Makna kata “terkontaminasi” pada paragraf tersebut adalah …

Perhatikan paragraf berikut ini!

“Andaikata sumber air yang ada sudah terkontaminasi maka warga desa akan terancam kesehatannya. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk segera mengambil tindakan dalam mengatasi masalah ini.”

Makna kata “terkontaminasi” pada paragraf tersebut adalah …

Jawaban:

Kondisi dimana sumber air telah tercemar oleh zat-zat berbahaya sehingga tidak layak digunakan atau dikonsumsi oleh manusia. Hal ini menunjukkan pentingnya perlunya upaya untuk menjaga kebersihan dan kualitas air agar kesehatan masyarakat terjamin.

Terkontaminasi berarti bahwa tercemar atau tercampur dengan substansi yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Dalam konteks paragraph tersebut, air yang terkontaminasi tercemar oleh bahan kimia atau limbah industri sehingga tidak layak untuk diminum.

Air yang terkontaminasi mengancam kesehatan warga. Jika dibiarkan maka warga akan mengalami masalah kesehatan seperti keracunan atau penyakit akibat mengkonsumsi air yang telah terkontaminasi bahan-bahan yang berbahaya.

Pemerintah sebagai kembaga yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi masyarakat harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini. Langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti melakukan penyaringan air, menemukan sumber air yang terkontaminasi, dan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan air yang bersih dan aman.

Melalui upaya tersebut, diharapkan masalah air yang terkontaminasi di lingkungan tersebut dapat segera teratasi sehingga kesehatan warga dapat terjamin dengan baik. 

Jadi, maksud kata “terkontaminasi” dalam paragraph tersebut adalah Kondisi dimana sumber air telah tercemar oleh zat-zat berbahaya sehingga tidak layak digunakan atau dikonsumsi oleh manusia. Hal ini menunjukkan pentingnya perlunya upaya untuk menjaga kebersihan dan kualitas air agar kesehatan masyarakat terjamin

Posting Komentar untuk "Makna kata “terkontaminasi” pada paragraf tersebut adalah …"