Profil Negara Guinea

Dalam bahasa Inggris Guinea dibaca /ˈɡɪni/. Persis seperti ketika kita menyebut negara Papua New Guinea dengan sebutan "Papua Nugini". Sementara dalam bahasa Prancis Guinea dibaca 'guinée'.

Artikel ini akan membahas negara Guinea mulai dari sejarah negara, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, kondisi perekonomian, sistem pemerintahan, kondisi geografis, sumber daya alam, iklim, mata uang, lagu kebangsaan, agama, bahasa, etnis, tempat wisata populer, kuliner khas, hingga fakta-fakta menarik lainnya.

Profil Negara Guinea

A. Sejarah negara Guinea

Sebelum merdeka, Guinea merupakan negara jajahan Perancis. Bahkan, negara ini pernah menggunakan nama Guinea Perancis. Kemudian, negara ini memperoleh kemerdekaan secara penuh pada tahun 1958 dan menjadi nama Guinea.

Sejak kemerdekaan hingga tahun 1984, Guinea dipimpin oleh Sékou Touré. Kemudian, kekuasannya dijatuhkan oleh Lansana Conté melalui kudeta. Dirinya kemudian Berjaya memimpin Guinea dari 1984 hingga 2008.

B. Peta Negara Guinea

Luas wilayah Guinea adalah 245.860 km persegi atau 95.000 mil persegi. Negara ini beribukota di Conakry yang terletak di Pulau Tombo, semenanjung Camayenne (Kaloum).

C. Batas Wilayah Negara Guinea

  1. Sebelah barat laut berbatasan dengan Guinea-Bissau
  2. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Mali
  4. Sebelah utara berbatasan dengan Senegal
  5. Sebelah selatan berbatasan dengan Liberia dan Sierra Leone
  6. Sebelah tenggara berbatasan dengan Pantai Gading

D. Bendera Negara Guinea

Bendera Negara Guinea

Bendera nasional Guinea diresmikan pada 10 November 1958. Bendera nasional ini memiliki warna pan-Afrika yaitu merah, kuning, dan hijau. Bendera Guinea terdiri dari tiga garis vertical yang berwarna merah (sisi kerekan), kuning, dan hijau.

Warna merah melambangkan pengorbanan rakyat demi pembebasan atau perjuangan kemerdekaan atau darah-darah rakyat yang gugur dalam perbudakan atau perang. Warna kuning melambangkan matahari, kekayaan bumi, dan keadilan. Warna hijau melambangkan tumbuh-tumbuhan dan persatuan negara.

E. Lambang Negara Guinea

Lambang Negara Guinea
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang negara Guinea diresmikan pada tahun 1993. Lambang ini terdiri dari seekor merpati yang membawa ranting zaitun emas di bagian paruh dan pita yang menampilkan moto nasional “Travail, Justice, Solidarite” (Kerja, Keadilan, Solidaritas).

Lambang negara tersebut juga memilii perisai erah dan hijau dengan gajah emas di tengahnya. Burung merpati yang membawa ranting zaitun hijau terbang melewati perisai.

F. Kondisi Perekonomian Guinea

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Guinea pada tahun 2022 tumbuh sebesar 4,8% naik dari 4,4% di tahun 2021 yang didorong oleh output di sektor pertambangan. Pertumbuhan berkelanjutan ini menunjukkan bahwa Guinea tahan terhadap guncangan sosial politik, pandemi Covid-19, dan invasi Rusia ke Ukraina. 

Pada tahun 2022 inflasi Guinea turun menjadi 12,2% dibandingkan pada tahun 2021 sebesar 12,6%. Inflasi impor sebagian diimbangi oleh apresiasi Franc Guinea. Defisit anggaran menyempit menjadi 1,3% PDB di tahun 2022 dari 1,75 di tahun 2021.

G. Sistem Pemerintahan Guinea

Sistem pemerintahan di Guinea adalah republik yang dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara berdasarkan sistem pemilihan umum. Pemerintahan Guinea memiliki 25 kementerian yang dipimpin oleh seorang menteri dari hasil penunjukkan. Sedangkan Majelis Nasional bejrumlah 144 kursi dan diisi berdasarkan hasil pemilihan umum.

H. Kondisi Geografis Guinea

Pada dasarnya wilayah Guinea datar di sepanjang pantai. Akan tetapi, di bagian pedalaman berupa gunung-gunung. Guinea memiliki sejumlah aliran sungai induk yaitu Sungai Niger, Gambia, dan Senegal.

Guinea sendiri dibagi menjadi empat wilayah geografis, yaitu:

  1. Guinea bawah yaitu Sabuk Pantai Sempit
  2. Guinea tengah yaitu datraan tinggi Pastoral Fouta Djallon
  3. Guinea atas yaitu Sabana utara
  4. Hutan Guinea yaitu kawasan hutan hujan tenggara

I. Sumber Daya Alam di Guinea

Potensi sumber daya alam di Guinea yaitu mineral, pertanian, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Sumber daya mineral yang dimiliki seperti bauksit, bijih besi, berlian, emas, tenagar air, dan uranium.

Guinea menjadi salah satu produsen bbauksit terbesar di dunia karena memiliki lebih dari 25 miliar metrik ton (MT) bauksit yang diperkirakan mencapi setengah dari Cadangan bauksit yang ada di dunia.

Compagnie des Bauxites de Kindia (CBK) merupakan perusahaan patungan antara pemerintah Guinea dengan Russki Alumina yang dapat memproduksi 2,5 juta MT bauksit setiap tahunnya. Hampir semua hasil produksi tersebut diekspor ke Rusia dan Eropa Timur.

Guinea memiliki sekitar 35% tanah yang subur. Sedangkan lahan budidaya yang dimiliki mencapai 4,5%. Negara ini juga menghasilkan beras, singkong, fonio, millet, jagung, kopi, pisang, produk sawit, nanas, dan kakao.

J. Iklim di Guinea

Guinea merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Wilayah pesisir dan sebagian besar wilayah pedalamannya memiliki musim hujan yang terjadi dari bulan April hingga November.

Suhu di Guinea relative tinggi dan seragam dengan kelembapan yang tinggi. Suhu tertinggi rata-rata sepanjang tahun di ibukota negara (Conakry) adalah 29 derajat Celcius (85 derajat Fahrenhait) dan suhu terendah 23 derajat Celcius (74 derajat Fahrenhait).

K. Mata Uang Negara Guinea

Mata uang resmi Guinea adalah Franc Guinea. Simbol yang digunakan adalah FG atau GFr. 

L. Lagu Kebangsaan Negara Guinea

Lagu kebangsaan Guinea berjudul “Liberte” yang artinya kebebasan. Penulis lagu ini tidak diketahui akan tetapi dikomposeri oleh Fodéba Keïta. Lagu nasional ini diresmikan pada tahun 1958.

Liberté

Peuple d'Afrique,

Le Passé historique!

Que chante l'hymne de la Guinée fière et jeune

Illustre épopée de nos frères

Morts au champ d'honneur en libérant l'Afrique!

Le peuple de Guinée prêchant l'unité

Appelle l'Afrique.

Liberté! C'est la voix d'un peuple

Qui appelle tous ses frères de la grande Afrique.

Liberté! C'est la voix d'un peuple

Qui appelle tous ses frères à se retrouver.

Bâtissons l'unité africaine dans l'indépendance retrouvée.

M. Agama yang Dianut Masyarakat Guinea

Persebaran agama yang dianut oleh masyarakat Guinea adalah mayoritas beragama Islam yang berjumlah 85%, agama Kristen 8%, dan kepercayaan tradisional sebanyak 7%.

N. Bahasa Resmi Guinea

Bahasan resmi Guinea adalah bahasa Perancis. Kendati demikian, terdapat tiga bahasa nasional yang digunakan oleh masyarakat Guinea yaitu Perancis, Peuhl, dan Arab. 

O. Etnis yang ada di Guinea

Terdapat beberapa etnis yang ada di Guinea. Kelompok etnis mayoritasnya adalah Peuhl yang berjumlah 40% dari total penduduk. Kemudian disusul oleh Malinke sebesar 30%, Soussou 20%, dan suku lainnya 10%.

Berikut adalah persebaran dari beberapa etnis yang ada di Guinea, yaitu:

  1. Peuhl (Foula atau Foulani) yang tinggal di kawasan pegunungan Fouta Djallon
  2. Malinke (Mandingo) yang tinggal di kawasan sabana dan hutan
  3. Soussous yang tinggal di kawasan pesisir
  4. Kelompok kecil (Gerz, Toma, dll) yang tinggal di kawasan hutan

P. Tempat Wisata Populer di Guinea

1. Cagar Alam Gunung Nimba

Gunung Nimba memiliki ketinggian 1.752 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Guinea. Gunung ini terletak di perbatasan Guinea, Liberia, dan Pantai Gading. Lereng gunung yang berhutan lebat merupakan bagian dari Cagar Alam Gunung Nimba.

Cagar Alam Gunung Nimba juga sudah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1981 dan menjadi rumah bagi flora dan fauna unik dan beragam.

2. Fouta Djallon

Fouta Djallon merupakan dataran tinggi yang menakjubkan di tengah Guinea. Tempat ini memiliki padang rumput yang luas dan formasi batuan pasir yang unik. Oleh sebba itu, tempat ini memiliki pemandangan yang memukau dan menjad tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam Guinea.

3. Masjid Agung Conakry

Masjid Agung Conakry menjadi masjid terbesra ke-empat di Afrika. Masjid ini menjadi simbol keagamaan dan budaya di Guinea karena memiliki arsitektur yang mengesankan dan fasilitas umum yang memudahkan pengunjung dalam beribadah maupun berkunjung.

Q. Kuliner Khas Guinea

1. Footi

Footi merupakan makanan khas dari Guinea yang berupa terong, bawang, kacang merah, air, saus tomat, dan kubus kaldu. Cara memasaknya dengan merebus bahan tadi selama kurang lebih selama tiga jam hingga saus siap dikonsumsi. Hidangan ini biasanya disantap bersama dengan nasi atau hidangan daging.

2. Konkoé

Konkoé merupakan hidangan tradisional dari Guinea yang terbuat dari kombinasi lele asap dan sayuran seperti bawnag merah, terong, bawang putih, singkong, kentang, wortel, tomat, daun bawang, kaldu batu, dan minyak sawit.

Ikan dan sayuran direbus hingga menjadi mengental. Biasanya hidangan ini dimakan saat makan siang dan disajikan bersama dengan nasi putih. 

4. Yétissé

Yétissé merupakan hidangan tradisional dari Guinea berupa rebusan terong, wortel, bawang merah, bawang putih, singkong, tomat, pasta tomat, kaldu kubus, minyak sawit, cabai, jahe, okra, dan beras. Biasanya hidangan ini menggunakan ikan tuna, tilapia, atau cod. 

R. Fakta-Fakta Menarik Guinea

1. Beberapa sungai di Guinea menjadi sumber mata air Afrika

Lebih dari 20 sungai di Afrika terdapat di Guinea. Fouta Djallon menjadi sumber dari tiga sungai utama di wilayah ini. Sungai Niger dan beberapa anak sungai (Tinkisso, Milo, dan Sankarani) naik di dataran tinggi dan mengalir ke arah timur laut hingga melintasi Guinea atas ke Mali.

Sungai Bafing dan Bakoye, hulu sungai Senegal mengalir ke utara menuju Mali sebelum bersatu membentuk sungai utama. Sungai Gambi mengalir ke barat laut sebelum melintasi Senegal dan Gambia.

2. Tempat lahirnya musik Mandingo

Musik Mandingo dimainkan dengan menggunakan instrument tradisonal berupa alat musik Kora dan Balafon. Kora merupakan instrument petik yang mirip dengan harpa. Sementara itu, Balafon merupakan alat musik sejenis dengam xilofon.

Salah satu Musisi Mandingo yang paling terkenal di Guinea adalah Mory Kante dengan lagunya yang populer yaitu “Yeke Yeke” pada 1987 secara global.

REFERENSI

  • Al Koriah Etiek Nugraha. (2024). “Profil Negara Guinea, Lawan Timnas Indonesia U-23 di Babak Playoff Malam Ini”. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7332475/profil-negara-guinea-lawan-timnas-indonesia-u-23-di-babak-playoff-malam-ini
  • Beni Jo. (2024). “Profil Negara Guinea: Letak. Agama, Ibu Kota, & Peta Wilayah”. https://tirto.id/profil-negara-guinea-letak-agama-ibu-kota-peta-wilayah-gYqt
  • CNN Indonesia. (2021). “Sejarah Negara Guinea hingga Pemerintahan Sekarang”. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210907140936-132-690870/sejarah-negara-guinea-hingga-pemerintahan-sekarang
  • African Development Bank Group. (2022). “Prospek Ekonomi Guinea”. https://www-afdb-org.translate.goog/en/countries/west-africa/guinea?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Guinea yang Sungainya Jadi Sumber Mata Air di Afrika”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5313484/6-fakta-menarik-guinea-yang-sungainya-jadi-sumber-mata-air-di-afrika?page=4
  • World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Guinea”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/guinea?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Guinea"