Profil Negara Ghana

Ghana merupakan negara di kawasan Afrika Barat yang wilayahnya diapit oleh Pantai Gading dan Togo. Sebelum bernama Ghana, awalnya negara ini dikenal dengan Gold Coast.

Artikel berikut akan membahas mengenai profil negara Ghana mulai dari sejarah, peta negara, batas wilayah, bendera, lambang negara, sistem pemerintahan, kondisi ekonomi, kondisi geografis, mata uang, lagu kebangsaan, agama, bahasa, etnis, kuliner khas, tempat wisata populer, hingga fakta-fakta menarik lainnya.

Profil Negara Ghana

A. Sejarah Negara Ghana

Pada tahun 1471, para pedagang Portugis datang ke darat di pantai bara Afrika yang merupakan bagian jalur perdagangan kuno untuk mencari emas. Dipilihnya tempat ini karena masyarakat setempat banyak yang memakai perhiasan emas.

Kemudian banyak orang-orang dari negara Portugal, Denmark, Belanda, Jerman, dan Inggris yang datang ke Gold Coast untuk mencari emas. Hingga pada abad ke-20, Inggris menguasai wilayah tersebut dan menjadikannya sebagai koloni Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1957, Gold Coast memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan berganti nama menjadi Ghana. 

B. Peta Negara Ghana

Luas wilayah Ghana adalah 238.535 km persegi.

C. Batas Wilayah Ghana

  1. Sebalah barat laut dan utara berbatasan dengan Burkina Faso
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Togo
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Pantai Gading
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik

D. Bendera Negara Ghana

Bendera Negara Ghana

Bendera nasional Ghana dirancang oleh Theodosia Okoh dan diadopsi pada tahun 1957. Awalnya Ghana menggunakan bendera Union Jack yang digunakan oelh semua negara yang dijajah oleh Inggris.

Bendera nasional ini digunakan hingga tahun 1959 ketika Guinea dan Ghan bersatu membentuk Persatuan Negara Afrika. Kemudian pada 18 Februari 1966, Ghana mengadopsi kembali bendera tersebut.

Bendera nasional Ghana memiliki tiga garis horizozntal yang terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning, dan hijau dengan Bintang hitam besar yang memiliki ujung berjumlah lima di tengah garis kuning.

Warna merah melambangkan pertumpahan darah selama memperjuangkan kemerdekaan negara. Warna kuning melambangkan kekayaan mineral negara. Warna hijau melambangkan hutan dan kekayaan alam yang dimiliki. Bintang hitam melambangkan persatuan melawan kekuatan kolonial dan melambamngkan emansipasi Afrika. 

E. Lambang Negara Ghana

Lambang Negara Ghana
Foto: en.wikipedia.org

Lambang negara Ghana terdiri dari perisau biru yang bergambar salib St. George yang ditopang oleh dua elang emas. Di tengah perisai terdapat gambar singa emas yang melambangkan hubungan dekat antara Ghana dengan Inggris.

Bintang hitam yang terletak di atas perisai melambangkan simbol kebebasan Afrika. Di bagian bawah perisai terdapat pita yang bertuliskan moto nasional Ghana “Freedom and Justice” yang artinya “Kebebasan dan Keadilan”.

F. Sistem Pemerintahan Ghana

Sistem pemerintahan Ghana adalah republik kesatuan multipartai dengan satu badan legislative. Presiden bertindak sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara. Presiden dan wakil presiden dipilih setiap empat tahun sekali,

Dewan menteri dipilih oleh presiden yang disetujui oleh parlemen. Para menteri terdiri dari kepala berbagai departemen negara dalam pemerintahan. Selain pemerintahan nasional, Ghana juga menganut sistem pemerintahan kesukuan.

G. Kondisi Ekonomi Ghana

Pada tahun 2022, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Ghana melambat menjadi 3,3% dibandingkan pada tahun 2021 sebesar 5,4%. Hal ini dikarenakan terjadi ketidaktabilan makroekonomi, pengetattan keuangan global, dan dampak lanjutan dari invasi Rusia ke Ukraina.

Di tahun yang sama, inflasi diperkirakan akan mencapai 31,5% yang berarti naik 10% dibandingkan dengan tahun 2021 yang didorong karena harga pangan, energi, dan depresiasi mata uang lokal.

Bank of Ghana kemudian memperketat kebijakan moneter dengan menaikkan menjadi 27% di tahun 2022 dimana sebelumnya pada tahun 2021 sebesar 14,5%. Utang pemerintha mencapai 93,5% PDB di tahun 2022 naik dari 82,0% di tahun 2021 karena adanya defisit fiskal primer dan depresiasi nilai tukar.

Tingkat kemiskinan menurun dari 11% di tahun 2021 menjad 10% di tahun 2022. Akan tetapi, standar hidup terkena dampak negatif dari meningkatnya biaya hidup dan pengangguran. Angka pengangguran meningkat dari 11,9% di tahun 2015 menjadi 13,4% di tahun 2021 dengan pengangguran kaum muda (15-24 tahun) sebesar 7,2% di tahun 2021 naik dari 7,3% pada tahun 2020.

H. Kondisi Geografis Ghana

Ghana terletak di kawasan Afrika Barat yang diapit oleh negara Pantai Gading dan Togo. Negara ini berukuran lebih kecil dari negara bagian Oregon. Bentang alam Ghana sebagian besar terdiri dari dataran dan dataran tinggi rendah yang ditutupi oleh hutan hujan di bagian barat dan Danau Volta di bagian timur.

I. Mata Uang Ghana

Mata uang resmi Ghana adalah Vedi ghana yang ditulis dengan lambang “GH₵”. Setiap cedi dibagi lagi menjadi seratus pesewas (Gp). Setelah kemerdekaan, Ghana berhenti menggunakan mata uang Inggris dan memilih Pound Ghana yang digunakan dari tahun 1958 hingga 1965.

Nama “Cedi” kemudian diperkenalkan atara tahun 1965 hingga 1967 untuk menggantikan sistem Pound Inggris yang terpencil. Mata uang ini diperkenalkan oleh Presiden Kwame Nkrumah.

J. Lagu Kebangsaan Ghana

Lagu kebangsaan Ghana berjudul “God Bless Our Homeland Ghana”. Lagu ini ditulis oleh Emmanuel Pappoe-Thompson dan dikomposeri oleh Philip Gbeho. Berikut adalah penggalan lirik dari lagu kebangsaan Ghana:

God Bless Our Homeland Ghana

God bless our homeland Ghana

And make our nation great and strong,

Bold to defend forever

The cause of Freedom and of Right;

Fill our hearts with true humility,

Make us cherish fearless honesty,

And help us to resist oppressors' rule

With all our will and might for evermore

Hail to thy name, O Ghana,

To thee we make our solemn vow:

Steadfast to build together

A nation strong in Unity;

With our gifts of mind and strength of arm,

Whether night or day, in the midst of storm,

In every need, whate'er the call may be,

To serve thee, Ghana, now and for evermore.

Raise high the flag of Ghana

and one with Africa advance;

Black star of hope and honour

To all who thirst for liberty;

Where the banner of Ghana freely flies,

May the way to freedom truly lie;

Arise, arise, O sons of Ghana land,

And under God march on for evermore!

K. Agama yang Dianut Masyarakat Ghana

Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh pemerintah Ghana pada tahun 2021, sekitar 71% masyarakat Ghana beragama Kristen, 20% beragama Islam, 3% memiliki kepercayaan agama pribumi atau animism, dan 6% lainnya menganut kelompok agama lain atau tidak beragama. 

L. Bahasa Resmi Ghana

Bahasa resmi Ghana adalah bahasa Inggris karena dulunya negara ini merupakan bekas koloni Kerajaan Inggris. Selain bahasa Inggris, untuk berbincang sehari-hari terdapat pula bahasa daerah seperti Dagaare, Dagbanli, Dangme, Ewe, Frafra, Ga, Gonja, Nzema, Twi, dan Fante.

M. Etnis yang Ada di Ghana

Ghana memiliki lebih dari 50 etnis yang berbeda yang masing-masing diantaranya memiliki adat istiadat dan bahasanya sendiri. Sekitar 45% masyarakat Ghana merupakan etnis suku Akan yang sebagian besar tinggal di pedesaan. 

N. Kuliner Khas Negara Ghana

1. Sup kontomire atau ebunu ebunu

Sup kontomire atau ebunu ebunu merupakan sup khas dari Ghana yang beraroma yang terbuat dari daun cocoyam, ikan asap, jamur, dan siput. Sup ini menjadi hidangan tradisional suku Akan yang disajikan dengan fufu, nasi, atau pisang raja rebus.

2. Kokonte

Kokonte merupakan singkong atau ubi kering uang dtumbuk kemudian diberi air dan garam. Setelah matang, hidangan ini berwarna coklat muda hingga kehitaman menyesuaikan dengan bagaimana singkong dikeringkan. Hidangan ini disajikan dengan sup, saus, atau paprika bubuk.

O. Tempat Wisata Populer di Ghana

1. Taman Nasional Kakum

Taman Nasional Kakum memiliki lebih dari 650 spesies kupu-kupu termasuk jenis burung layang-layang raksasa yang memiliki lebar lebih dari 8 inci atau 20 cm.

Selain itu, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi macan tutul. Burung enggang, monyet diana, tupai terbang, dan burung beo abu-abu Afrika ekor merah. 

2. Taman Nasional Mole

Taman Nasional Mole dihuni oleh gajah, macan tutul, kerbau liar, kijang, buaya, babi hutan, dan kudanil. Taman nasional ini juga memiliki sumber air yang melimpah.

P. Fakta-Fakta Menarik Ghana

1. Kain tradisional Ghana adalah Kain Kente

Kain kente memiliki corak warna yang cerah dan berwarna-warni. Di bagian utara, para pria menggunakan pakaian longgar yang tebruat dari kain yang berwarna lebih gelap.

2. Olahraga nasional di Ghana adalah sepak bola

3. Kofi Annan merupakan Sekretaris Jenderal PBB pada tahun 1997-2006 berasal dari Ghana

4. Negara penghasil kakao

Ghana merupakan salah satu negara produsen kakao terkemuka di dunia dan dikenal dengan kualitas kako yang bermutu tinggi. Kakao ditanam secara komersial untuk bijinya. Bijinya dibudidayakan di lebih dari setengah lahan Garapan Ghana dan menjadi sumber pendapatan ekspor negara yang cukup signifikan.

REFERENSI

  1. World Atlas. (2023). “Bendera, Simbol, & Mata Uang Ghana”. https://www-worldatlas-com.translate.goog/flags/ghana?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  2. National Geographic. (2023). “Ghana”. https://kids-nationalgeographic-com.translate.goog/geography/countries/article/ghana?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  3. John D. Fage. (2024). “Ghana”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/Ghana
  4. African Development Bank Group. (2022). “Prospek Ekonomi Ghana”. https://www-afdb-org.translate.goog/en/countries/west-africa/ghana/ghana-economic-outlook?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  5. U.S. Department of State. (2022). “Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2022: Ghana”. https://www-state-gov.translate.goog/reports/2022-report-on-international-religious-freedom/ghana/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wa
  6. Dyah Ayu Pamela. (2022). “6 Fakta Menarik Ghana Ngeara Afrika Barat Penghasil Kakao”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5131949/6-fakta-menarik-ghana-negara-afrika-barat-penghasil-kakao?page=4

*Penulis: Nabila Salsa Bila

Posting Komentar untuk "Profil Negara Ghana"