Mengapa masyarakat indoensia disebut sebagai etnik pluralistic?

Jawaban:

Berikut adalah alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai etnis pluralistic, yaitu:

a. Keberagaman etnik

Indonesia memiliki ratusan suku bangsa yang tersebar di berbagai pulau. Setiap suku bangsa memiliki keunikan dalam adat istiadat, pakaian adat, dan tardisi yang menajdi bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

b. Keberagaman agama

Masyarakat Indonesia menganut beragam agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan kepercayaan tradisional. Keberagaman budaya ini tercermin dari banyaknya tempat ibadah yang ada di berbagai tempat.

c. Keberagaman budaya

Budaya Indonesia sangat banyak dan beragam mulai dari tarian, musik, seni rupa, hingga masakan tradisional. Setiap daerah di Indoensia memiliki keunikan budaya sendiri yang menjadi bagian dari identitas mayarakat setempat.

d. Keberagaman bahasa

Indonesia memilik banyak bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat setempat. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional menjadi bahasa penghubung antra suku bangsa dan daerah di Indonesia.

e. Sikap toleransi

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang memiliki sikap toleransi terhada perbedaan. Kendati demikian, masyarakat Indonesia tetap menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan kebersamaan.

Posting Komentar untuk "Mengapa masyarakat indoensia disebut sebagai etnik pluralistic?"