Profil Negara Kamerun

Kamerun merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Barat berupa campuran dataran gurun di utara, pegunungan di wilayah tengah, dan hutan hujan tropis di selatan. 

Artikel ini berisikan mengenai Kamerun secara lebih lengkap mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera negara, lambang negara, mata uang, sistem pemerintahan, kondisi ekonomi, kondisi geografis, agama, bahasa, tempat wisata populer, kuliner khas, hingga fakta-fakta menarik.

Profil Negara Kamerun

A. Sejarah Negara Kamerun

Nama Kamerun berasal dari kata “Cameros” yang berarti udang. Negara ini pertama kali ditemukan oleh penjelajah abad ke-15 di Sungai Wouri. Kemudian, antara tahun 1884-1916, Jerman menyatukan wilayah selatan dan utara menjadi sebuah koloni.

Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia 1 membuat pemisahan Kamerun antara Perancis dan Inggris. Perancis menguasai Kamerun bagian timur sedangkan Inggris menguasai di bagian barat.

Kamerun Perancis mencapai kemerdekaan pada 1960 yang membuat para pemilih di bagian selatan Kamerun Inggris memilih untuk bergabung dalam federasi dengan republik baru pada tahun 1961. 

Pada awalnya, bekas wilayah Perancis dan Inggris di Kamerun memiliki struktur pendidikan, hukum, pelayanan sipil, dan legislative yang terpisah. Hingga terdapat referendum pada tahun 1972 yang mengadopsi sistem satu partai nasional yang sejalan dengan garis Perancis. 

B. Peta Negara Kamerun

Luas wilayah Kamerun adalah 475.442 km persegi.

C. Batas Wilayah Kamerun

Jika di lihat melalui peta, maka wilayah Kamerun berbentuk segitiga dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah barat laut berbatasan dengan Nigeri
  2. Sebelah timur laut berbatasan dengan Chad
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Republik Afrika Tengah
  4. Sebelah tenggara berbatasan dengan Republik Kongo
  5. Sebelah selatan berbatasan dengan Gabon dan Guinea Ekuatorial
  6. Sebelah barat daya berbatasan dengan Samudera Atlantik

D. Bendera Negara Kamerun

Bendera Negara Kamerun

Pada 20 mei 1975 resmi ditetapkan seperti pada gambar di atas. Pola bendera Kamerun melambangkan “Triwarna Perancis” dan warna benderanya melambangkan bendera Afrika yang terinspirasi dari warna resmi Pan-Afrika.

Bendera Kamerun memiliki tiga warna yaitu hijau, merah, dan kuning yang berbentuk vertical Dimana di sisi tengahnya terdapat Bintang berwarna kuning. Bintang berwarna kuning ini memiliki ujung berjumlah lima yang melambangkan “Bintang persatuan”. Bendera ini memiliki perbandingan proporsi lebar dan panjang 2:3.

Warna hijau melambangkan harapan dan suburnya vegetasi di negara ini khususnya hutan yang terletak di bagian selatan. Warna merah melambangkan kemerdekaan dan persatuan negara. warna kuning melambangkan cerahnya matahari, kemakmuran, dan sabana yang terletak di bagian utara.

E. Lambang Negara Kamerun

Lambang Negara Kamerun
foto: en.wikipedia.org

Pada tahun 1998, lambang negara Kamerun resmi ditetapkan. Lambang negara in terdapat perisai yang menggambarkan pola warna yang sama dengan bendera nasional. Skala keadilan ditumpangkan pada peta bangsa.

Terdapat pula, fasad yang berjumlah dua saling bersilangan di bagian belakang perisai dengan semboyan nasional negara “Paix, Travail, Patrie” yang artinya “Perdamaian, Pekerjaan, Tanah Air”.

Di bagian bawah perisai terdapat nama negara Kamerun yang ditulis dalam bahasa Perancis yaitu “Republique Du Cameroun”.

F. Mata Uang Kamerun

Mata uang resmi Kamerun adalah Franc CFA Afrika Tengah. Mata uang ini juga digunakan oleh beberapa negara lain di kawasan Afrika Barat seperti Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Kongo, Guinea Khatulistiwa, dan Gabon. 

G. Sistem Pemerintahan Kamerun

Kmaerun merupakan negara yang berbentuk republik kesatuan dengan sistem presidensial Dimana presiden merupakan seorang kepala negara dan kepala pemerintahan. Kamerun memiliki sistem multipartai.

Kekuatan eksekutif dipegang oleh pemerintahah. Kekuatan legislatif dipegang oleh pemerintah dan Majelis Nasional Kamerun. Pada tahun 1990, pemerintah mengesahkan hukum baru untuk memperbolehkan pendirikan partai politik dan melonggarkan pembatasan hak berkumpul dan surat kabar wasta.

Pemilihan umum parlemen dan presiden pertama dalam sistem multipartai di Kamerun dilakukan pada tahun 1992. Kemudian pada 1996 diselenggarakan pemilihan umum daerah dan pada tahun 1997 diselenggarakan pemilu parlemen dan presiden kembali.

H. Kondisi Ekonomi Kamerun

Pada awal kemerdekannya, Kamerun merupakan negara yang makmur yang ditandai dengan adanya pembangunan sekolah, pemberian bantuan kepada petani untuk melakukan diversifikasi tanaman, dan mendorong jenis usaha baru seperti penjualan produk global (kakao, kopi, dan minyak) Dimana produk-produk tersebut berhasil meningkatkan perekonomian negara.

Banyaknya kasus korupsi dan penurunan nilai ekspor membuat perekonomian Kamerun mengalami resesi. Hal ini membuat Kamerun bergantung kepada organisasi internasional untuk menjual minyak bumi dan coklat supaya perekonomian negara menjadi stabil.

Mayoritas penduduk Kamerun bermatapencaharian sebagai petani (teh, kopi, dan coklat) serta menjual minyak untuk menyambung hidup.

I. Kondisi Geografis Kamerun

Kamerun merupakan campuran dari dataran gurun di sebelah utara, pegunungan di bagian tengah, dan hutan hujan tropis yang terletak di bagian selatan. Di sepanjang perbatasan terdapat pegunungan yaitu Gunung Vulkanik Kamerun yang menjadi titik tertinggi di kawasan Afrika Barat dengan ketingggian 13.451 kaki atau 4.100 meter.

J. Lagu Kebangsaan Kamerun

Lagu kebangsaan Kamerun berjudul “Ô Cameroun berceau de nos ancêtres” yang diresmikan pada tanggaL 10 Mei 1957. Lagu ini ditulis oleh René Djam Afame, Samuel Minkio Bamba dan Moise Nyatte Nko'o.  composer musiknya yaitu René Djam Afame. 

Berikut adalah lirik lagu dari lagu kebangsaan Kamerun, yaitu:

Ô Cameroun berceau de nos ancêtres

Ô Cameroun berceau de nos ancêtres,

Va debout et jaloux de ta liberté,

Comme un soleil ton drapeau fier doit être,

Un symbole ardent de foi et d'unité.

Que tous tes enfants du Nord au Sud,

De l'Est à l'Ouest soient tout amour,

Te servir que ce soit le seul but,

Pour remplir leur devoir toujours.

Chorus:

Chère Patrie, Terre chérie,

Tu es notre seul et vrai bonheur,

Notre joie et notre vie,

En toi l'amour et le grand honneur.

Tu es la tombe où dorment nos pères,

Le jardin que nos aïeux ont cultivé.

Nous travaillons pour te rendre prospère,

Un beau jour enfin nous serons arrivés.

De l'Afrique sois fidèle enfant

Et progresse toujours en paix,

Espérant que tes jeunes enfants

T'aimeront sans bornes à jamais.

Chorus

K. Agama Masyarakat Kamerun

Agama mayoritas masyarakat Kamerun adalah Kristen. Selain itu, terdapat pula masyarakat Kamerun yang menganut agama Islan dan beberapa kepercayaan tradisional. 

L. Bahasa Resmi Negara Kamerun

Hadirnya kolonisasi Eropa membuat masyarakat Kamerun mengenal bahasa Eropa. Selama era kolonial, bahasa resmi di negara ini adalah bahasa Jerman. Kemudian, saat ini bahasa resmi dari Kamerun adalah bahasa Inggris dan Perancis.

M. Etnis yang Ada di Kamerun

Kamerun dijuluki sebagai “negara persimpangan etnis” karena memiliki lebih dari 20 kelompok etnis yang berbeda. Terdapat tiga kelompok linguistic utama yaitu orang-orang berbahasa Bantu yang berada di daerah selatan, orang-orang berbahasa Sudan di daerah utara, dan orang-orang yang berbahasa Semi-Bantu di daerah barat.

Kelompok bantu pertama antara lain Maka, Ndjem, dan Duala. Kelompok bahasa Sudan yaitu Sao yang tinggal di dataran tinggi Adamawa adalah Fulani dan Kanuri. Kelompok Semi-Bantu sebagian besar terdiri atas entitas etnis kecil, kecuali Bamileke yang terkait dengan Bantu yang tinggal di antara lereng bawah dataran tinggi Adamawa da Gunung Kamerun. Kelompok Semi-Bantu barat lainnya termasuk Tikar, tinggal di wilayah Bamenda dan dataran tinggi di barat.

Penghuni tertua di Kamerun adalah Pigmi Dimana secara lokal disebut dengan Baguelli dan Babinga yang tinggal dalam kelompok berburu kecil di hutan selatan. Kelompok ini telah menjadi pemburu dan pengumpul selama ribuan tahun. Akan tetapi, jumlah populasi etnis ini semakin menurun seiring dengan berkurangnya hutan tempat mereka tinggal. 

N. Tempat Wisata Populer Negara Kamerun

1. Taman Nasional Waza

Taman nasional Waza pada awalnya diperuntukkan sebagai tempat perlindungan bagi gajah, jerapah, dan kijang. Kemudian, lambat laun tempat ini juga dihuni oleh beberapa jenis satwa hutan dan sabana seperti monyet, singa, macan tutul, dan burung.

2. Pegunungan Mandara

Pegunungan mandara merupakan pegunungan vulkanik yang membentang sekitar 120 mil (193 km) di sepanjang utara perbatasan Nigeria-Kamerun dari Sungai Benue (selatan) hingga Mora, Kamerun (utara).  

3. Mefou National Park

Mefou National Park merupakan taman nasional untuk melindungi primata asli Afrika seperti monyet, simpanse, dan gorilla. Tujuan dari didirikannya taman nasional ini untuk mencegah perdagangan hewan liar yang kerap terjadi di Kamerun.

4. Notre Dame Cathedral

Notre Dame Cathedral atau Katedral Yaounde merupakan katedral yang terletak di pusat kota sebagai tempat peribadatan utama Keuskupan Agung Metropolitan Younde.

Katedral ini menyuguhkan salib dan dua Menara lonceng di sisi kanan dan kiri katedral seerta dapat menikmati pemandangan kota Yaounde yang spektakuler dari atas Menara.

O. Kuliner Khas Negara Kamerun

1. Ekwang

Ekwang merupakan kuliner khas Kamerun berupa cocoyam parut yang diikat dengan daun cocoyam. Cara masaknya dengan direbus bersama udang karang, minyak sawit, dan berbagai bumbu.

2. Sup Achu

Sup Achu merupakan kuliner khas Kamerun yang berasal dari daerah Ngmeba, wilayah barat laut Kamerun. Sup Achu terdiri dari cocoyam yang direbus dan ditumbuk dengan batu kapur, air, rempah-rempah, dan minyak sawit. Biasanya hidangan ini disajikan dengan daging sapi atau ikan yang direbus, digoreg, ataupun diasap.

3. Ndole

Ndole merupakan kuliner khas Kamerun yang berupa kacang rebus, ndoleh (daun pahit asli Afrika Barat dan Tengah), ikan, udang, atau daging sapi.

P. Fakta-Fakta Menarik Kamerun

1. Kamerun dijuluki sebagai “miniature Afrika” 

Julukan ini diberikan karena Kamerun memiliki beragam lanskap dan medan yang mewakili masing-masing zona iklim benua seperti hutan hujan, rawa, sabana, dan pantai.

2. Olahraga populer di Kamerun adalah sepak bola

Kamerun menjadi tim Afrika pertama yang melaju ke semifinal Piala Dunia pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 1999, Lions memenangkan medali emas di All-Africa Games. Tim sepak bola putra Kamerun berhasil meraih emas di Olimpiade Sydney pada tahun 2000. 

3. Kamerun menjad salah satu tempat terbasah di dunia

Debundscha Point yang berada di antara Gunung Kamerun dan Samudera Atlantik merupakan salah satu tempat terbasah di bumi karena memiliki curah hujan tahunan rata-rata lebih dari 10,3 meter setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan tempat ini berada di khatulistiwa dengan pncak setinggi 4.000 meter sehingga awan hujan tidak dapat lewat. 

REFERENSI

  • National Geographic. (2022). “Kamerun”. https://kids-nationalgeographic-com.translate.goog/geography/countries/article/cameroon?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • BBC News. (2023). “Profil Negara Kamerun”. https://www-bbc-com.translate.goog/news/world-africa-13146029?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • World Atlas. (2022). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Kamerun”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/cameroon?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2022). “6 Fakta Menarik Kamerun, Negara Afrika Penghasil Kakao dan Kopi”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5134651/6-fakta-menarik-kamerun-negara-afrika-penghasil-kakao-dan-kopi?page=4
  • Enjoy Travel. (2023). “Fakta Menarik tentang Kamerun”. https://www-enjoytravel-com.translate.goog/ca/travel-news/interesting-facts/interesting-facts-cameroon?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Kamerun"