Jelaskan sebaran penduduk benua Asia dan faktor yang mempengaruhinya!

Jawaban:

Benua Asia memiliki jumlah populasi lebih dari 4 miliar orang dan menjadi benua yang plaing padar penduduknya di dunia. Sebaran penduduk di Benua Asia sangat beragam dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:

a. Faktor geografis

Dataran rendah seperti Sungai Gangga di India, Sungai Huang He di Tiongkok, dan dataran tinggi Pamir di Asia Tengah menajdi tempat tinggal bagi jutaan penduduk. Hal ini dikarenakan daerah tersebut merupakan daerah yang subur dan memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga menarik minat orang-orang untuk meninggali tempat tersebut.

b. Faktor sejarah

Beberapa daerah di Asia memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan mislanya jalur Sutra yang menghubungkan Tiongkok dengan Eropa. Hal ini tentunya mempengaruhi migrasi penduduk dan pemukiman di daerah-daerah tertentu.

c. Faktor ekonomi

Negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi pesat seperti Tiongkok, India, dan Jepang cenderung menarik migrasi penduduk daerah pedesaan ke perkotaan. Hal inilah yang menyebabkan terjadi urbanisasi yang cepat dibandingkan dengan beberapa negara di benua Asia.

d. Faktor politik

Konflik politik dan perang saudara di beberapa negara seperti di Afghanistan, Suriah, dan Irak menyebabkan terjadinya pengungsi yang mencari tempat tinggai baru di negara-negara tetangga atau bahkan negara-negara lain di Benua Asia.

Jadi, sebaran penduduk di Benua Asia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor geografis, sejarah, ekonomi, dan politik.

Posting Komentar untuk "Jelaskan sebaran penduduk benua Asia dan faktor yang mempengaruhinya!"