Profil Negara Liberia

Liberia merupakan negara yang terletak di sepanjang pantai Afrika Barat, wikayah negara ini dari dataran pantai rendah dan berpasir hingga perbukitan dan dataran tinggi lebih jauh ke pedalaman Liberia.

Artikel ini akan membahas mengenai negara Liberia mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi geografis, kondisi iklim, sumber daya alam, mata uang, lagu kebangsaan, agama, bahasa, tempat wisata populer, kuliner khas, hingga fakta-fakta uniknya.

Profil Negara Liberia

A.Sejarah Negara Liberia

Liberia pertama kali didirikan di tanah yang diperoleh untuk budak Amerika Serikat yang dibebaskan oleh American Colonization Society, pendiri koloni di Cape Mesurado pada tahun 1821.

Kemudian pada tahun 1824, tempat tersebut dinamai dengan Liberia dengan pemukiman utamanya berada di Monrovia dan menjadi ibu kota negara Liberia saat ini.

B. Peta Negara Liberia

Luas wilayah Liberia adalah 111.369 km persegi atau 43.000 mil persegi. Nama ibukota dari Liberia adalah Monrovia.

C. Batas Wilayah Liberia

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Guinea
  2. Sebelah barat laut berbatasan dengan Sierra Leone
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Pantai Gading
  4. Sebelah selatan dan barat berbatasan denga Samudera Atlantik

D. Bendera Negara Liberia

Bendera Negara Liberia

Bendera Liberia diresmikan pada 26 Juli 1847. Bendera ini memiliki corak yang sama dengan bendera Amerika Serikat. Kesamaan ini dilatarbelakangi oleh hubungan historis antara kedua negara.

Bendera Liberia berbentuk persegi panjang dan bersisi sebelas garis horizontal selang seling warna merah dan putih. Di bagian kanton bendera terdapat sebuah bidang berbentuk persegi berwarna biru dan du tengahnya terdapat gambar Bintang berwarna putih. 

Garis merah melambangkan keberanian. Garis putih melambangkan keunggulan moral. Jumlah baris 11 melambangkan penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan negara tersebut. Kotak biru melambangkan bahwa Liberia merupakan negara reoublik pertama di Afrika dengan gaya pemerintahan barat.

E. Lambang Negara Liberia

Lambang Negara Liberia
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang Liberia memiliki perisai yang berisi gambar kapal pada abad ke-19 yang tiba di Liberia (simbol budak yang dibebaskan yang dibawa pulang dari Amerika Serikat). Di bagian bawah perisai terdapat pita yang bertuliskan nama negara. di bagian atas terdapat pula pita yang bertuliskan “The Love of Liberty Brought Us Here” yang artinya “Cinta Kebebasan Membawa Kita ke Sini”.

Dalam perisai terdapat beberapa elemen seperti bajak dan sekop yang melambangkan martabat dan kerja keras. Matahari terbit yang melambangkan kelahiran suatu bangsa. Pohon palem yang melambangkan kemakmuran, dan burung merpati putih yang melambangkan nafas kedamaian.

F. Sistem Pemerintahan Negara Liberia

Liberia menganut sistem pemerintahan negara kesatuan dan reoublik demokrasti perwakilan presidensial dengan sistem multi partai. Sistem pemerintahan ini sjeatinya meniru Amerika Serikat.

Kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang presiden. Kabinet diangkat oleh presiden dan dikukuhkan oleh senat. Majelis Nasional Bikameral terdiri dari Senat dan Dewan perwakilan Rakyat (DPR).

Sistem hukum yang ada di Liberia adalah sistem campuran antara hukum adat (berdasarkan hukum Anglo-Amerika) dan hukum adat setempat.

G. Kondisi Geografis Negara Liberia

Liberia memiliki empat wilayah fisiografis sejajar dengan pantai. Datarab pesisir memiliki panjang sekitar 350 mil (560 km) yang terbentang sejauh 25 mil (40 km) ke daratan. Dataran rendah dan berpasir dengan pantai diselingi lagunan yang dikelilingi oleh bar, rawa bakau, dan beberapa tanjung berbatu.

Puncak tertinggi di Liberia adalah Cape Mount dengan ketinggian sekitar 1.000 kaki (305 meter) di barat laut. 

H. Kondisi Iklim Negara Liberia

Pesisir pantai Liberia memiliki iklim hangat dan lembab sepanjang tahun atau didominai oleh musim kemarau. Musim kemarau terjadi dari November hingga April. Sednagkan musim hujan terjadi pada Mei hingga Oktober.

Suhu rata-rata tahunan berkitar antara 65 °F (18 °C) di dataran tinggi utara hingga 80 °F (27 °C) di sepanjang pantai. Curah hujan yang terjadi tidak teratur dan intensitas musim hujan bervariasi yang dimulai lebih awal di wilayah pantai dibandingkan di wilayah pedalaman.

Jumlah curah hujan terbesar yaitu 205 inci (5.200 mm) yang terjadi Cape Mount dan berkurang di daratan menjadi sekitar 70 inci (1.800 mm) di daratan tinggi tengah.

I. Sumber Daya Alam Negara Liberia 

Liberia merupakan negara yang memiliki sumber daya lama berupa deposit bijih besi, karet, kayu, berlian, emas, timah, pembangkit listrik tenaga air, dan minyak mentah. 

Selain itu, Liberia juga memiliki beberapa hasil pertanian seperti kopi, kako, tebu, singkong, beras, kelapa sawit, pisang, jeruk, nanas, ubi jalar, jagung, dan sayuran. 

J. Mata Uang Negara Liberia

Pada tahun 1980, Liberia mengalami kemerosotan ekonomi besar-besaran yang membuat dolar Liberia kehilangan nilainya secara signifikan. Hal ini kemudian membuat sangat sedikit pedagang yang menerimanya sebagai alat tukar. Oleh sebab itu, banyak amsyarakat Liberia yang menggunakan dolar AS dibandingkan mata uang nasionalnya. 

Liberia sendiri tidak memiliki sistem keuangan yang tepat untuk menukar mata uang asing. Pedagang menukarkan dolar Liberia dengan dolar AS di pasar gelap yang menyebabkan penurunan lebih lanjut nilai dolar Liberia.

K. Lagu Kebangsaan Liberia

Lagu kebangsaan Liberia berjudul “All Hail, Liberia, Hail!” yang artinya “Salam, Liberia, Salam!”. Lagu ini diresmikan pada tahun 1947. Lirik lagu ditulis oleh Daniel Bashiel Warner dan diaransemen oleh Olmstead Luca. 

Berikut adalah penggalan lirik lagu kebangsaan Liberia:

All Hail, Liberia, Hail!

All hail, Liberia, hail!

All hail, Liberia, hail!

This glorious land of liberty

Shall long be ours.

Though new her name,

Great be her fame,

And mighty be her powers,

Though new her name,

Great be her fame,

And mighty be her powers,

And mighty be her powers,

And mighty be her powers,

In joy and gladness

With our hearts united,

We'll shout the freedom

Of a race benighted,

Long live Liberia, happy land!

A home of glorious liberty,

By God's command!

A home of glorious liberty,

By God's command!

All hail, Liberia, hail!

All hail, Liberia, hail!

In union strong success is sure

We cannot fail!

With God above

Our rights to prove

We will o'er all prevail,

With God above

Our rights to prove

We will o'er all prevail,

We will o'er all prevail,

We will o'er all prevail,

With heart and hand

Our country's cause defending

We'll meet the foe

With valor unpretending.

Long live Liberia, happy land!

A home of glorious liberty,

By God's command!

A home of glorious liberty,

By God's command!

L. Agama yang Dianut Masyarakat Liberia

Sekitar seperlima dari masyarakat Libebria menganut agama Kristen. Kemudian sepersepuluh menganut agama Islam, dan sejumlah kecil menganut kepercayaan lain terutama kepercayaan tradisional atau tidak beragama.

M. Bahasa Resmi Liberia

Bahasa resmi Liberia adalah bahasa Inggris. 

N. Tempat Wisata Populer di Liberia

1. Taman Nasional Sapo

Taman Nasiona Sapo merupakan kawasan lindung terbesar di Kabupaten Sione.

2. Ponderosa Adventure Park

Ponderosa Adventure Park merupakan tempat untuk menikmati keragaman satwa khas Afrika di Liberia. Disini, pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai hewan-hewan eksotis.

3. Danau Piso

Danau Piso merupakan sebuah laguna dan menjadi danau terbesar di Liberia.

4. Air Terjun Leona

Air terjun Leona terletak di dekat Rincón de la Vieja Volcano di kota Curubandé. Air terjun ini memiliki air biru kehijauan di sepanjang pendakian. Untuk mencapainya, maka wisatawan perlu mendaki melalui Ngarai dan di dalam hutan tropis. Sebagian besar jalan setapak berada di sebelah Sungai Blanco kemudian berjalan melalui gua-gua bahkan terkadang berenang untuk mengitari bebatuan besar yang mengitari tempat ini. 

O. Kuliner Khas Liberia

1. Nasi Jollof

Nasi Jollof merupakan makanan khas Liberia yang dimasak dengan saus tomat. Makanan ini terdiri dari nasi, tomat, pasta tomat, bawang Bombay, garam, dan merica. Selain itu, terdapat pula santan, pala, partminger (daun kemangi Afrika), hingga the roiboos juga turut dimasukkan ke dalam sausnya.

2. Fufu

Fufu merupakan makanan rebusan yang dibumbui dengan habanero dan cabai scoth bonnet.

P. Fakta-Fakta Unik Liberia

1. Liberia menjadi negara republik pertama di Afrika

Liberia menjadi negara yang tidak pernah tunduk pada kolonial dan menjadi negara republik tertua di Afrika. Liberia merdeka pada 1847 dengan bata-batas wilayah yang diperluas. 

2. Sejarah Liberia sebagai budak imigran

Pada tahun 1920, wilayah Liberia dijajah oleh orang kulit hitam dari Amerika Serikat yang sebagian besar dari mereka merupakan budak yang dibebaskan. Kemudian, orang-orang tersebut emdnirikan negara baru dengan bantuan dari Masyarakat Kolonisasi Amerika.

Organisasi ini percaya bahwa bekas budak akan memiliki kebebasan yang lebih besar dan kesetaraan di Afrika. Orang kulit hitam di Amerika kemudian diberi pilihan untuk tetap di Amerika dan dibatasi hak-haknya atau pindah ke benua asal.

3. Banyak daging hewan liar yang dimakan

Beberapa spesies seperti gajah, kudanil, simpanse, macan tutul, duiker, dan berbagai jenis monyet diburu untuk dikonsumsi. Selain dikonsumsi, daging hewan tersebut juga banyak yang diekspor ke negara tetangga seperti Sierre Leone dan Pantai Gading

REFERENSI

  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Liberia”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/liberia?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Nation Online. (2023). “Liberia”. https://www-nationsonline-org.translate.goog/oneworld/liberia.htm?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Liberia, Negara Republik Tertua di Afrika”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5229067/6-fakta-menarik-liberia-negara-republik-tertua-di-afrika?page=4
  • Donald Rahl Petterson. (2024). “Liberia”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Liberia

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Liberia"