ini diresmikan pada tahun 1961. Penulis lagu ini adalah Maurice Albert Thiriet dan diaransemen oleh Robert Jacquet dan Nicolas Abel François Frionnet.

La Nigérienne

Auprès du grand Niger puissant

Qui rend la nature plus belle,

Soyons fiers et reconnaissants

De notre liberté nouvelle!

Évitons les vaines querelles

Afin d'épargner notre sang,

Et que les glorieux accents

De notre race soit sans tutelle!

S'élèvent dans un même élan

Jusqu'à ce ciel éblouissant,

Où veille son âme éternelle

Qui fera le pays plus grand!

Chorus:

Debout! Niger! Debout!

Que notre œuvre féconde

Rajeunisse le cœur de ce vieux continent!

Et que ce chant s'entende

Aux quatre coins du monde

Comme le cri d'un peuple équitable et vaillant!

Debout! Niger! Debout!

Sur le sol et sur l'onde,

Au son des tam-tams

Dans leur rythme grandissant,

Restons unis toujours,

Et que chacun réponde

À ce noble avenir

Qui nous dit: En avant!

M. Tempat Wisata Populer di Niger

1. Pusat Sejarah Agadez

Agadez merupakan pintu gerbang menuju gurun pasir. Kota ini berkembang pada abad ke-15 dan ke-16 ketika Kesultanan Aïr didirikan. Kota di Niger tengah di Sahara merupakan persimpangan penting bagi perdagangan karavan. Pusat sejarah Agadez memiliki ciri utama yaitu arsitektur yang digunakan berbahan bata lumpur kuno.

2. Taman Nasional W

Taman Nasional W melingkupi kompleks W-Arly-Pendjari sebagai kawasan sabana Sudano-Sahelian yang utuh. Taman nasional W mencakup rangkaian ekosistem darat, semi-akuatik, dan perairan terbesar di sabuk sabana Afrika Barat.

N. Kuliner Khas Niger

1. Djerma

Djerma merupakan hidangan khas ala Niger. Djerma dibuat dengan daging dan ikan pedas bersama dengan bumbu lain seperti kaldu kubus, timi, kari, bawnag putih, bawang Bombay, dan selai kacang.

2. Palm Nut Soup

Palm Nut Soup merupakan sup kacang palem yang terbuat dari ekstrak buah palem yang dimasak bersama dengan bayam, ikan asap, dan sebagainya. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan makanan wallet seperti tuwo dan fufu.

3. Dounguuori Soko (Bean Stew)

Dounguuori Soko terinspirasi dari penjejah Perancis. Makanan ini dibuat dengan kacang putih dan daging domba. Bahan pelengkapnya yaitu tomat, merica, dan bawang putih. Biasanya makanan ini disajikan dengan mayonais.

O. Fakta-Fakta Unik Niger

1. Niger terkenal akan sungai yang jernih

Sungai Niger terletak di dekat ibu kota negara yaitu Niamey dan memiliki air yang jernih. Uniknya, sungai ini sama sekali tidak memiliki lumpur sehingga memiliki air jernih.

2. Niger mendapat julukan “Wajan Dunia”

Julukan “Wajan Dunia” disematkan kepada Niger karena negara ini termasuk ke dalam jajaran negara terpanas di dunia dengan suhu harian panasnya cukup tinggi.

3. Memiliki beragam festival adat

  • Festival Obat Garam: festival adat ini berupa perayaan para porantau Tuareg untuk menandai selesainya musim hujan.
  • Festival Guerewol: festival ini merupakan ritual untuk mendapatkan pasangan yang dilakukan oleh masyarakat Wodaabe.
  • Festival Cure Salée: festival ini dilakukan oleh masyarakat Tuareg dan Wodaabe di In'Gall. Acara ini ebrlangsung selama 3 hari dengan penampilan parade penunggang unta Tuareg dan pacuan unta dan kuda, nyanyian, tarian, serta dongeng.

4. Ditemukan spesies dinosaurus

Niger merupakan tempat ditemukannya spesies dinosaurus yang diberi nama “Nigersaurus”. Diketahui, bahwa spesies dinosaurus ini telah hidup sekitar 115 juta tahun yang lalu.

REFERENSI

  • World Atlas. (2022). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Niger”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/niger?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Sejarah dan Sosial. (2023). “Mengenal Nama Ibu Kota Niger serta Beberapa Fakta Uniknya”. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/mengenal-nama-ibu-kota-niger-serta-beberapa-fakta-uniknya-20Lh7o9Dqgs/2
  • BBC News. (2023). “Profil Negara Niger”. https://www-bbc-com.translate.goog/news/world-africa-13943662?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Nations Online. (2022). “Niger”. https://www-nationsonline-org.translate.goog/oneworld/niger.htm?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Finn Fuglestad. (2024). “Niger”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Niger?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Beni Jo. (2023). “Profil Negara Niger: Letak, Agama, Budaya, dan Sejarah Kudeta”. https://tirto.id/profil-negara-niger-ibukota-presiden-budaya-agama-penduduk-gNP8
  • Nomadsunveiled. (2023). “ 10 Traditional Food From Niger to Try”. https://nomadsunveiled-com.translate.goog/traditional-food-from-niger/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Niger"