Tangga nada musik daerah Nusantara didominasi tangga nada …

 Jawaban:

Tangga nada merupakan serangkaian langkah nada-nada yang membentuk melodi dalam sebuah lagu. Salah satu tangga nada yang banyak digunakan di musik daerah Nusantara adalah tangga nada pelog.

Tangga nada pelog merupakan salah satu sistem tangga nada dalam musik tradisional Jawa. Tangga nada ini terdiri dari tujuh nada yaitu lima nada pokok (silih, nem, lima, barang, sanga) dan dua nada tambahan (penguwasa dan pengangon).

Tangga nada pelog memberikan warna tersendiri dalam musik Jawa dan sering digunakan dalam berbagai jenis pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit dan gamelan.

Terdapat pula tangga nada slendro yaitu sistem tangga nada dalam musik tradisional Jawa. Slendro memiliki lima nada yang disusun tanpada interval semitone sehingga nada suara yang tercipta menjadi unik. Selain Jawa, tangga nada ini juga banyak digunakan di musik tradisinal Sunda dan Bali.

Tangga nada selanjutnya adalah tangga anda diatonis. Tangga nada dianotis merupakan salah satu sistem tangga anda dalam musik barat yang terdiri dari delapan nada yang disusun dengan pola tertentu. Tangga nada ini banyak dijumpai terutama musik darah yang terpengaruh dengan budaya barat.

Jadi, secara umum tangga nada yang paling banyak digunakan dalam musik tradisional Nusantara adalah tangga nada pelog. Kendati demikian, tiap tangga nada memiliki makna dan arti tersendiri yang membuat musik daerah di Nusantara menjadi lebih berwarna dan mempesona.

Posting Komentar untuk "Tangga nada musik daerah Nusantara didominasi tangga nada …"